6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top Eropa

Ada yang ke Manchester United

Sekou Kone, penggawa Mali U-17, resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester United pada musim panas 2024. Kone sebelumnya berhasil mencuri perhatian berkat performa gemilangnya bersama skuad muda Mali, terutama di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Kone sendiri bukan satu-satunya jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang akhirnya bergabung ke klub-klub liga top Eropa. Setidaknya ada lima nama lain yang juga bernasib sama. Mereka juga menjadi sorotan berkat penampilannya pada kompetisi yang diadakan di Indonesia itu.

Lantas, siapa saja mereka? Berikut enam pemain jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang direkrut oleh klub liga top Eropa!

1. Claudio Echeverri memutuskan untuk menerima pinangan Manchester City

6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top EropaClaudio Echverri (mancity.com)

Claudio Echeverri menjadi salah satu wonderkid yang mendapat sorotan beberapa waktu terakhir. Ini termasuk saat ia menjadi kapten Argentina muda di Piala Dunia U-17 2023. Tampil dalam 7 laga, Echeverri sukses mencatatkan 5 gol dan 2 assist untuk membantu Argentina lolos ke semifinal Piala Dunia U-17 2023.

Hanya saja, langkah Albiceleste muda harus terhenti usai kalah adu penalti dari Jerman di semifinal. Naas, Echeverri dkk dibantai 0-3 oleh Mali pada perebutan peringkat peringkat ketiga. Meski begitu, Echeverri berhasil membawa pulang penghargaan individu Bronze Boot setelah menjadi pencetak gol terbanyak ketiga Piala Dunia U-17 2023.

Melihat penampilan mengesankannya tersebut, sejumlah klub top Eropa mencoba untuk memboyong Echeverri, seperti FC Barcelona dan Manchester City. Setelah berbagai pertimbangan, ia lalu memutuskan untuk menerima pinangan Manchester City pada Januari 2024. Namun, Echeverri akan kembali bermain untuk klubnya, River Plate, dahulu dan baru akan pindah ke Inggris pada awal 2025.

2. Sekou Kone resmi direkrut Manchester United pada musim panas 2024

6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top EropaSekou Kone (kiri) resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester United pada musim panas 2024. (manutd.com)

Tak mau kalah dari rival sekotanya, Manchester United ikut mendatangkan salah satu pemain jebolan Piala Dunia U-17 2023. Ia adalah Sekou Kone, penggawa Timnas Mali U-17 yang diumumkan sebagai pemain baru The Red Devils menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2024. MU sendiri diperkirakan mengeluarkan biaya sebesar 1,2 juta euro atau Rp20 miliar untuk merekrut pemain Guidars FC yang juga sempat diminati Liverpool dan Wolverhampton itu.

Kone merupakan salah satu pemain penting Mali pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Bermain sebagai gelandang bertahan, ia tampil sebagai starter dalam tujuh laga dan berperan penting dalam mengantarkan Les Aigles ke semifinal. Meski harus kalah 1-2 dari Prancis di semifinal, Kone cs lalu sukses membantai Argentina muda dengan skor telak 3-0 pada perebutan tempat ketiga. Pada laga tersebut, Kone turut menyumbang satu assist.

3. Estevao Willian akan bergabung dengan Chelsea pada 2025/2026

6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top EropaEstevao Wilian (instagram.com/estevaowilian_)

Brasil tak henti-hentinya menghasilkan talenta muda potensial. Terbaru, ada nama Estevao Willian yang menjadi andalan Brasil muda di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Pada kompetisi tersebut, Estevao sukses mencatatkan 3 gol dan 3 assist dalam 5 laga bersama Tim Samba. Sayang, performa meyakinkannya tak cukup membantu Brasil mempertahankan gelar juara. Ini setelah Estevao dan kolega takluk tiga gol tanpa balas dari salah satu rival abadi mereka, Argentina, di perempat final.

Sepulangnya dari Indonesia, nama Estevao pun menjadi salah satu incaran klub-klub top Eropa. Akhirnya, Chelsea lah yang berhasil mendapatkan tanda tangan wonderkid Palmeiras itu. Biaya fantastis sebesar 34 juta euro atau Rp580 miliar mesti dikeluarkan The Blues untuk merealisasikan transfer ini. Namun, Estevao yang masih belum berusia 18 tahun baru akan diperkenalkan di Stamford Bridge pada 2025/2026 mendatang.

Baca Juga: Sekou Kone, Wonderkid Baru MU yang Dijuluki The New Yaya Toure

4. Pedro Lima didatangkan Wolverhampton ke Molinuex pada musim panas 2024

6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top EropaPedro Lima, wonderkid Brasil yang direkrut Wolverhampton pada musim panas 2024. (wolves.co.uk)

Setali tiga uang dengan Estevao, Pedro Lima juga merupakan bagian dari skuad Brasil muda di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Bermain sebagai bek kanan, dirinya tak tergantikan dalam lima laga bersama Tim Samba muda. Lima pun turut menyumbangkan satu assist dalam kemenangan 3-1 atas Ekuador di babak 16 besar. Namun, ia tak mampu berbuat banyak saat negaranya dibantai 0-3 oleh Argentina di perempat final.

Performa meyakinkan Lima di Indonesia lantas membuat sejumlah klub top Eropa menyatakan minat kepadanya. Klub English Premir League, Chelsea, lalu dikabarkan menjadi yang terdepan untuk mendatangkan pemain muda klub Serie B Brasil, Sport Recife, tersebut. Namun, Wolverhampton berhasil “membajak” proses transfer itu. The Wolves akhirnya resmi mendatangkan Pedro Lima ke Molinuex pada musim panas 2024 dengan biaya 10 juta euro atau Rp170 miliar.

5. Yang Min-Hyeok diproyeksikan sebagai penerus Son Heung-Min di Tottenham Hotspur

6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top EropaYang Min-Hyeok, penerus Son Heung-Min di Tottenham Hotspur (tottenhamhotspur.com)

Tak hanya pemain Amerika Latin atau Eropa, ada satu nama pemain Asia jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang akhirnya diboyong klub liga top Eropa. Ia adalah penggawa Korea Selatan muda, Yang Min-Hyeok. Pemain Gangwon FC itu diumumkan sebagai pemain baru Tottenham Hotspur pada bursa transfer musim panas 2024. Bermain sebagai winger, Yang pun digadang sebagai penerus dari senior senegaranya di Spurs, Son Heung-Min. Namun, dirinya baru akan bergabung ke Tottenham Stadium pada Januari 2025 mendatang.

Yang sebelumnya mencuri perhatian berkat penampilannya bersama Gangwon FC pada 2024. Sejauh ini, winger kelahiran 2006 itu telah mencatatkan 8 gol dan 5 assist dalam total 30 laga K-League. Yang sendiri juga merupakan bagian dari skuad Korea Selatan di Piala Dunia U-17 2023. Hanya saja, ia tak mampu membantu Ksatria Taeguk muda tampil meyakinkan di ajang tersebut. Berada di Grup E, Korea Selatan tampil mengecewakan tanpa meraih satu poin pun.

6. Assan Ouedraogo menjadi rekrutan anyar RB Leipzig pada musim panas 2024

6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top EropaAssan Ouedraogo (rbleipzig.com)

Nama Assan Ouedraogo sejatinya telah disorot sebelum pagelaran Piala Dunia U-17 2023. Ia merupakan bagian dari skuad Jerman muda yang menjuarai Euro U-17 2023. Selain itu, Ouedraogo yang masih berusia 17 tahun sudah dipercaya sebagai starter dalam 7 dari 11 laga bersama FC Schalke di Bundesliga 2 2023/2024 sebelum berangkat ke Indonesia.

Sayang, Ouderaogo tak mampu membuktikan kualitasnya selama di Indonesia. Ia hanya tampil dalam dua laga awal Grup F sebelum akhirnya menderita cedera. Meski minim penampilan, Ouderaogo tetap berperan penting dalam membantu Jerman menjuarai Piala Dunia U-17 edisi 2023.

Setelah penampilan mengesankannya di Piala Dunia U-17, beberapa klub mulai menggoda Ouedraogo. Hingga tiba lah penawaran sebesar 10 juta euro atau Rp170 miliar dari RB Leipzig yang akhirnya diterima oleh Schalke. Ouedraogo pun lalu resmi diperkenalkan sebagai salah satu rekrutan anyar Leipzig pada musim panas 2024.

Keenam nama di atas membuktikan bahwa Piala Dunia U-17 bisa menjadi wadah untuk talenta muda menunjukkan kualitasnya. Menarik dinanti sejauh mana mereka akan berkembang di klub barunya tersebut.

Baca Juga: 30 Pemain Timnas Indonesia U-17 Berguru ke Spanyol dan Qatar

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya