9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPL

Ada Conor Gallagher hingga Phil Foden

Piala Dunia U-17 kerap menjadi ajang bagi para pemain muda untuk menunjukkan potensinya. Salah satunya pada ajang Piala Dunia U-17 2017 di mana Inggris yang saat itu dilatih Steve Cooper menjadi juara. Skuad The Three Lions muda saat itu dihuni beberapa nama hebat hingga berhasil mengantar mereka mengalahkan Spanyol di final dengan skor 5-2.

Usai merengkuh gelar Piala Dunia U-17, para pemain tersebut meneruskan karier bersama timnya masing-masing. Tak semua pemain tersebut menjadi pemain bagus di level senior. Namun, ada juga yang kini menjadi andalan di timnya. Berikut sembilan pemain juara Piala Dunia U-17 2017 yang kini bermain bagi tim English Premier League (EPL).

1. Rhian Brewster sempat dilanda cedera pada awal musim bersama Sheffield United

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLRhian Brewster (sufc.co.uk)

Rhian Brewster merupakan salah satu bintang Inggris ketika menjuarai Piala Dunia U-17 2017. Ia saat itu berhasil menyarangkan delapan gol untuk merebut gelar top skor. Salah satu golnya bahkan tercipta di laga final ketika Inggris menghadapi Spanyol.

Sayang, ketajaman Brewster sepertinya tak berlanjut di level klub. Ia tak mampu menembus skuad utama Liverpool hingga membuatnya dipinjamkan ke Swansea City. The Reds akhirnya melepasnya ke Sheffield United pada 2020.

Setelah membawa Sheffield United promosi ke EPL, Brewster sempat mengalami cedera pada awal musim 2023/2024. Hal itu membuatnya baru dimainkan sebanyak lima kali oleh Sheffield United. Brewster juga belum bisa mencetak gol ketika turun ke lapangan musim ini.

Baca Juga: 4 Pemain Asing Liga 1 yang Pernah Bermain di Piala Dunia U-17 

2. Morgan Gibbs-White menjadi gelandang andalan Nottingham Forest

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLMorgan Gibbs-White (nottinghamforest.co.uk)

Morgan Gibbs-White juga menjadi salah satu pencetak gol bagi Inggris di partai final melawan Spanyol. Gibbs-White yang ketika itu bermain bagi Wolverhampton Wanderers mulai kehilangan tempatnya. Hal itu membuatnya dilepas ke Nottingham Forest pada 2022.

Kepindahan ke Nottingham Forest justru menjadi titik balik baginya. Ia menjadi salah satu gelandang andalan tim berjuluk The Tricky Trees tersebut. Bahkan, Gibbs-White terpilih sebagai pemain terbaik Nottingham Forest 2022/2023 meski baru menjalani musim pertamanya.

3. Conor Gallagher kian matang bersama Chelsea

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLConor Gallagher (chelseafc.com)

Conor Gallagher bukanlah pilihan utama Steve Cooper ketika Inggris menjadi juara Piala Dunia U-17 2017. Ia lebih sering diturunkan dari bangku cadangan. Hal yang sama juga ia rasakan di level klub bersama Chelsea karena ia sering dipinjamkan ke berbagai tim.

Ia mulai dipercaya The Blues masuk ke skuad utama pada musim 2022/2023. Meski awalnya terlihat tidak terlalu meyakinkan, penampilan Gallagher kian matang seiring berjalannya waktu. Ia kini bahkan cukup sering dipanggil Gareth Southgate untuk membela Timnas Senior Inggris.

4. Emile Smith-Rowe kian sulit mendapat tempat di Arsenal

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLEmile Smith-Rowe (arsenal.com)

Sama seperti Gallagher, Emile Smith-Rowe juga bukan pilihan utama Steve Cooper di Piala Dunia U-17 2017. Ia hanya memainkan tiga pertandingan sepanjang turnamen tersebut. Meski begitu, Smith-Rowe sempat mencetak satu gol ketika Inggris menekuk Irak dengan skor 4-0.

Di level klub, Smith-Rowe mulai menjadi gelandang kepercayaan Arsenal pada 2020/2021. Namun, saat ini ia mulai terpinggirkan karena kalah bersaing dengan para gelandang lain. Rentetan cedera juga membuat Smith-Rowe semakin kesulitan kembali ke skuad utama The Gunners.

5. Callum Hudson-Odoi minim menit bermain di Nottingham Forest

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLCallum Hudson-Odoi (nottinghamforest.co.uk)

Callum Hudson-Odoi awalnya bukan pilihan utama Steve Cooper di fase grup. Namun, cederanya Jadon Sancho membuatnya selalu tampil penuh di fase knockout. Ia bahkan mengirim dua assist pada laga final.

Hudson-Odoi yang kembali bereuni dengan Cooper usai dibeli Nottingham Forest pada 2023 sepertinya kesulitan menembus skuad utama. Musim ini ia baru diturunkan sebanyak empat kali oleh Cooper. Sebelumnya, ia juga kalah bersaing ketika masih berseragam Chelsea.

Baca Juga: 4 Pemain Jerman Jebolan Piala Dunia U-17 yang Kini Menjadi Bintang 

6. Marc Guehi menjadi tembok kokoh Crystal Palace

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLMarc Guehi (cpfc.co.uk)

Setelah gagal bersinar bersama Chelsea, Marc Guehi akhirnya menemukan pelabuhan yang tepat bagi kariernya bersama Crystal Palace. Guehi menjadi salah satu bek tengah andalan tim berjuluk The Eagles tersebut musim ini. Guehi juga telah mencatatkan tujuh caps bersama Timnas Senior Inggris.

Performa solid Guehi di lini pertahanan memang sudah ia tunjukkan pada Piala Dunia U-17 2017. Ia selalu bermain penuh dari awal turnamen hingga babak final. Guehi bahkan menjadi salah satu pemain yang mencetak gol ke gawang Spanyol di babak final.

7. Jadon Sancho bermasalah dengan Erik ten Hag

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLJadon Sancho (manutd.com)

Sancho merupakan salah satu bintang Inggris di Piala Dunia U-17 2017. Sancho tampil apik di fase grup dengan menyarangkan tiga gol. Sayang, ia tak bisa tampil di fase gugur karena mengalami cedera.

Karier Jadon Sancho di Manchester United kini berada di ujung tanduk. Perseteruannya dengan Erik ten Hag membuat Sancho dikeluarkan dari skuad utama. Bahkan, ia berpotensi hengkang pada bursa transfer Januari 2024 jika kondisi semakin buruk.

Padahal, Sancho merupakan salah satu bakat muda potensial ketika masih bersama Borussia Dortmund. Ia tampil apik di sisi sayap dan sempat membawa Dortmund menjadi juara DFB Pokal. Sayang, potensinya tersebut seakan hilang ketika ia bergabung dengan Manchester United.

8. Billy Crellin hanya menjadi pelapis bagi Jordan Pickford

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLBilly Crellin (evertonfc.com)

Billy Crellin hanya berperan sebagai pelapis bagi Curits Anderson di Piala Dunia U-17 2017. Ia hanya sekali dimainkan ketika Inggris menghadapi Irak di laga terakhir fase grup. Setelah itu, Crellin sempat membela Fleetwood Town sebelum akhirnya dikontrak Everton pada 2022.

Namun, kokohnya penampilan Jordan Pickford membuat Crellin kesulitan mendapat menit bermain. Bahkan, sejak bergabung dengan The Toffees, Crellin belum sekalipun diturunkan di EPL maupun piala domestik. Ia harus bekerja keras untuk bisa menggeser Pickford yang merupakan kiper nomor satu Timnas Inggris.

9. Phil Foden menjadi andalan Manchester City

9 Pemain Skuad Juara Inggris Piala Dunia U-17 2017 yang Kini di EPLPhil Foden (premierleague.com)

Dari semua pemain di skuad Inggris yang menjuarai Piala Dunia U-17 2017, karier Phil Foden bisa dibilang menjadi yang paling mentereng. Foden turut membantu Manchester City merengkuh treble winner musim 2022/2023. Musim ini, ia sudah menyarangkan 4 gol dari 16 pertandingan di semua kompetisi.

Pada Piala Dunia U-17 2017, Phil Foden memang tampil sebagai bintang utama Inggris. Sepanjang turnamen, ia mampu mencetak 3 gol termasuk 2 di antaranya di partai final. Berkat penampilan apiknya tersebut, Foden diganjar gelar pemain terbaik turnamen.

Kesembilan pemain yang mengantar Inggris menjuarai Piala Dunia U-17 2017 tersebut kini tampil di EPL. Meski begitu, tak semua pemain tersebut mendapat banyak menit bermain di timnya. Namun, ada juga yang menjadi andalan di masing-masing posisi.

Baca Juga: 7 Pemain Spanyol Jebolan Piala Dunia U-17 yang Juara Piala Dunia 2010

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya