3 Saudara Kembar yang Pernah Bermain di Timnas Belanda

Terbaru ada Timber bersaudara

Ronald Koeman memainkan Quinten dan Jurrien Timber ketika Belanda menghadapi lanjutan UEFA Nations League 2024/2025. Keduanya sama-sama tampil dari bangku cadangan ketika De Oranje bertemu Bosnia & Herzegovina dan Jerman. Menariknya, kedua pemain tersebut merupakan saudara kembar.

Belanda memang tak asing dengan pemain bersaudara di skuad mereka. Bahkan, ada yang merupakan saudara kembar seperti Quinten dan Jurrien. Termasuk Timber bersaudara, berikut tiga saudara kembar yang pernah membela Belanda.

1. Rene dan Willy van de Kerkhof membawa Belanda dua kali tampil di final Piala Dunia

3 Saudara Kembar yang Pernah Bermain di Timnas BelandaRene dan Willy van de kerkhof (psv.nl)

Rene dan Willy van de Kerkhof merupakan bagian dari era keemasan Belanda pada 1970-an dan awal 1980-an. Saat itu, Belanda dihuni banyak pemain hebat, macam Rob Rensenbrink, Wim Suurbier, Ruud Krol, Johan Neeskens, Willem van Hanegem, hingga Johann Cruyff. Dengan banyaknya pemain bintang, Belanda dua kali menjadi runner-up Piala Dunia 1974 dan 1978. 

Willy sama sekali tak diturunkan di Piala Dunia 1974, sementara Rene hanya bermain pada babak kedua final menghadapi Jerman barat. Keduanya kemudian menjadi pemain utama 4 tahun berselang. Mereka tampil dalam tujuh pertandingan, termasuk final melawan Argentina. Sayang, keduanya gagal membawa Belanda tampil sebagai juara.

Selain tampil di Piala Dunia, Willy dan Rene juga membela Belanda di Euro 1976 dan 1980. Dengan tampil di masing-masing dua Piala Dunia dan Euro, keduanya merupakan saudara kandung yang paling sering terpilih di turnamen besar. Rene total mengoleksi 49 caps, sementara Willy lebih banyak dengan 63 caps bersama De Oranje.

Di level klub, Willy dan Rene sama-sama mengawali karier sepak bola bersama FC Twente pada 1970. Keduanya kemudian bergabung dengan PSV Eindhoven pada 1973. Rene kemudian meninggalkan PSV pada 1983, sementara Willy tetap setia hingga pensiun pada 1988.

Baca Juga: Angelo Stiller, Penerus Toni Kroos di Timnas Jerman

2. Frank dan Ronald de Boer merupakan pemain bersaudara dengan caps terbanyak di Timnas Belanda

3 Saudara Kembar yang Pernah Bermain di Timnas BelandaFrank dan Ronald de Boer (ajax.nl)

Frank dan Ronald de Boer merupakan saudara kandung dengan penampilan terbanyak bersama Belanda. Keduanya total membukukan 179 pertandingandengan Ronald mengoleksi 67 caps, sementara Frank lebih banyak dengan 112 caps. Keduanya masing-masing mencatatkan 13 gol.

Frank dan Ronald tampil bersama di tiga turnamen besar, yakni Piala Dunia 1994 dan 1998 serta Euro 2000. Ronald juga tampil membela Belanda di Euro 1996, sementara Frank tampil di Euro 2004. Keduanya total mencatatkan 11 pertandingan bersama di turnamen besar dengan 8 di antaranya terjadi di Piala Dunia.

Frank dan Ronald sama-sama memiliki pengalaman buruk dalam adu penalti. Ronald gagal menjaringkan bola ke gawang pada semifinal Piala Dunia 1998 ketika Belanda takluk dari Brasil. Kejadian serupa juga menimpa Frank pada semifinal Euro 2000 kontra Italia.

Frank dan Ronald tak hanya tampil bersama ketika membela Belanda. Keduanya juga pernah sama-sama membela Ajax Amsterdam dan Barcelona. Bahkan, baik Frank dan Ronald sama-sama pernah menjadi kapten bagi Ajax.

3. Quinten dan Jurrien Timber menjadi saudara kembar terbaru di skuad Belanda

3 Saudara Kembar yang Pernah Bermain di Timnas BelandaQuinten dan Jurrien Timber (x.com/OnsOranje)

Quinten dan Jurrien Timber menjadi saudara kembar ketiga yang pernah berseragam Belanda. Jurrien lebih dahulu dipanggil De Oranje, tepatnya pada 2021, dalam laga persahabatan menghadapi Skotlandia. Sementara itu, Quinten baru membela Belanda pada Maret 2024.

Keduanya pertama kali berbagi lapangan ketika Belanda menang 5-2 atas Bosnia & Herzegovina di Nations League 2024/2025. Keduanya kembali diturunkan ketika Belanda ditahan imbang 2-2 oleh Jerman. Quinten dan Jurrien sama-sama tampil dari bangku cadangan dalam dua pertandingan tersebut.

Quinten belum pernah membela Belanda di turnamen besar. Sebelumnya, ia dicoret Louis van Gaal dari skuad Euro 2024. Sementara itu, Jurrien pernah membela Belanda di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022. Sayang, ia tak dipanggil di Euro 2024 karena mengalami cedera.

Willy dan Rene van de Kerkhof serta Frank dan Ronald de Boer pernah menjadi bagian penting skuad Belanda. Lantas, mampukah Quinten dan Jurrien Timber menjadi penerus kedua saudara kembar tersebut bersama De Oranje?

Baca Juga: Wout Weghorst dan Jurrien Timber Ribut di Latihan Timnas Belanda

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya