5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Serie A, Terbaru Federico Chiesa

Chiesa bergabung dari Juventus

Intinya Sih...

  • Liverpool merampungkan pembelian Federico Chiesa dari Juventus sebagai pembelian pertama pada musim panas 2024.
  • Mohamed Salah menjadi pembelian terbaik Liverpool dari Serie A dengan prestasi mentereng di lini depan.
  • Alisson Becker sukses menjadi kiper nomor satu Liverpool dan memenangkan Golden Glove sebanyak dua kali.

Liverpool telah merampungkan pembelian Federico Chiesa dari Juventus. Pemain berusia 26 tahun itu menjadi pembelian pertama The Reds pada musim panas 2024. Chiesa didatangkan untuk menambah kekuatan di lini depan.

Sebelum Chiesa, Liverpool sempat beberapa kali mendatangkan pemain dari Serie A Italia. Namun, tak semua rekrutan tersebut berakhir dengan kesuksesan. Berikut lima rekrutan terakhir Liverpool dari Serie A.

1. Mario Balotelli gagal total bersama Liverpool

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Serie A, Terbaru Federico ChiesaMario Balotelli (liverpoolfc.com)

Mario Balotelli didatangkan Liverpool dari AC Milan pada bursa transfer musim panas 2014 sebagai pengganti bagi Luis Suarez. Penampilannya bersama AC Milan terbilang memukau karena mampu mencatatkan 30 gol dari 54 pertandingan di semua kompetisi. Balotelli juga sudah memiliki pengalaman bermain di English Premier League (EPL) bersama Manchester City.

Balotelli justru tampil melempem bersama Liverpool. Ia hanya mampu mencatatkan 4 gol dari 28 pertandingan di semua kompetisi. Alhasil, penyerang asal Italia itu akhirnya hengkang ke OGC Nice pada 2016 setelah sempat dipinjamkan kembali kepada AC Milan.

2. Mohamed Salah menjadi pilar penting Liverpool

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Serie A, Terbaru Federico ChiesaMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah bisa dibilang pembelian terbaik Liverpool dari Serie A. Sejak didatangkan dari AS Roma pada musim panas 2017, Salah menjadi bomber mematikan di lini depan. Padahal, Salah sempat dicap gagal ketika pertama kali menginjakkan kaki di Premier League bersama Chelsea.

Pemain asal Mesir itu mencatatkan berbagai prestasi mentereng bersama The Reds. Salah saat ini merupakan pencetak gol terbanyak Liverpool di EPL dengan koleksi 157 gol. Ia juga telah memenangkan Golden Boot EPL sebanyak tiga kali. Dari segi trofi, Salah telah memenangkan semuar gelar juara yang bisa diraih, mulai dari EPL hingga Liga Champions Eropa.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Memperkuat RB Salzburg dan Liverpool

3. Alisson Becker menjadi tembok kokoh di bawah mistar gawang

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Serie A, Terbaru Federico ChiesaAlisson Becker (liverpoolfc.com)

Pembelian sukses Liverpool dari AS Roma bukan hanya Mohamed Salah. Ada Alisson Becker yang menjadi kiper nomor satu Liverpool sejak didatangkan pada musim panas 2018. Kedatangannya benar-benar membuat lini belakang Liverpool merasa nyaman.

Pada musim pertamanya, kiper asal Brasil itu langsung dianugerahi gelar Golden Glove. Ia menjadi kiper pertama Liverpool yang memenangkan penghargaan tersebut. Tak hanya sekali, Alisson kembali meraihnya pada 2021/2022. Menariknya, meski berposisi sebagai kiper, Alisson pernah sekali mencetak gol bagi Liverpool.

4. Arthur Melo tak banyak mendapat menit bermain karena cedera

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Serie A, Terbaru Federico ChiesaArthur Melo (liverpoolfc.com)

Arthur Melo didatangkan Liverpool dengan status pinjaman dari Juventus pada musim panas 2022. Ia didatangkan untuk memperdalam kekuatan Liverpool di lini tengah. Sayang, karier Arthur selama di Anfield justru tak berjalan mulus karena cedera yang tak kunjung sembuh.

Arthur hanya mencatatkan satu pertandingan selama membela Liverpool. Pertandingan itu terjadi ketika Liverpool bertemu Napoli di Liga Champions. Liverpool tak tertarik untuk memermanenkan gelandang asal Brasil itu setelah masa peminjamannya berakhir.

5. Federico Chiesa menambah kedalaman skuad Liverpool di lini depan

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Serie A, Terbaru Federico ChiesaFederico Chiesa (liverpoolfc.com)

Federico Chiesa menjadi pemain kedua yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2024 setelah Giorgi Mamardashvili yang dipinjam. Chiesa dibajak dari Juventus dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 15 juta euro atau setara dengan Rp257 miliar. Pemain berusia 26 tahun itu menjadi amunisi tambahan di lini depan.

Penyerang asal Italia itu memainkan 37 pertandingan dengan sumbangan 10 gol di semua kompetisi pada musim terakhirnya bersama Juventus. Satu hal yang menjadi kekhawatiran Liverpool terhadap Chiesa adalah riwayat cederanya yang cukup banyak. Hal itu bisa membuatnya absen pada laga-laga penting.

Pembelian Liverpool dari Serie A tak selalu berujung kesuksesan. Lantas, apakah Chiesa menjadi pembelian yang tepat bagi The Reds? Kita lihat saja!

Baca Juga: Federico Chiesa Resmi Berseragam Liverpool!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya