Pesta Gol Jepang dalam 5 Pertandingan Terakhir, makin Kuat

Semakin menegaskan statusnya sebagai raja Asia

Timnas sepak bola Jepang saat ini tengah menunjukkan performa yang kian menanjak. Setelah penampilan apik mereka yang menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022, Jepang tercatat telah melakukan beberapa kali uji coba yang menjanjikan. Hebatnya, dari 7 pertandingan, mereka mampu mencatatkan 5 kemenangan serta masing-masing sekali imbang dan kalah.

Terlebih, kemenangan yang mereka raih selalu dengan skor besar. Padahal, lawan yang mereka hadapi juga bukan lawan yang mudah ditundukkan. Hasil ini jelas menjadi modal apik bagi Jepang yang akan melakoni kualifikasi Piala Dunia 2026 serta Piala Asia 2024.

1. El Salvador tak mampu berbuat banyak setelah dihajar dengan skor 6-0

Pesta Gol Jepang dalam 5 Pertandingan Terakhir, makin KuatJepang menang 6-0 atas El Salvador. (twitter.com/J_League_En)

Usai gelaran Piala Dunia 2022, Jepang mendapat hasil kurang memuaskan dalam dua gelaran uji coba. Mereka hanya mampu bermain imbang kontrak Uruguay dan takluk di tangan Kolombia. Sebenarnya, hasil tersebut tak terlalu buruk mengingat lawan mereka merupakan tim yang cukup kuat.

Angin segar mulai mendatangi Jepang ketika mereka memutuskan memainkan pertandingan persahabatan melawan El Salvador, 15 Juni 2023. Tak butuh waktu lama, Jepang sudah unggul pada menit pertama melalui sontekan Shogo Taniguchi. El Salvador kian tertekan usai Ronald Gomez mendapat kartu merah pada menit ketiga. Hal itu membuat Jepang menambah tiga gol pada babak pertama berkat aksi Ayase Ueda, Takefusa Kubo, dan Ritsu Doan.

Pada babak kedua, Jepang yang sudah unggul jauh tak mengendurkan serangan. Keito Nakamura menambah keunggulan Jepang pada menit ke-60. Kemudian, Kyogo Furuhashi menutup pesta gol Jepang atas El Salvador dengan skor enam gol tanpa balas. Hasil ini merupakan kemenangan pertama bagi Jepang pada 2023.

Baca Juga: 7 Pemain Termuda Perkuat Timnas Indonesia Kontra Brunei Darussalam

2. Jepang tundukkan Peru dengan skor 4-1

Pesta Gol Jepang dalam 5 Pertandingan Terakhir, makin KuatKaoru Mitoma mencetak satu gol melawan Peru. (jleague.co)

Usai membantai El Salvador, Jepang kemudian menantang Peru dalam laga yang dimainkan di Panasonic Stadium Suita, 20 Juni 2023. Tak seperti ketika melawan dua tim Amerika Selatan sebelumnya, kali ini Jepang tampil trengginas. Mereka sudah unggul dua gol pada babak pertama melalui sontekan Hiroki Ito dan Kaoru Mitoma.

Pada babak kedua, Jepang kembali menambah dua gol lewat Junya Ito dan Daizen Maeda. Peru hanya mampu memperkecil kedudukan berkat aksi Cristofer Gonzalez. Skor akhir 4-1 yang menghiasi papan skor menunjukkan dominasi Jepang dalam laga tersebut.

3. Jepang permalukan Jerman dengan skor telak 4-1

Pesta Gol Jepang dalam 5 Pertandingan Terakhir, makin KuatJepang menang 4-1 atas Jerman. (twitter.com/jfa_samuraiblue)

Jepang dan Jerman sebelumnya bertemu pada fase grup Piala Dunia 2022. Ketika itu, Samurai Biru berhasil menang dengan skor tipis 2-1. Hasil serupa kembali terjadi dalam laga persahabatan, 10 September 2023, kali ini dengan skor yang lebih mencolok.

Jerman yang tampil di kandang sendiri ternyata tak mampu membendung permainan cepat Jepang. Mereka tertinggal lebih dulu pada menit ke-11 berkat aksi Junya Ito. Beruntung, Jerman mampu membalas dengan cepat melalui sontekan Leroy Sane. Namun, hasil imbang tersebut tak berlangsung lama setelah Jepang kembali membobol jala Marc Andre ter Stegen, kali ini melalui Ayase Ueda.

Pada babak kedua, Jerman yang terus melancarkan serangan tak mampu membobol gawang Jepang yang dijaga Keisuke Osako. Justru Jepang yang menambah dua gol pada injury time berkat aksi Takuma Asano dan Ao Tanaka yang membuat skor akhir menjadi 4-1. Laga ini juga membuat pelatih Jerman, Hansi Flick, dipecat dari kursi kepelatihan.

4. Turki dikandaskan pasukan Samurai Biru dengan skor 4-2

Pesta Gol Jepang dalam 5 Pertandingan Terakhir, makin KuatJepang menang 4-2 atas Turki. (twitter.com/jfa_samuraiblue)

Setelah mengalahkan Jerman, Turki menjadi lawan selanjutnya bagi anak asuh Hajime Moriyasu, 12 September 2023. Pada menit ke-15, Atsuki Ito membuka keunggulan bagi Jepang. Kemudian, Keito Nakamura membuat skor menjadi 3-0 pada babak pertama berkat tambahan dua golnya.

Pada babak kedua, Turki sempat membalas lewat aksi Ozan Kabak dan Bertug Ozgur Yildrim. Namun, momentum Turki terhenti ketika Jepang mendapat hadiah penalti. Dengan tenang, Junya Ito mampu memperdaya Ugurkan Cakir untuk membuat skor akhir menjadi 4-2.

5. Ao Tanaka menjadi bintang kemenangan Jepang atas Kanada dengan skor 4-1

Pesta Gol Jepang dalam 5 Pertandingan Terakhir, makin KuatKeito Nakamura mencetak satu gol bagi Jepang ketika melawan Kanada. (twitter.com/jfa_samuraiblue)

Bertanding menghadapi Kanada di Denka Big Swan Stadium, Jepang tak butuh waktu lama untuk mencetak gol. Sontekan Ao Tanaka pada menit kedua membuat Jepang unggul lebih dulu. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti membentur salah satu pemain Kanada yang membuat Milan Borjan terkecoh.

Kanada mendapat kesempatan menyamakan kedudukan usai mendapat hadiah penalti. Sayang, Jonathan David yang maju sebagai eksekutor gagal merobek jala Keisuke Osako. Mereka justru kembali kebobolan pada menit ke-39 setelah Alphonso Davies salah mengantisipasi arah bola.

Jepang semakin di atas angin setelah gol Keito Nakamura membuat keunggulan menjadi 3-0 jelang turun minum. Ao Tanaka benar-benar menjadi bintang dalam laga ini usai mencetak gol keduanya pada menit ke-49. Sementara Kanada hanya mampu menipiskan keadaan berkat gol Junior Hoilett jelang pertandingan berakhir.

Keperkasaan Jepang terlihat dalam lima laga terakhir di mana mereka selalu menang dengan skor besar. Mereka selanjutnya akan bertemu Tunisia pada Selasa, (17/10/2023), dalam laga persahabatan sebelum memulai perjalanan di kualifikasi Piala Dunia. Jepang juga akan menjadi lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2024 Januari mendatang.

Baca Juga: Resmi! Brahim Diaz Pilih Bela Timnas Maroko, Apa Alasannya?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya