4 Pertemuan Portugal dan Prancis di Euro, Siapa Lebih Unggul?

Berebut satu tiket ke semifinal #EURO2024

Portugal dan Prancis bertemu pada perempat final Euro 2024. Portugal melangkah ke perempat final setelah mengalahkan Slovenia melalui adu penalti. Sementara itu, Prancis berhasil menjinakkan Belgia dengan skor tipis 1-0.

Sebelum perempat final 2024, Portugal dan Prancis sudah empat kali bertemu di Euro. Menariknya, 3 dari 4 pertemuan tersebut terjadi pada fase gugur. Berikut empat pertemuan Portugal dan Prancis di Euro.

1. Prancis mengalahkan Portugal pada semifinal 1984

4 Pertemuan Portugal dan Prancis di Euro, Siapa Lebih Unggul?Michel Platini (kiri) mencetak gol kemenangan Prancis atas Portugal pada semifinal Euro 1984. (uefa.com)

Pertemuan pertama antara Portugal dan Prancis terjadi pada semifinal Euro 1984. Prancis melangkah ke semifinal setelah menjadi pemuncak Grup 1. Sementara itu, Portugal menyegel satu tiket ke semifinal sebagai runner-up Grup 2 di bawah Spanyol.

Prancis yang berstatus sebagai tuan rumah mampu unggul terlebih dahulu melalui sontekan Jean-Francoise Domergue pada menit ke-24. Portugal baru bisa menyamakan kedudukan melalui aksi Jordan pada menit ke-74. Gol dari Jordao sekaligus membuat laga berlanjut ke babak tambahan.

Pada menit ke-98, Jordao mencetak gol keduanya yang membuat Portugal berbalik unggul. Namun, brace dari Domergue serta gol dari Michel Platini membuat skor akhir menjadi 3-2 bagi kemenangan Prancis. Les Blues akhirnya keluar sebagai juara usai mengalahkan Spanyol pada partai final.

2. Golden goal Zinedine Zidane membawa Prancis mengalahkan Portugal pada semifinal 2000

4 Pertemuan Portugal dan Prancis di Euro, Siapa Lebih Unggul?Prancis menang 2-1 atas Portugal pada semifinal Euro 2000. (uefa.com)

Pada 2000, Prancis dan Portugal kembali berjumpa pada semifinal. Portugal unggul terlebih dahulu setelah Nuno Gomes berhasil menjebol jala Fabien Barthez. Pada menit ke-51, Thierry Henry membuat Prancis menyamakan kedudukan. Skor 1-1 yang tak berubah hingga waktu normal selesai membuat laga berlanjut ke babak tambahan.

Prancis mendapat hadiah penalti setelah tendangan Sylvain Wiltord mengenai tangan Abel Xavier. Zinedine Zidane yang maju sebaga eksekutor sukses memperdayai Vitor Baia. Euro yang ketika itu menerapkan aturan golden goal membuat Portugal tak memiliki kesempatan untuk membuat gol balasan. Prancis kemudian menjadi juara setelah mengalahkan Italia pada partai final.

Baca Juga: 3 Negara yang Lolos dari Fase Grup Euro meski Tidak Pernah Menang

3. Portugal menjadi juara Euro 2016 setelah mengalahkan Prancis pada partai final

4 Pertemuan Portugal dan Prancis di Euro, Siapa Lebih Unggul?Eder mencetak gol kemenangan Portugal atas Prancis pada final Euro 2016. (uefa.com)

Prancis yang menjadi tuan rumah Euro 2016 bertemu Portugal pada partai final. Les Blues cukup diunggulkan karena selain menjadi tuan rumah, perjalanan mereka ke partai final juga terbilang mulus. Di sisi lain, langkah Portugal sedikit lebih berliku untuk bisa tampil di final.

Pada babak pertama, Portugal kehilangan kapten sekaligus bintang utama mereka, Cristiano Ronaldo, yang mengalami cedera. Meski tak diperkuat Ronaldo, Portugal mampu menahan imbang Prancis tanpa gol hingga waktu normal usai. Pada babak tambahan, Eder menjadi pahlawan usai membobol jala Hugo Lloris. Gol itu sekaligus membawa Portugal menjadi juara Euro untuk pertama kalinya.

4. Portugal dan Prancis bermain imbang pada fase grup 2020

4 Pertemuan Portugal dan Prancis di Euro, Siapa Lebih Unggul?Portugal dan Prancis bermain imbang pada fase grup Euro 2020. (uefa.com)

Portugal dan Prancis tergabung di Grup neraka bersama Jerman dan Hungaria di Euro 2020. Kedua tim bertemu pada pertandingan ketiga yang menjadi penentu siapa yang akan lolos ke fase gugur. Prancis ketika itu memiliki koleksi 4 poin, sementara Portugal baru mengantongi 3 poin.

Portugal berhasil unggul terlebih dahulu berkat eksekusi penalti Cristiano Ronaldo. Prancis bisa membalikkan keadaan setelah Karim Benzema mencetak brace. Portugal berhasil membuat kedudukan menjadi sama kuat setelah Ronaldo kembali mencetak gol melalui titik putih. Skor 2-2 membuat kedua tim lolos ke fase gugur dengan Prancis sebagai juara grup, sementara Portugal menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik.

Dari 4 pertemuan sebelumnya, Prancis lebih unggul dengan mengantongi 2 kemenangan berbanding 1 dari Portugal sementara 1 pertandingan lainnya berakhir imbang. Menariknya, siapa pun yang berhasil meraih kemenangan keluar sebagai juara Euro. Lantas, tim manakah yang berhasil melaju ke semifinal Euro 2024? Menarik untuk disaksikan.

Baca Juga: 3 Starter Termuda Belanda yang Tampil pada Fase Gugur Euro

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya