5 Penjualan Termahal Aston Villa, Teranyar Luiz dan Diaby

Musim panas 2024 Aston Villa raup keuntungan besar

Intinya Sih...

  • Aston Villa melepas dua pemain dengan harga mahal pada bursa transfer musim panas 2024: Moussa Diaby ke Al Ittihad dan Douglas Luiz ke Juventus.
  • Stewart Downing merapat ke Liverpool dari Aston Villa pada bursa transfer musim panas 2011, tetapi tak pernah bersinar bersama The Reds.
  • Doulgas Luiz dan Moussa Diaby dilepas dengan harga tinggi pada bursa transfer musim panas 2024, namun nilai keduanya belum bisa memecahkan rekor penjualan termahal yang dipegang Jack Grealish.

Aston Villa melepas dua pemain dengan harga mahal pada bursa transfer musim panas 2024. Kedua pemain tersebut adalah Moussa Diaby dan Douglas Luiz. Moussa Diaby memilih hengkang ke Al Ittihad sementara Douglas Luiz menerima pinangan Juventus.

Aston Villa bukan kali pertama melepas pemain dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan, Luiz dan Diaby bukanlah pemain dengan harga jual tertinggi yang pernah dilepas Aston Villa. Berikut lima penjualan pemain termahal Aston Villa sepanjang masa.

1. Stewart Downing dilepas dengan harga Rp353 miliar ke Liverpool

5 Penjualan Termahal Aston Villa, Teranyar Luiz dan DiabyStewart Downing (liverpoolfc.com)

Stewart Downing merapat ke Liverpool dari Aston Villa pada bursa transfer musim panas 2011. Sayang, pemain yang berposisi sebagai winger tersebut tak pernah benar-benar bersinar bersama The Reds. Selama dua musim berada di Anfield, Downing mencatatkan 65 pertandingan di English Premier League (EPL) dengan hanya mengoleksi 3 gol.

Downing kemudian hengkang ke West Ham United pada 2016. Liverpool menderita kerugian karena pemain asal Wales tersebut hanya dihargai Rp88 miliar. Nilai tersebut terbilang jauh dibanding ketika The Reds mendatangkannya dengan harga Rp353 miliar.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Aston Villa Sepanjang Masa, Onana Terbaru!

2. Christian Benteke hengkang ke Liverpool dengan biaya Rp574 miliar

5 Penjualan Termahal Aston Villa, Teranyar Luiz dan DiabyChristian Benteke (liverpoolfc.com)

Liverpool tak hanya sekali membeli pemain mahal dari Aston Villa. Setelah Stewart Downing, mereka mendatangkan Christian Benteke pada 2015 dengan harga Rp574 miliar. Namun, Benteke yang diplot sebagai pengganti Luiz Suarez tampil melempem dengan hanya mendulang 10 gol dari 42 pertandingan di semua kompetisi. Hal itu membuatnya hanya bertahan semusim di Anfield.

Performa Benteke jauh menurun dibanding ketika masih berseragam Aston Villa. Selama 3 musim bermain di Villa Park, penyerang asal Belgia tersebut mampu mengemas 49 gol dari 101 penampilan di semua kompetisi. Sayang, ketajaman Benteke seakan menghilang begitu bergabung dengan The Reds.

3. Douglas Luiz merapat ke Juventus dengan mahar senilai Rp748 miliar

5 Penjualan Termahal Aston Villa, Teranyar Luiz dan DiabyDouglas Luiz (juventus.com)

Doulgas Luiz merupakan salah satu pemain kunci di lini tengah Aston Villa sejak kedatangannya pada 2019. Pada 2023/2024, Luiz sukses membawa Aston Villa bertengger di peringkat keempat klasemen EPL sekaligus mengunci tiket ke Liga Champions untuk kali pertama. Ia juga beberapa kali mendapat panggilan Timnas Brasil, termasuk untuk Copa America 2024.

Performa apik Luiz membuatnya dipinang oleh Juventus pada bursa transfer musim panas 2024. La Vecchia Signora bahkan harus merogoh kocek hingga Rp748 miliar untuk mendatangkan pemain berusia 26 tahun tersebut. Dalam kesepakatan itu, Juventus juga mengirim Samuel Iling-Junior dan Enzo Barrenechea ke Aston Villa.

4. Al Ittihad membeli Moussa Diaby dengan harga Rp884 miliar

5 Penjualan Termahal Aston Villa, Teranyar Luiz dan DiabyMoussa Diaby (avfc.co.uk)

Moussa Diaby terbilang solid dalam musim debutnya bersama Aston Villa pada 2023/2024. Pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang serang atau winger tersebut tampil penuh dalam 38 pertandingan EPL dengan sumbangan 6 gol. Namun, ia justru memutuskan hengkang ke Al Ittihad pada bursa transfer musim panas 2024.

Berkat performa apik bersama Aston Villa, Al Ittihad harus rela membayar biaya transfer mencapai Rp884 miliar. Meski dilepas dengan harga cukup tinggi, rupanya Aston Villa masih mengalami kerugian. Sebab, Diaby ditebus dengan harga Rp920 miliar dari Bayer Leverkusen. Itu merupakan pembelian termahal Aston Villa sepanjang masa sebelum dipecahkan Amadou Onana pada musim panas 2024.

5. Jack Grealish penjualan termahal Aston Villa bernilai Rp1,7 triliun ketika gabung Manchester City

5 Penjualan Termahal Aston Villa, Teranyar Luiz dan DiabyJack Grealish (mancity.com)

Jack Grealish masih menjadi penjualan termahal sepanjang masa Aston Villa. Ia dilepas ke Manchester City dengan harga mencapai Rp1,7 triliun pada musim panas 2021. Nilai tersebut bahkan sempat membuatnya sebagai pemain termahal dalam sejarah English Premier League.

Meski awalnya sempat kesulitan, Grealish kemudian menjadi salah satu pemain kepercayaan Pep Guardiola di sisi sayap. Pemain berusia 28 tahun tersebut berperan penting dalam merengkuh treble winner pada 2022/2023. Namun, posisi Grealish di sayap kiri mulai terancam setelah Manchester City mendatangkan Jeremy Doku.

Aston Villa melepas Douglas Luiz dan Moussa Diaby dengan harga tinggi pada bursa transfer musim panas 2024. Namun, nilai keduanya belum bisa memecahkan rekor penjualan termahal yang dipegang Jack Grealish.

Baca Juga: 3 Faktor yang Membuat Kaio Jorge Gagal Bersinar di Juventus

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya