6 Pencetak Gol Terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024

Cristiano Ronaldo paling tajam

Portugal menunjukkan kelasnya dengan tampil superior di Kualifikasi Euro 2024. Tim asuhan Roberto Martinez tersebut mampu memuncaki Grup H dengan rekor sempurna dari sepuluh pertandingan. Portugal juga tampil tajam dengan memasukkan 36 gol dan hanya kemasukan 2 gol.

Penampilan apik Portugal tak lepas dari skuad mereka yang diisi pemain kelas atas, seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Joao Felix, hingga Bernardo Silva. Tak heran jika mereka kerap berpesta gol menghadapi para lawannya.

Berikut enam pencetak gol terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024!

1. Joao Felix mencatatkan tiga gol bersama Portugal

6 Pencetak Gol Terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024Joao Felix (fifa.com)

Joao Felix dipercaya untuk tampil sebanyak 8 dari 10 pertandingan Kualifikasi Euro 2024 oleh Roberto Martinez. Felix membayar kepercayaan tersebut dengan mencatatkan tiga gol. Gol pertama ia cetak ketika Portugal menang 6-0 melawan Luxembourg. Felix kembali mencetak gol pada pertemuan kedua melawan Luxembourg dengan skor 9-0. Gol ketiga ia jaringkan ke jala Bosnia & Herzegovina di mana Portugal menang telak 5-0.

2. Goncalo Ramos mencetak tiga gol ke gawang Luxembourg dan Slovakia

6 Pencetak Gol Terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024Goncalo Ramos (twitter.com/Goncalo88Ramos)

Nama Goncalo Ramos sempat menanjak di Piala Dunia 2022 Qatar ketika menggantikan posisi Cristiano Ronaldo sebagai ujung tombak. Namun, di bawah arahan Roberto Martinez, Ramos lebih sering turun dari bangku cadangan. Meski begitu, penyerang milik Paris Saint-Germain tersebut tetap mampu menyarangkan tiga gol. Ramos mencetak brace ketika Portugal menang besar 9-0 atas Luxembourg. Satu gol lainnya ia hadirkan saat Portugal menang tipis 3-2 atas Slovakia.

3. Meski berposisi sebagai fullback, Joao Cancelo mampu menorehkan tiga gol

6 Pencetak Gol Terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024Joao Cancelo (fifa.com)

Meskipun berposisi sebagai seorang bek kanan, Joao Cancelo nyatanya mampu tampil tajam bersama Portugal di Kualifikasi Euro 2024. Liechtenstein menjadi negara yang merasakan ketajaman pemain milik Barcelona tersebut. Dalam dua pertemuan melawan Portugal, Cancelo selalu mencetak gol dan menjadi Man of the Match. Satu gol lainnya Cancelo sarangkan pada pertandingan kedelapan ke jala Bosnia & Herzegovina. 

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao Cancelo

4. Bernardo Silva menyumbang tiga gol bagi Portugal

6 Pencetak Gol Terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024Bernardo Silva (twitter.com/BernardoCSilva)

Bernardo Silva merupakan salah satu motor serangan Portugal. Kelincahannya di lini tengah kerap membuat para bek lawan kesulitan mematikannya. Silva juga mempunyai insting gol tajam dengan torehan tiga gol sepanjang Kualifikasi Euro 2024. Ketiga gol Silva masing-masing datang pada tiga pertandingan pertama kualifikasi ketika Portugal menghadapi Liechtenstein, Luxembourg, dan Bosnia & Herzegovina. Pemain milik Manchester City tersebut juga menyumbang satu assist dalam laga menghadapi Luxembourg.

5. Bruno Fernandes kerap menjadi Man of the Match dengan torehan lima gol

6 Pencetak Gol Terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024Bruno Fernandes (twitter.com/B_Fernandes8)

Bruno Fernandes merupakan salah satu pemain paling penting di skuad Selecao das Quinas. Perannya sebagai pengatur serangan begitu diandalkan untuk memperoleh banyak peluang, bahkan mengonversi sendiri menjadi gol. Tak heran jika pemain yang berseragam Manchester United tersebut empat kali terpilih sebagai Man of the Match. Bosnia & Herzegovina menjadi negara yang paling sering dibobol dengan 3 gol dalam 2 pertandingan. Slovakia, Luxembourg, dan Islandia juga tak luput menjadi korban keganasan Fernandes dengan melesakkan masing-masing satu gol.

6. Cristiano Ronaldo menjadi top skor Portugal di Kualifikasi Euro 2024 dengan sepuluh gol

6 Pencetak Gol Terbanyak Portugal di Kualifikasi Euro 2024Cristiano Ronaldo (uefa.com)

Meski sudah tak lagi muda, Cristiano Ronaldo nyatanya masih bisa diandalkan sebagai ujung tombak Portugal. Hal itu terbukti dengan torehan sepuluh gol sepanjang kualifikasi Euro 2024. Pemain yang kini membela Al Nassr tersebut tercatat empat kali mencetak brace ke gawang Liechtenstein, Luxembourg, Slovakia, dan Bosnia & Herzegovina. Selain itu, Ronaldo juga menjaringkan satu gol saat berjumpa dengan Islandia dan Liechtenstein.

Keenam pemain tersebut mampu membuktikan ketajamannya bagi Portugal sepanjang Kualifikasi Euro 2024. Hal itu membuat tim asuhan Roberto Martinez tersebut lolos dengan predikat sempurna dengan menyapu bersih sepuluh kemenangan.

Baca Juga: Absen di Ballon d'Or 2023, Rekor Cristiano Ronaldo Ternodai

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya