5 Pencetak Gol Pembuka Prancis di 5 Euro Terakhir, 2 Gol Bunuh Diri

Menjadi pembuka keran gol Prancis #EURO2024

Prancis susah payah menaklukan Austria dalam pertandingan pertama Grup D Euro 2024, Minggu (18/6/2024) dinihari WIB. Les Blues yang melancarkan berbagai serangan ke gawang Austria tak kunjung mencetak gol. Prancis akhirnya mendapatkan gol setelah Maximilian Wober tak sengaja menjebol gawangnya sendiri.

Menariknya, gol itu merupakan kali kedua Prancis membuka keran gol di Euro dari gol bunuh diri. Sebelumnya, kejadian serupa pernah terjadi pada 2020 ketika Mats Hummels memberikan gol kemenangan bagi Prancis. Termasuk 2 gol own goal, intip deretan pencetak gol pembuka Timnas Prancis di lima edisi Euro terakhir.

1. Thierry Henry mencetak gol pembuka Prancis ke gawang Belanda pada 2008

5 Pencetak Gol Pembuka Prancis di 5 Euro Terakhir, 2 Gol Bunuh DiriThierry Henry mencetak gol ke gawang Belanda pada fase grup Euro 2008. (twitter.com/EURO2024)

Prancis gagal mencetak gol pada pertandingan pertama Euro 2008 ketika ditahan imbang Rumania tanpa gol. Thierry Henry menjadi pencetak gol pembuka Prancis pada Euro 2008 menghadapi Belanda. Sayang, gol itu tak berarti apa pun bagi Prancis karena mereka dibekuk Belanda dengan skor telak 1-4. 

Gol yang dicetak Henry juga merupakan satu-satunya gol yang dicetak Prancis di turnamen yang dihelat di Austria dan Swiss tersebut. Sebab, pada pertandingan ketiga, Prancis kembali menelan kekalahan 0-2 dari Italia. Hasil itu membuat Prancis terjerembab di dasar klasemen Grup C.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Game HP Seru untuk Meriahkan Euro 2024

2. Gol Samir Nasri menyelamatkan Prancis dari kekalahan kontra Inggris pada 2012

5 Pencetak Gol Pembuka Prancis di 5 Euro Terakhir, 2 Gol Bunuh DiriSamir Nasri mencetak gol ke gawang Inggris pada fase grup Euro 2012. (uefa.com)

Prancis menghadapi Inggris pada pertandingan pertama Grup D Euro 2012. Inggris berhasil unggul terlebih dahulu melalui aksi Joleon Lescott. Beruntung, Prancis berhasil mencetak gol melalui sontekan Samir Nasri yang membuat skor akhir 1-1 bagi kedua tim.

Meski tak hanya mencetak satu gol seperti pada 2008, Prancis terbilang minim gol pada 2012. Usai pertandingan menghadapi Inggris, Prancis hanya menambah dua gol yang semuanya dicetak ke gawang Ukraina. Setelah itu, Prancis takluk dari Swedia pada laga terakhir fase grup dan Spanyol pada perempat final dengan skor identik 0-2.

3. Olivier Giroud membuka keran gol Prancis pada 2016 menghadapi Rumania

5 Pencetak Gol Pembuka Prancis di 5 Euro Terakhir, 2 Gol Bunuh DiriOlivier Giroud mencetak gol ke gawang Rumania pada fase grup Euro 2016. (twitter.com/EURO2024)

Olivier Giroud tampil tajam pada 2016 dengan mencetak tiga gol. Salah satu gol tersebut dicetak ke gawang Rumania pada fase grup ketika Les Blues menang 2-1. Gol itu merupakan gol pertama yang tercipta pada turnamen yang dihelat di Prancis tersebut.

Dua gol lain yang dicetak Giroud terjadi pada perempat final menghadapi Islandia. Hal itu membuat Giroud menjadi top skor kedua Prancis di bawah Antoine Griezmann yang membukukan enam gol. Sayang, ketajaman Giroud tak mampu membawa Prancis keluar sebagai juara setelah kalah 0-1 dari Portugal pada partai final.

4. Prancis menang atas Jerman pada laga pembuka Euro 2020 berkat gol bunuh diri Mats Hummels

5 Pencetak Gol Pembuka Prancis di 5 Euro Terakhir, 2 Gol Bunuh DiriMats Hummels mencetak gol bunuh diri menghadapi Prancis pada Euro 2020. (dfb.de)

Grup F Euro 2020 menjadi grup neraka karena diisi Hungaria, Portugal, Prancis, dan Jerman. Pada laga pertama, Prancis harus menghadapi Jerman di Allianz Arena, Munich, Jerman. Meski bermain di kandang lawan, Prancis mampu mengamankan kemenangan berkat gol bunuh diri Mats Hummels.

Sementara itu, gol pertama yang dibukukan oleh pemain Prancis sendiri dicetak Antoine Griezmann ketika Prancis bermain imbang 1-1 kontra Hungaria. Meski berhasil lolos sebagai juara grup, langkah Prancis tak berlangsung lama. Mereka takluk dari Swiss melalui drama adu penalti pada babak 16 besar.

5. Gol bunuh diri Maximilian Wober bawa Prancis raih kemenangan di laga pembuka Euro 2024

5 Pencetak Gol Pembuka Prancis di 5 Euro Terakhir, 2 Gol Bunuh DiriMaximilian Wober (nomor 2) mencetak gol bunuh diri menghadapi Prancis pada Euro 2024. (uefa.com)

Prancis bertemu Austria pada pertandingan pertama Grup D Euro 2024, Senin (18/6/2024) dinihari WIB. Prancis yang terus menekan sejak awal pertandingan akhirnya mendapatkan gol pada menit ke-37. Maximilian Wober yang berusaha mengantisipasi umpan Kylian Mbappe justru menyarangkan bola ke gawang sendiri.

Usai gol tersebut, Prancis mencoba mencari gol tambahan di sisi pertandingan. Namun, gol kedua yang dicari Prancis tak kunjung hadir hingga pertandingan selesai. Selanjutnya, Les Blues sudah ditunggu Belanda dan Polandia.

Diraih melalui jalur own goal, penampilan perdana Prancis di Euro 2024 kurang menggigit. Pasukan Didier Deschamps perlu segera membenahi beragam sektor jika ingin menandaskan tantangan dari Belanda dan Polandia yang notabene di atas kertas lebih unggul dibandingkan Austria.

Baca Juga: 5 Jenis Transportasi Umum di Jerman untuk Nonton Euro 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya