5 Pemilik Nomor Punggung 25 Terakhir di Manchester United

Manuel Ugarte jadi yang teranyar

Intinya Sih...

  • Manuel Ugarte menjadi pembelian terakhir Manchester United pada bursa transfer musim panas 2024, diikat selama 5 musim.
  • Nick Powell, Antonio Valencia, Odion Ighalo, dan Jadon Sancho adalah lima pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung 25 di Manchester United sebelum Ugarte.
  • Ugarte memilih nomor punggung 25 untuk memperkuat lini tengah The Red Devils yang kerap jadi titik lemah.

Manuel Ugarte menjadi pembelian terakhir Manchester United pada bursa transfer musim panas 2024. Pemain asal Uruguay itu didatangkan dari Paris Saint-Germain (PSG). Ia diikat The Red Devils selama 5 musim hingga 2029.

Ugarte memilih untuk mengenakan nomor punggung 25. Ia mewarisi nomor tersebut dari Jadon Sancho yang tengah dipinjamkan kepada Chelsea. Berikut lima pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung 25 di Manchester United.

1. Nick Powell memakai nomor 25 selama semusim

5 Pemilik Nomor Punggung 25 Terakhir di Manchester UnitedNick Powell (manutd.com)

Nick Powell bergabung dengan Manchester United dari Crewe Alexandria pada 2012. Pada musim pertamanya, Powell memilih untuk mengenakan nomor punggung 25. Namun, ia hanya semusim mengenakan nomor tersebut dan beralih ke nomor 22 hingga kepergiannya pada 2016.

Powell tak pernah benar-benar menembus skuad utama Manchester United. Ia bahkan sempat dipinjamkan kepada tiga tim berbeda, yakni Wigan Athletic, Leicester City, dan Hull City. Tim pertama akhirnya memermanenkan sang pemain pada 2016.

2. Antonio Valencia identik dengan nomor 25 selama berkostum Manchester United

5 Pemilik Nomor Punggung 25 Terakhir di Manchester UnitedAntonio Valencia (manutd.com)

Antonio Valencia memilih untuk menggunakan nomor punggung 25 ketika bergabung dengan Manchester United dari Wigan Athletic pada 2009. Ia sempat menanggalkan nomor itu ketika dipercaya mengenakan nomor 7 pada 2012/2013 dan 2013/2014. Namun, hanya sebentar mengenakan nomor keramat tersebut, Valencia kembali ke nomor lamanya.

Sejak saat itu, pemain asal Ekuador itu tak pernah berganti nomor punggung lagi. Ia meninggalkan Manchester United pada 2019 setelah melakoni 338 pertandingan di semua kompetisi. Ia kemudian sempat membela LDU Quito dan Queretaro sebelum memutuskan pensiun pada 2021.

Baca Juga: 3 Pemain Manchester United Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2024

3. Odion Ighalo tak terlalu bersinar di Manchester United

5 Pemilik Nomor Punggung 25 Terakhir di Manchester UnitedOdion Ighalo (manutd.com)

Odion Ighalo didatangkan Manchester United pada 2020 dari tim Liga Super China, Shanghai Shenhua, dengan status pinjaman. Ia menjadi pewaris nomor punggung 25 yang ditinggalkan Antonio Valencia. Nomor itu tak pernah berganti hingga masa peminjamannya berakhir pada 2021.

Performa pemain asal Nigeria itu terbilang mengecewakan. Sebagai seorang penyerang, Ighalo tak mampu mencetak 1 pun gol dari 13 pertandingan di English Premier League (EPL). Hal itulah yang membuat Manchester United tak tertarik untuk memermanenkannya.

4. Jadon Sancho memilih nomor 25 sejak kedatangannya pada 2021

5 Pemilik Nomor Punggung 25 Terakhir di Manchester UnitedJadon Sancho (manutd.com)

Jadon Sancho selalu mengenakan nomor punggung 25 sejak datang ke Old Trafford pada 2021. Namun, pemain berusia 24 tahun itu tak akan mengenakan nomor tersebut pada 2024/2025. Sebab, ia tengah melakoni masa peminjaman bersama Chelsea.

Performa Sancho terbilang mengecewakan selama 3 musim bersama Manchester United. Ia gagal memperlihatkan permainan terbaiknya sebagai winger. Padahal, ia sempat digadang-gadang menjadi pemain hebat ketika masih berkostum Borussia Dortmund. Hal itu makin diperparah dengan hubungannya yang buruk dengan Erik ten Hag.

5. Manuel Ugarte menjadi pemilik nomor 25 terbaru Manchester United

5 Pemilik Nomor Punggung 25 Terakhir di Manchester UnitedManuel Ugarte (manutd.com)

Manuel Ugarte datang ke Manchester United dari Paris Saint-Germain pada bursa transfer musim panas 2024. Ia diplot untuk memperkuat lini tengah The Red Devils yang kerap jadi titik lemah. Apalagi mengingat Casemiro yang rentan cedera dan sudah tak dalam performa terbaiknya. Sementara itu, Kobbie Mainoo yang biasa melapisinya masih sangat muda.

Ugarte memilih untuk menggunakan nomor punggung 25. Nomor itu tak pernah digunakan Ugarte bersama tim-tim sebelumnya, termasuk PSG. Ugarte mengenakan nomor 4 dan 14 di tim sebelumnya. Namun, nomor 4 saat ini sudah dikenakan Matthijs de Ligt, sementara nomor 14 menjadi milik Christian Eriksen.

Dari deretan pemain Manchester United terakhir yang pernah mengenakan nomor punggung 25, hanya Antonio Valencia punya peran penting. Lantas, mampukah Ugarte menjadi jawaban dari keroposnya lini tengah Manchester United? Kita lihat saja!

Baca Juga: Ugarte Sudah Jadi Pemain MU, Kapan Bisa Debut?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya