5 Pembelian Terbaik Kenny Dalglish selama Mengasuh Liverpool

Ada Jordan Henderson hingga Luis Suarez

Sir Kenny Dalglish merupakan seorang legenda Liverpool ketika mereka mendominasi Eropa pada akhir '70-an hingga '80-an. Pria asal Skotlandia tersebut kemudian menjadi arsitek Liverpool dari 1985--1991.

Setelah sempat mengasuh Blackburn Rovers, Newcastle United, dan Glasgow Celtic, Dalglish kembali ke Anfield pada 2011 menggantikan posisi Roy Hodgson. Meskipun waktunya tak lama di kursi pelatih, Dalglish sempat melakukan beberapa pembelian yang cukup krusial bagi Liverpool.

Berikut lima pembelian terbaik Kenny Dalglish pada periode keduanya sebagai pelatih Liverpool.

1. Jose Enrique

5 Pembelian Terbaik Kenny Dalglish selama Mengasuh LiverpoolJose Enrique (liverpoolfc.com)

Jose Enrique merupakan andalan Newcastle United sebelum bergabung dengan Liverpool pada 2011. Ia bahkan meraih penghargaan pemain terbaik Newcastle United pada 2009/2010.

Penampilannya bersama The Magpies cukup impresif berhasil membawa timnya kembali promosi ke English Premier League. Pada dua musim pertamanya di Anfield, Enrique cukup sering mendapat menit bermain, tetapi setelah itu ia hanya memainkan 21 laga saja hingga kepindahannya pada 2016.

2. Danny Ward

5 Pembelian Terbaik Kenny Dalglish selama Mengasuh LiverpoolDanny Ward (liverpoolfc.com)

Sejak dibeli murah dari Wrexham, Danny Ward memang bukanlah kiper kelas satu yang bisa diandalkan tiap pertandingan. Bahkan, ia hanya dimainkan sebanyak tiga kali selama berkostum The Reds dari 2012--2018.

Kiper asal Wales tersebut sempat beberapa kali dipinjamkan ke Morecambe, Aberdeen, dan Huddersfield Town. Kini penjaga gawang berusia 29 tahun tersebut telah meninggalkan Anfield dan menjadi pilihan utama Leicester City.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Liverpool Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

3. Craig Bellamy

5 Pembelian Terbaik Kenny Dalglish selama Mengasuh LiverpoolCraig Bellamy (liverpoolfc.com)

Sebelum didatangkan Kenny Dalglish pada 2011 dari Manchester City, Craig Bellamy sempat bermain semusim bersama Liverpool pada 2006/2007. Ketika itu ia mencetak 7 gol dari 27 pertandingan English Premier League.

Di periode keduanya, pemain asal Wales tersebut memang tampil tak terlalu tajam. Meski begitu, ia berkontribusi cukup penting ketika Liverpool menjuarai Piala Liga dan Piala FA. Semusim berselang ia pergi untuk membela tim masa kecilnya, Cardiff City.

4. Jordan Henderson

5 Pembelian Terbaik Kenny Dalglish selama Mengasuh LiverpoolJordan Henderson (liverpoolfc.com)

Sebagai kapten Liverpool, Jordan Henderson terbilang sukses jika melihat dari deretan trofi yang ia raih. Mulai dari Piala Liga, Piala FA, Community Shield, English Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub sudah pernah ia angkat.

Henderson didatangkan Kenny Dalglish pada 2011 setelah tampil apik bersama Sunderland. Ia kemudian menjadi salah satu pemain inti Liverpool dan bahkan dipercayai mengemban ban kapten menggantikan Steven Gerrard.

5. Luis Suarez

5 Pembelian Terbaik Kenny Dalglish selama Mengasuh LiverpoolLuis Suarez (liverpoolfc.com)

Ketika pertama kali datang ke Anfield, Kenny Dalglish ditinggal oleh penyerang utama mereka, Fernando Torres. Tak butuh waktu lama, di tahun yang sama Liverpool berhasil mendapatkan pengganti sepadan dalam diri Luis Suarez.

Bomber asal Uruguay tersebut terbukti menjadi sosok predator tajam di depan gawang lawan. Ia hampir membawa Liverpool menjuarai Liga Inggris 2013/2014 ketika ia menjadi top skor dengan lesakan 31 gol dari 33 pertandingan.

 

Sir Kenny Dalglish memang hanya sebentar mengasuh Liverpool pada periode keduanya, tetapi ia berhasil mendatangkan beberapa pemain yang cukup bagus. Bahkan, Jordan Henderson dan Luis Suarez tampil sebagai bintang bagi The Reds.

Baca Juga: 7 Penggawa Liverpool yang Berpotensi Hengkang pada Akhir 2022/2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya