6 Pemain Tercepat yang Mencetak 50 Gol di Premier League

Haaland pecahkan rekor

Erling Haaland berhasil mencetak satu gol ketika Manchester City menahan imbang Liverpool dengan skor 1-1, Sabtu (25/11/2023). Satu gol tersebut membuat Haaland menjadi pencetak 50 gol tercepat sepanjang sejarah English Premier League (EPL). Penyerang asal Norwegia tersebut hanya membutuhkan 48 pertandingan untuk membukukan 50 gol.

Dengan catatan tersebut, Haaland mengalahkan deretan penyerang hebat yang pernah mentas di EPL. Bahkan, rekor yang dibukukan Haaland terpaut jauh dari posisi kedua.

Berikut enam pemain tercepat yang mencetak 50 gol di English Premier League.

1. Mohamed Salah mengukir 50 gol dalam 72 pertandingan

6 Pemain Tercepat yang Mencetak 50 Gol di Premier LeagueMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah langsung memberikan dampak positif sejak pertama kali datang ke Liverpool pada 2017. Pada musim pertamanya, penyerang asal Mesir tersebut berhasil membukukan 32 gol untuk menyabet gelar top skor. Pada musim yang sama, Salah juga dianugerahi gelar PFA Player of the Year.

Dengan insting golnya yang tajam, Salah hanya memerlukan 72 pertandingan untuk membukukan 50 gol pertamanya di EPL. Salah sebenarnya bisa lebih cepat dalam membuat catatan tersebut jika tak gagal ketika berseragam Chelsea. Salah hanya mampu mencetak 2 gol dari 13 pertandingan EPL untuk The Blues.

2. Fernando Torres membutuhkan 72 pertandingan untuk mencetak 50 gol

6 Pemain Tercepat yang Mencetak 50 Gol di Premier LeagueFernando Torres (liverpoolfc.com)

Dibeli dari Atletico Madrid pada 2007, Fernando Torres tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan atmosfer Premier League. Terbukti, ia langsung membukukan 24 gol pada musim pertamanya bersama Liverpool. Sama seperti Salah, Torres juga mencetak 50 gol pertamanya di EPL dalam 72 pertandingan.

Sayang, performa tajam Torres menghilang ketika memutuskan bergabung bersama Chelsea pada 2011. Bersama The Blues, penyerang asal Spanyol tersebut hanya mampu melesakkan 20 gol dari 110 pertandingan. Padahal, ia selalu bisa menembus dua digit gol tiap musim bersama The Reds.

3. Ruud van Nistelrooy menyarangkan 50 gol dalam 68 laga

6 Pemain Tercepat yang Mencetak 50 Gol di Premier LeagueRuud van Nistelrooy (manutd.com)

Sejak dibeli dari PSV Eindhoven pada 2001, Ruud van Nistelrooy selalu berhasil mencetak dua digit gol tiap musimnya, kecuali pada 2004/2005 ketika mengalami cedera. Penyerang asal Belanda tersebut juga pernah menyabet gelar Golden Boot pada 2002/2003 dengan catatan 25 gol. Total, Van Nistelrooy mampu mencatatkan 95 gol bagi Manchester United di Premier League.

Van Nistelrooy bahkan hanya membutuhkan 68 laga untuk menorehkan 50 gol pertamanya. Ia juga tak hanya dikenal tajam ketika bermain di EPL. Terbukti, Van Nistelrooy juga pernah menyabet gelar top skor ketika bermain di Eredivisie Belanda bersama PSV dan LaLiga Spanyol untuk Real Madrid.

Baca Juga: Gol ke-50 Haaland Buat Manchester City Unggul 1-0 dari Liverpool

4. Hanya 66 pertandingan yang dibutuhkan Alan Shearer untuk mencetak 50 gol

6 Pemain Tercepat yang Mencetak 50 Gol di Premier LeagueAlan Shearer (rovers.co.uk)

Alan Shearer merupakan top skor sepanjang masa English Premier League dengan torehan 260 gol. Hal tersebut membuktikan betapa tajamnya penyerang berkebangsaan Inggris tersebut. Shearer juga hanya membutuhkan 66 pertandingan untuk menyarangkan 50 gol pertamanya.

Shearer mencatatkan rekor impresif dengan mencetak lebih dari 30 gol dalam 3 musim beruntun pada 1993/1994--1995/1996 ketika berkostum Blackburn Rovers. Ia pernah membawa Blackburn Rovers menjuari EPL pada 1994/1995. Selain bersama Blackburn, Shearer juga tampil moncer ketika membela Newcastle United.

5. Rekor 50 gol dalam 65 pertandingan Andy Cole bertahan cukup lama

6 Pemain Tercepat yang Mencetak 50 Gol di Premier LeagueAndy Cole (manutd.com)

Sebelum Erling Haaland, Andy Cole merupakan pemain tercepat yang membukukan 50 gol pertama di Premier League. Penyerang asal Inggris tersebut melakukannya hanya dalam 65 pertandingan bersama Newcastle United. Rekor tersebut bahkan bertahan selama hampir 30 tahun sebelum dipecahkan Haaland.

Ketajaman Cole membuatnya dipinang Manchester United pada 1995. Bersama The Red Devils, Cole turut merengkuh treble winner pada 1998/1999. Total, Cole mampu menyarangkan 187 gol selama kariernya di EPL.

6. Erling Haaland mengukir rekor 50 gol tercepat hanya dalam 48 pertandingan

6 Pemain Tercepat yang Mencetak 50 Gol di Premier LeagueErling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland tak henti-hentinya memecahkan rekor sejak bergabung dengan Manchester City pada 2022. Pada 2022/2023 lalu, ia menjadi pencetak gol terbanyak dalam 1 musim Premier League dengan torehan 36 gol. Musim ini, ia kembali memecahkan rekor dengan mencatatkan 50 gol pertamanya hanya dalam 48 pertandingan.

Satu golnya ke gawang Liverpool membuat penyerang asal Norwegia tersebut sudah mengoleksi 14 gol dari 13 pertandingan pada 2023/2024 ini. Hal itu membuatnya berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan gelar top skor. Saat ini, pesaing terdekatnya adalah Mohamed Salah yang mencetak sepuluh gol untuk Liverpool.

Erling Haaland kembali membukukan rekor impresif selama berseragam Manchester City. Rekor tersebut sepertinya akan cukup sulit untuk dilewati penyerang mana pun.

Baca Juga: Haaland Cetak Rekor Baru Usai Jebol Gawang Liverpool

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya