4 Pemain Senegal yang Pernah Mencetak Hattrick di EPL, Jackson Terbaru

Nicolas Jackson taklukan Tottenham Hotspur

Tak ada lagi tim English Premier League (EPL) yang belum terkalahkan pada 2023/2024 setelah Tottenham Hotspur takluk dari Chelsea dengan skor 1-4 di Tottenham Hotspur Stadium, Selasa (7/11/2023) dini hari. Nicolas Jackson tampil sebagai bintang kemenangan The Blues usai mencetak tiga gol. Kemenangan ini mendongkrak posisi Chelsea ke urutan kesepuluh.

Hattrick yang dicetak Jackson cukup berarti baginya musim ini. Sebab, ia hanya mampu mencetak 2 gol dalam 9 pertandingan sebelumnya. Jackson juga menjadi pemain keempat asal Senegal yang mampu mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan di EPL.

Termasuk Jackson, berikut empat pemain asal Senegal yang mampu mengukir hattrick di English Premier League.

1. Henri Camara menjadi pemain Senegal pertama yang mencetak hattrick di EPL

4 Pemain Senegal yang Pernah Mencetak Hattrick di EPL, Jackson TerbaruHenry Camara (kiri) (premierleague.com)

Wigan Athletic menjamu Charlton Athletic pada 2005/2006. Tampil sebagai tuan rumah, Wigan unggul cepat melalui lesakkan Henri Camara pada menit kesembilan. Skor tersebut bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Camara benar-benar menjadi momok bagi Charlton. Ia menambah dua gol untuk mencetak hattrick, sekaligus mengamankan kemenangan Wigan dengan skor 3-0. Musim 2005/2006 juga menjadi musim tertajam Camara bersama Wigan, di mana ia mampu mencetak 12 gol di EPL.

2. Demba Ba dua kali mencetak hattrick bagi Newcastle United

4 Pemain Senegal yang Pernah Mencetak Hattrick di EPL, Jackson TerbaruDemba Ba (nufc.co.uk)

Musim 2011/2012 menjadi musim terbaik Demba Ba selama tampil di kasta teratas sepak bola Inggris. Bersama Newcastle United, Ba tampil tajam dengan lesakkan 16 gol. Ia juga membantu tim berjuluk The Magpies tersebut mengakhiri musim di peringkat kelima.

Pada musim tersebut, Ba dua kali mencetak hattrick bagi Newcastle United. Tiga gol pertama ia lesakkan ketika Newcastle menang atas Blackburn Rovers dengan skor 3-1. Ba kembali membukukan hattrick ketika Newcastle melawat ke markas Stoke City. Lagi-lagi Newcastle menang dengan skor 3-1.

Baca Juga: Dijual ke Al-Nassr, Sadio Mane: Cara Ini Menyakitkan Saya

3. Sadio Mane menjadi pencetak hattrick tercepat di EPL

4 Pemain Senegal yang Pernah Mencetak Hattrick di EPL, Jackson TerbaruSadio Mane (premierleague.com)

Sadio Mane punya rekor yang sepertinya sulit untuk dilewati oleh pemain English Premier League mana pun. Rekor tersebut adalah hattrick tercepat sepanjang sejarah EPL, yakni hanya dalam waktu 2 menit 56 detik pada 2015. Dalam laga tersebut, Mane membantu Southampton membenamkan Aston Villa dengan skor telak 6-1.

Hattrick kedua Mane tercipta ketika Southampton menghadapi Manchester City pada 2016. Mane mencetak satu gol pada babak pertama dan sisanya ia cetak memasuki paruh kedua. Berkat aksi gemilang Mane, Southampton mampu mengamankan kemenangan dengan skor 4-2.

4. Nicolas Jackson menjadi bintang kemenangan Chelsea atas Tottenham Hotspur

4 Pemain Senegal yang Pernah Mencetak Hattrick di EPL, Jackson TerbaruNicolas Jackson (biru) mencetak hattrick ke gawang Tottenham Hotspur pada pekan kesebelas English Premier League 2023/2024. (chelseafc.com)

Laga Chelsea menghadapi Tottenham Hotspur memunculkan cukup banyak drama sepanjang laga. Dejan Kulusevski membawa Tottenham Hotspur unggul lebih dahulu pada menit keenam. The Blues membalas berkat tendangan Cole Palmer dari titik putih. Sebelumnya, Christian Romero mendapat kartu merah usai melanggar Enzo Fernandez di kotak terlarang.

Pertandingan makin berat bagi Tottenham Hotspur setelah Destiny Udogie mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-56. Unggul jumlah pemain membuat Chelsea leluasa menusuk pertahanan Tottenham Hotspur. Mereka akhirnya unggul pada menit ke-75 berkat aksi Nicolas Jackson.

Jackson kembali mencatatkan namanya di papan skor memasuki injury time. Dua gol tambahan ke gawang Guglielmo Vicario memastikan kemenangan Chelsea 4-1 atas Tottenham Hotspur. The Blues juga memberikan kekalahan pertama bagi Tottenham Hotspur musim ini.

Mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, keempat pemain asal Senegal tersebut mampu melakukannya, sekaligus membawa timnya mengamankan tiga angka.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas Jackson

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya