5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern Munich

Joao Palhinha yang teranyar

Bayern Munich menjadi salah satu tim yang cukup sibuk pada bursa transfer musim panas 2024. Setelah mendatangkan Michael Olise dari Crystal Palace, kini Die Roten membeli Joao Palhinha dari Fulham. Pemain berusia 29 tahun tersebut didatangkan untuk menambah kedalaman di lini tengah.

Menariknya, Palhinha merupakan pemain asal Portugal kelima yang berseragam Bayern Munich. Dalam beberapa musim terakhir, raksasa Bavaria tersebut memang cukup sering mendatangkan pemain asal Portugal. Penampilan mereka ada yang cukup bagus, tetapi ada pula yang hanya menjadi pembelia sia-sia.

1. Renato Sanches menjadi pemain Portugal pertama yang membela Bayern Munich

5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern MunichRenato Sanches (fcbayern.com)

Renato Sanches menjadi salah satu pemain muda yang bersinar ketika Portugal menjuarai Euro 2016. Bahkan, prestasinya tersebut membuat Sanches menerima penghargaan Golden Boy. Hal itu membuat Bayern Munich rela menebusnya dari Benfica pada bursa transfer musim panas 2016. Ia pun menjadi pemain asal Portugal pertama yang membela raksasa Bavaria tersebut.

Sayang, Sanches tak pernah benar-benar mencapai potensi terbaiknya bersama Bayern Munich. Ia hanya pernah dimainkan sebanyak 35 kali di Bundesliga Jerman. Sempat dipinjamkan ke Swansea City, Sanches akhirnya dilepas secara permanen ke LOSC Lille pada 2019.

2. Tiago Dantas jarang diberi kesempatan tampil

5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern MunichTiago Dantas (fcbayern.com)

Tiago Dantas merupakan pemain didikan akademi Benfica. Melihat potensi yang dimiliki Dantas, Bayern Munich kemudian meminjamnya pada 2020. Namun, pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut tak banyak mendapat menit bermain.

Ia bahkan sempat dimasukkan ke Bayern Munich II yang bermain di kasta ketiga sepak bola Jerman. Usai masa peminjamannya selesai, Die Roten memilih untuk tak mempermanenkan Dantas. Setelah itu, Dantas kembali dipinjamkan oleh Benfica ke beberapa tim, yakni Tondela, PAOK, dan AZ Alkmaar.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao Cancelo

3. Joao Cancelo hanya dipinjam selama setengah musim

5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern MunichJoao Cancelo (fcbayern.com)

Joao Cancelo sempat memiliki hubungan yang buruk dengan sang pelatih di Manchester City, Pep Guardiola. Cancelo merasa mulai dipinggirkan oleh pelatih asal Spanyol tersebut. Guardiola lebih sering memainkan Kyle Walker dan Rico Lewis di sektor bek kanan. 

Pada bursa transfer musim dingin 2023, Cancelo kemudian dipinjamkan ke Bayern Munich selama setengah musim. Penampilannya terbilang cukup solid dalam menjaga sisi kanan pertahanan. Namun, Bayern Munich memilih untuk tak mempermanenkan pemain berusia 30 tahun tersebut.

4. Raphael Guerreiro menambah ketangguhan di lini belakang

5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern MunichRaphael Guerreiro (fcbayern.com)

Raphael Guerreiro didatangkan dari Borussia Dortmund dengan status bebas transfer pada musim panas 2023. Kedatangan Guerreiro bertujuan untuk memperkuat sektor pertahanan, terutama di sisi kiri. Selain itu, Guerreiro juga cukup fleksibel karena bisa dipasang sebagai gelandang.

Pada musim pertamanya, Guerreiro dimainkan sebanyak 20 kali di Bundesliga. Meski bukan pemain yang memiliki naluri menyerang, Guerreiro mampu menceploskan tiga gol. Sayang, Guerreiro belum bisa mempersembahkan satu pun trofi bagi Die Roten.

5. Joao Palhinha dibeli dari Fulham

5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern MunichJoao Palhinha (fcbayern.com)

Joao Palhinha merupakan sosok penting di lini tengah Portugal selama gelaran Euro 2024. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut dipasang dalam 4 dari 5 pertandingan yang dilakoni Portugal. Palhinha hanya sekali dicadangkan, yakni ketika menghadapi Ceko pada pertandingan pembuka fase grup.

Tak hanya bersama Portugal, penampilan apik Palhinha juga ditunjukkan bersama Fulham. Selama dua musim membela The Cottagers, Palhinha mencatatkan 79 penampilan dengan koleksi 8 gol di semua kompetisi. Penampilan apik tersebut membuat Bayern Munich tak berpikir dua kali untuk mendatangkannya.

Joa Palhinha menjadi pemain Portugal kelima yang pernah berseragam Bayern Munich. Lantas, mampukah Palhinha memberikan kontribusi positif bagi Die Roten musim depan? Menarik untuk disaksikan!

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Premier League, Termasuk Olise

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya