4 Pemain yang Berhasil Mencetak 2 Gol Penalti dalam 1 Edisi Euro

Georges Mikautadze salah satunya

Georgia menjadi salah satu tim yang tampil cukup mengejutkan di Euro 2024. Berstatus sebagai debutan, anak asuh Willy Sagnol mampu menembus babak 16 besar. Sayang, langkah mereka untuk menuju perempat final dijegal Spanyol dengan skor telak 1-4.

Salah satu pemain yang berjasa mengangkat performa Georgia adalah sang penyerang, Georges Mikautadze. Penyerang milik Metz menjadi salah satu pemuncak daftar top skor dengan koleksi tiga gol. Menariknya, Mikautadze mencetak 2 dari 3 gol tersebut melalui titik putih. Dalam sejarah Euro, hanya ada empat pemain termasuk Mikautadze yang mampu mencetak 2 gol penalti dalam 1 edisi Euro.

1. Frank Arnesen menjadi pemain pertama yang mencetak 2 gol penalti dalam 1 edisi Euro

4 Pemain yang Berhasil Mencetak 2 Gol Penalti dalam 1 Edisi EuroFrank Arnesen (twitter.com/AFCAjax)

Frank Arnesen menjadi pemain pertama yang mencetak 2 gol penalti dalam 1 edisi Euro. Arnesen melakukan hal tersebut bersama Denmark pada 1984. Arnesen berhasil mencetak masing-masing satu gol dari titik putih ketika Denmark menghajar Yugoslavia 5-0 dan mengalahkan Belgia 3-2.

Arnesen total mencetak tiga gol di turnamen yang dihelat di Prancis tersebut. Jumlah tersebut hanya kalah dari Michel Platini yang membukukan sembilan gol bagi Prancis. Sayang, tiga gol Arnesen tak mampu membawa Denmark menjadi juara. Danish Dynamite dijegal Spanyol pada semifinal melalui adu penalti.

2. Gaizka Mendieta dua kali mencetak gol dari titik putih pada 2000

4 Pemain yang Berhasil Mencetak 2 Gol Penalti dalam 1 Edisi EuroGaizka Mendieta (uefa.com)

Spanyol yang membutuhkan kemenangan tengah tertinggal 2-3 dari Yugoslavia pada pertandingan ketiga fase grup Euro 2000. Pada injury time babak kedua, Spanyol mendapat hadiah penalti yang sukses dieksekusi oleh Gaizka Mendieta. Tak lama berselang, Alfonso berhasil mencetak gol untuk membawa Spanyol menang 4-3, sekaligus meraih tiket ke perempat final.

Pada perempat final, Spanyol bertemu dengan Prancis. Sempat tertinggal lebih dulu melalui aksi Zinedine Zidane, Spanyol menyamakan kedudukan berkat tendangan penalti Mendieta. Sayang, kali itu Mendieta gagal membawa kemenangan bagi Spanyol setelah gol Youri Djorkaeff membuat Spanyol kalah 1-2.

Baca Juga: Turki Cetak Rekor Baru di Fase Gugur Euro 2024

3. Bogdan Stancu menorehkan dua gol penalti pada 2016

4 Pemain yang Berhasil Mencetak 2 Gol Penalti dalam 1 Edisi EuroBogdan Stancu (frf.ro)

Bogdan Stancu berhasil mencetak dua gol yang semuanya berasal dari titik putih di Euro 2016. Gol pertama Stancu tercipta pada pertandingan pembuka ketika Rumania menghadapi tuan rumah, Prancis. Sayang, gol yang dicetak Stancu tak mampu menyelamatkan Rumania dari kekalahan.

Pada pertandingan kedua menghadapi Swiss, Stancu kembali mencatatkan namanya di papan skor melalui titik putih. Sayang, Rumania kembali gagal meraih tiga poin setelah Admir Mehmedi membuat skor akhir menjadi 1-1. Rumania dipastikan gagal melaju ke fase gugur usai takluk 0-1 dari Albania.

4. Georges Mikautadze dua kali menjebol gawang lawan dari titik penalti pada 2024

4 Pemain yang Berhasil Mencetak 2 Gol Penalti dalam 1 Edisi EuroGeorges Mikautadze (uefa.com)

Georgia mendapat dua hadiah penalti sepanjang gelaran Euro 2024. Kedua penalti tersebut masing-masing didapat pada pertandingan menghadapi Ceko dan Portugal. Georges Mikautadze yang dipercaya sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mencetak gol.

Pada laga menghadapi Ceko, satu gol dari Mikautadze membuahkan satu poin bagi Georgia. Sementara itu, gol yang dicetak ke gawang Portugal sukses menyegel kemenangan anak asuh Willy Sagnol tersebut dengan skor 0-2. Selain dari titik putih, Mikautadze juga berhasil menyarangkan satu gol lagi ke gawang Turki.

Georges Mikautadze menjadi pemain keempat yang mampu mengeksekusi 2 tendangan penalti menjadi gol dalam 1 edisi Euro. Sayang, Mikautadze tak berhasil membawa tim debutan tersebut melaju ke perempat final usai dijegal Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain Negara Debutan yang Tajam di Euro, Mikautadze Terbaru

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya