4 Pemain Man City yang Cetak Lebih dari 1 Hattrick dalam Semusim EPL

Phil Foden jadi yang teranyar

Manchester City berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 4-1 melawan Aston Villa pada pekan ke-31 English Premier League 2023/2024, Kamis (4/4/2024) dini hari WIB. Kemenangan tersebut membuat Manchester City masih menempel ketat perolehan poin Arsenal dan Liverpool. Phil Foden menjadi bintang dalam kemenangan tersebut setelah mencetak hattrick.

Torehan hattrick yang dicetak Foden merupakan yang kedua di EPL 2023/2024. Hal itu membuat Foden menjadi pemain Manchester City keempat yang mampu membukukan lebih dari 1 hattrick dalam 1 musim EPL. Menariknya, Foden juga merupakan satu-satunya pemain yang mencetak lebih dari satu hattrick di EPL musim ini.

Berikut empat pemain Man City yang cetak lebih dari satu hattrick dalam semusim EPL.

1. Carlos Tevez mencetak dua hattrick pada 2009/2010

4 Pemain Man City yang Cetak Lebih dari 1 Hattrick dalam Semusim EPLCarlos Tevez (mancity.com)

Carlos Tevez bukanlah pemain pertama yang membukukan hattrick bagi Manchester City. Namun, Tevez merupakan yang pertama melakukannya lebih dari 1 kali dalam 1 musim EPL. Penyerang asal Argentina tersebut mencetak dua hattrick pada 2009/2010. Itu merupakan musim pertama Tevez bersama tim yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut.

Tevez membukukan hattrick pertama ketika menang dengan skor 4-1 menghadapi Blackburn Rovers. Ia kemudian memborong tiga gol Manchester City dalam kemenangan 3-0 atas Wigan Athletic. Pada musim itu, Tevez tampil tajam dengan menorehkan 23 gol. Total, Tevez menorehkan empat hattrick selama berkostum Manchester City.

2. Sergio Aguero merupakan pemilik hattrick terbanyak di EPL

4 Pemain Man City yang Cetak Lebih dari 1 Hattrick dalam Semusim EPLSergio Aguero (mancity.com)

Sergio Aguero merupakan pemilik hattrick terbanyak dalam sejarah EPL. Pemain asal Argentina tersebut total menyarangkan 12 hattrick yang semuanya dibuat bersama Manchester City. Bahkan, Aguero pernah beberapa kali mencetak lebih dari 1 hattrick dalam 1 musim EPL.

Catatan tersebut pertama kali dibuat Aguero pada 2014/2015. Ia mencetak 4 gol ke jala Tottenham Hotspur dan 3 gol ke gawang Queens Park Rangers. Torehan serupa dibuat Aguero semusim berselang ketika mencetak hattrick ke gawang Newcastle United dan Chelsea.

Tak berhenti sampai di situ saja, Aguero pernah mencetak 3 hattrick dalam 2 musim berbeda di EPL. Aguero melakukannya pada 2017/2018 ketika menghadapi Watford, Newcastle United, dan Leicester City. Semusim berselang, giliran Huddersfield Town, Arsenal, dan Chelsea yang menjadi korban keganasan Aguero.

Baca Juga: Erling Haaland Tumpul Lawan Tim 6 Besar Premier League

3. Erling Haaland membukukan empat hattrick ketika debut di EPL

4 Pemain Man City yang Cetak Lebih dari 1 Hattrick dalam Semusim EPLErling Haaland (mancity.com)

Erling Haaland langsung menujukkan kelasnya sebagai penyerang hebat sejak dibeli dari Borussia Dortmund pada 2022. Pada musim pertama di EPL 2022/2023, Haaland menjadi top skor setelah mencetak 36 gol. Jumlah itu merupakan yang terbanyak dalam satu musim EPL.

Tak hanya sampai di situ saja, ketajaman Haaland terbukti dengan torehan empat hattrick di EPL. Torehan tersebut ia bukukan ketika menghadapi Crystal Palace, Nottingham Forest, Manchester United, dan Wolverhampton Wanderers. Jumlah 4 hattrick dalam 1 musim EPL menyamai catatan Harry Kane pada 2016/2017 dan hanya kalah dari Alan Shearer yang mencetak 5 hattrick pada 1995/1996.

4. Phil Foden menorehkan dua hattrick pada 2023/2024

4 Pemain Man City yang Cetak Lebih dari 1 Hattrick dalam Semusim EPLPhil Foden (mancity.com)

Pep Guardiola tak memasang Erling Haaland dan Kevin De Bruyne dalam laga menghadapi Aston Villa. Di lini depan, mereka mengandalkan Julian Alvarez yang ditopang Phil Foden, Jeremy Doku, dan Jack Grealish. Bermain di kandang sendiri, Rodri membawa Manchester City unggul terlebih dahulu pada menit kesebelas.

Pada menit ke-20, Aston Villa menyamakan kedudukan berkat aksi Jhon Duran. Jelang babak pertama berakhir, Phil Foden membawa Manchester City kembali unggul melalui tendangan bebas. Pada babak kedua, Foden mencetak dua gol tambahan untuk membawa Manchester City meraih kemenangan 4-1 atas Aston Villa.

Bagi Foden, ini merupakan kali kedua membukukan tiga gol di EPL musim 2023/2024 ini. Sebelumnya, ia melakukan hal serupa dalam laga menghadapi Brentford. Menariknya, Foden menjadi satu-satunya pemain yang mencetak lebih dari satu hattrick di EPL musim ini.

Phil Foden tampil apik musim ini dengan menyarangkan dua hattrick di EPL. Ia menjadi pemain keempat Manchester City yang mampu membuat lebih dari 1 hattrick dalam 1 musim EPL.

Baca Juga: Phil Foden Samai Rekor Cristiano Ronaldo di Premier League

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya