6 Pemain Jerman yang Pernah Berseragam Brighton & Hove Albion

Brajan Gruda terbaru

Intinya Sih...

  • Brighton & Hove Albion resmi membeli Brajan Gruda dari Mainz 05.
  • Sebelumnya, sudah ada enam pemain Jerman yang pernah membela Brighton, di antaranya Pascal Gross dan Uwe Huenemeier.
  • Pascal Gross menjadi pemain Jerman dengan masa bakti terlama bersama Brighton, mencatatkan 261 penampilan dengan torehan 32 gol dan 52 assist di semua kompetisi.

Brighton & Hove Albion telah merampungkan pembelian Brajan Gruda dari Mainz 05 pada bursa transfer musim panas 2024. Pemain asal Jerman itu didatangkan untuk menambah kekuatan di lini tengah. Ia mendapat kontrak selama 4 tahun yang akan mengikatnya hingga 2028. Di Brighton, Gruda akan berada di bawah arahan Fabian Huerzeler yang sama-sama berasal dari Jerman. 

Tim berjuluk The Seagulls itu memang cukup identik dengan pemain asal Jerman. Termasuk Gruda, sudah ada enam pemain asal Jerman yang pernah membela Brighton. Siapa saja mereka dan seperti apa performanya? Berikut ulasannya!

1. Dirk Lehmann menjadi pemain Jerman pertama yang membela Brighton

6 Pemain Jerman yang Pernah Berseragam Brighton & Hove AlbionDirk Lehmann (dfb.de)

Dirk Lehmann menjadi pesepak bola Jerman pertama yang berseragam Brighton & Hove Albion. Lehmann didatangkan dari tim Liga Skotlandia, Hibernian, pada 2001. Saat itu, The Seagulls masih berkutat di Championship atau kasta kedua sepak bola Inggris.

Lehman tak lama bertahan di Brighton. Ia hanya membela Brighton selama setengah musim sebelum kembali ke Skotlandia bersama Motherwell. Ia hanya mencatatkan total sembilan penampilan bagi The Seagulls di semua kompetisi.

2. Uwe Huenemeier pergi setelah Brighton promosi ke EPL

6 Pemain Jerman yang Pernah Berseragam Brighton & Hove AlbionUwe Huenemeier (x.com/UweHuenemeier2)

Uwe Huenemeier datang ke Brighton & Hove Albion pada 2015 dari SC Paderborn. Saat itu, The Seagulls ketika itu masih bermain di Championship. Huenemeier kemudian promosi ke English Premier League (EPL) bersama Brighton pada musim keduanya.

Sayang, Huenemeier dilepas karena hanya menjadi penghangat bangku cadangan di posisi bek tengah. Ia kalah bersaing dengan Shanne Dufy dan Lewis Dunk. Huenemeier pun kembali ke Paderborn hingga pensiun pada 2023.

3. Pascal Gross menjadi pemain Jerman terlama yang berkostum Brighton

6 Pemain Jerman yang Pernah Berseragam Brighton & Hove AlbionPascal Gross (brightonandhovealbion.com)

Pascal Gross menjadi pemain Jerman dengan masa bakti terlama bersama Brighton & Hove Albion. Gross tercatat membela The Seagulls selama 7 musim pada 2017--2024. Namun, pemain berusia 33 tahun itu memutuskan untuk hengkang pada musim panas 2024 menuju Borussia Dortmund.

Selama bermain di Brighton, Gross menjadi salah satu gelandang yang tak tergantikan. Ia mencatatkan total 261 penampilan dengan torehan 32 gol dan 52 assist di semua kompetisi. Gross juga terpilih menjadi pemain terbaik Brighton sebanyak dua kali, yakni pada 2017/2018 dan 2023/2024.

Baca Juga: 4 Remaja yang Didatangkan Brighton pada Musim Panas 2024

4 Deniz Undav gagal tampil tajam bersama Brighton

6 Pemain Jerman yang Pernah Berseragam Brighton & Hove AlbionDeniz Undav (brightonandhovealbion.com)

Deniz Undav bergabung dengan Brighton & Hove Albion pada Januari 2022. Ia sebelumnya bermain untuk salah satu tim Liga Belgia, Union Saint-Gilloise. Kedatangan Undav saat itu diharapkan untuk menambah daya dobrak di lini depan. Sayang, performanya cukup mengecewakan karena hanya mencetak 5 gol dari 22 pertandingan di EPL.

Undav sempat dipinjamkan selama semusim kepada VFB Stuttgart. Tak disangka, pernampilannya ternyata sangat apik dengan koleksi 18 gol dari 30 pertandingan di Bundesliga Jerman 2023/2024. Alhasil, Stuttgart pun memermanekan pemain berusia 28 tahun itu pada musim panas 2024.

5. Reda Khadra gagal menjadi pilihan utama Brighton

6 Pemain Jerman yang Pernah Berseragam Brighton & Hove AlbionReda Khadra (x.com/reda_khadra7)

Reda Khadra datang ke Brighton & Hove Albion pada 2021 dari Borussia Dortmund. Saat itu usianya masih sangat muda, yakni 20 tahun. Sayang, dirinya gagal menembus skuad utama The Seagulls.

Khadra sempat dipinjamkan kepada Blackburn Rovers, Sheffield United, dan Birmingham City. Namun, kesempatan itu tetap tak mampu membuatnya menjadi pilihan utama di sisi sayap. Alhasil, ia dilego kepada Stade de Reims pada 2023.

6. Brajan Gruda dibeli dari Mainz 05 pada musim panas 2024

6 Pemain Jerman yang Pernah Berseragam Brighton & Hove AlbionBrajan Gruda (x.com/OfficialBHAFC)

Brajan Gruda menjadi pemain Jerman teranyar yang membela Brighton & Hove Albion. Pemain berusia 20 tahun itu didatangkan dari salah satu tim Bundesliga Jerman, Mainz 05. Gruda akan diplot untuk mengisi posisi sebagai gelandang serang.

Gruda tampil cukup apik bersama Mainz pada 2023/2024. Ia dipercaya tampil sebanyak 28 kali dengan koleksi 4 gol. Gruda juga telah dipercaya membela Timnas Jerman di berbagai level usia. Ia sempat menjadi salah satu pemain yang diseleksi Timnas Jerman untuk Euro 2024. Sayang, ia tak bisa tampil di Euro karena mengalami cedera.

Pascal Gross sepertinya menjadi satu-satunya pemain Jerman yang terbukti sukses bersama Brighton & Hove Albion. Lantas, mampukah Brajan Gruda mengikuti jejak kompatriotnya? Kita lihat saja!

Baca Juga: 5 Pemain Brighton & Hove Albion yang Lebih Tua dari Fabian Huerzeler

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya