4 Pemain Italia yang Mencetak Gol di 2 Edisi Euro, Ada Barella

Tercipta dari beragam posisi #EURO2024

Performa Italia di Euro 2024 memang terbilang mengecewakan. Datang sebagai juara bertahan, Gli Azzurri justru tersungkur pada 16 besar dari tim kuda hitam, Swiss, dengan skor 0-2. Salah satu alasan buruknya penampilan Italia adalah kehilangan banyak pemain dari Euro 2020, seperti Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Marco Verratti, hingga Ciro Immobile.

Meski ditinggal cukup banyak pemain senior, Italia masih menyisakan Nicolo Barella sebagai motor serangan di lini tengah. Gelandang milik Inter Milan tersebut turut mencetak satu gol ketika menghadapi Albania. Hal itu membuat Barella telah mencetak gol di dua edisi Euro. Ia mengikuti jejak tiga pemain Italia yang lebih dahulu mencatatkan hal serupa.

1. Andrea Pirlo menjadi pemain Italia pertama yang mencetak gol di dua Euro

4 Pemain Italia yang Mencetak Gol di 2 Edisi Euro, Ada BarellaAndrea Pirlo (uefa.com)

Meski bukan berposisi sebagai penyerang, Andrea Pirlo tak jarang menjadi pemecah kebuntuan Italia. Ia kerap dipercaya sebagai eksekutor bola mati, seperti tendangan bebas maupun tendangan penalti. Kedua cara itulah yang digunakan Pirlo untuk mencetak gol di Euro.

Gol pertama Pirlo di Euro tercipta ke gawang Prancis melalui titik putih pada fase grup 2008. Kemudian pada 2012, Pirlo melepaskan tendangan bebas cantik yang sukses menembus jala Kroasia. Pirlo juga turut bermain pada 2004, tetapi tak sekali pun mencetak gol.

2. Antonio Cassano merupakan top skor Italia di Euro

4 Pemain Italia yang Mencetak Gol di 2 Edisi Euro, Ada BarellaAntonio Cassano (uefa.com)

Antonio Cassano merupakan top skor Italia di Euro dengan tiga gol. Ia berbagi rekor tersebut bersama Mario Balotteli. Dua gol Cassano dicetak pada Euro 2004, yakni ke gawang Swedia dan Bulgaria pada fase grup. Sayang, dua gol Cassano tak mampu membawa Gli Azzurri lolos ke fase gugur.

Cassano kembali dipanggil untuk membela Italia pada 2008. Sayang, dari empat kali diturunkan, Cassano gagal menjebol gawang lawan. Ia kembali mencetak gol pada 2012 ketika Italia menang 2-0 atas Irlandia pada fase grup. Pada 2012, Cassano turut mengantar Italia ke final sebelum ditekuk Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Mencetak 4 Assist dalam 1 Edisi Euro

3. Meski berposisi sebagai bek, Leonardo Bonucci pernah mencetak gol di dua Euro

4 Pemain Italia yang Mencetak Gol di 2 Edisi Euro, Ada BarellaLeonardo Bonucci (uefa.com)

Leonardo Bonucci berhasil mencetak dua gol di Euro bersama Italia meski berposisi sebagai bek tengah. Bahkan, salah satu golnya tercipta pada partai final 2020 menghadapi Inggris. Gol itu merupakan gol penyama kedudukan setelah Inggris sempat memimpin terlebih dahulu melalui sontekan Luke Shaw. Italia kemudian mampu tampil juara setelah menang adu penalti.

Pada 2016, Bonucci juga menjadi penyama kedudukan ketika Italia menghadapi Jerman pada perempat final. Ketika itu, Bonucci mencetak gol melalui titik putih. Sayang, tak seperti pada 2020, Italia gagal meraih kemenangan usai takluk dalam drama penalti.

4. Nicolo Barella mencetak gol pada 2020 dan 2024

4 Pemain Italia yang Mencetak Gol di 2 Edisi Euro, Ada BarellaNicolo Barella (figc.it)

Nicolo Barella menjadi pahlawan kemenangan Italia atas Albania pada pertandingan pembuka fase grup 2024. Sempat tertinggal lebih dahulu berkat gol cepat Nedim Bajrami, Italia berhasil menyamakan kedudukan berkat aksi Alessandro Bastoni. Italia kemudian mengunci kemenangan berkat tendangan Nicolo Barella. Itu merupakan satu-satunya gol yang dicetak Barella pada 2024.

Sebelumnya, Barella juga pernah mencetak gol bagi Italia pada 2020. Ketika itu, golnya disarangkan ke gawang Belgia pada perempat final. Pada akhir laga, Italia berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1 untuk melaju ke semifinal.

Keempat pemain di atas berhasil mencetak gol di dua edisi Euro bersama Italia. Menariknya, keempatnya berasal dari posisi yang cukup beragam, yakni Antonio Cassano yang merupakan penyerang, Andrea Pirlo dan Nicolo Barella yang seorang gelandang, dan Leonardo Bonucci yang berposisi sebagai bek tengah.

Baca Juga: Juara Euro 2024, Pemain Spanyol Diguyur Bonus Rp7,1 Miliar

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya