5 Pemain Inggris dengan Gol Terbanyak di Liga Champions

Harry Kane dekati Wayne Rooney

Harry Kane menunjukkan ketajamannya bersama Bayern Munich musim 2023/2024. Sejak dibeli dari Tottenham Hotspur pada bursa transfer musim panas 2023, Kane sudah mencetak 19 gol dari 15 pertandingan di semua kompetisi, termasuk 4 gol yang ia lesakkan di Liga Champions musim ini.

Ia berpotensi membawa Die Roten merengkuh gelar juara di akhir musim. Tak hanya itu, Harry Kane sangat berpotensi menjadi pemain Inggris dengan gol terbanyak di Liga Champions. Siapa saja nama beken yang bertengger pada daftar ini?

1. Frank Lampard pernah mencetak gol di final bersama Chelsea

5 Pemain Inggris dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsFrank Lampard (chelseafc.com)

Meski berposisi sebagai gelandang, Frank Lampard punya insting gol yang cukup tajam. Hal itu ia buktikan dengan koleksi 23 gol di Liga Champions bersama Chelsea. Lampard juga merupakan 1 dari 6 pemain asal Inggris yang mampu mencetak gol di final Liga Champions.

Gol tersebut hadir di final Liga Champions 2008 menghadapi Manchester United. Sayang, Chelsea saat itu gagal menjadi juara usai kalah adu penalti. Lampard baru benar-benar mengangkat trofi Si Kuping Besar pada 2012. Ketika itu, Chelsea mampu menaklukkan Bayern Munich di partai final melalui drama adu penalti.

Baca Juga: 3 Klub Bundesliga Pertama Korban Hattrick Harry Kane

2. Dikenal punya tendangan roket, Paul Scholes mampu menyarangkan 24 gol

5 Pemain Inggris dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsPaul Scholes (manutd.com)

Sama seperti Lampard, Paul Scholes merupakan seorang gelandang yang kerap mencetak gol. Pemain yang menghabiskan seluruh kariernya bersama Manchester United tersebut mampu mencetak 24 gol dari 124 pertandingan di Liga Champions. Scholes dikenal dengan tendangan roketnya dari luar kotak penalti yang menghunjam deras ke arah gawang lawan.

Musim 2000/2001 menjadi musim tertajam Paul Scholes di Liga Champions. Ketika itu, ia mampu menyarangkan 6 gol. Sayang, langkah Manchester United terhenti di babak 16 besar dari Bayern Munich. Di sisi lain, Scholes sendiri turut membantu Manchester United jadi juara Liga Champions sebanyak dua kali, pada 1998/1999 dan 2007/2008.

3. Harry Kane kian tajam bersama Bayern Munich

5 Pemain Inggris dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsHarry Kane (fcbayern.com)

Harry Kane menunjukkan ketajamannya pada musim debut bersama Bayern Munich. Ia mampu menyarangkan 4 gol dari 4 pertandingan Liga Champions 2023/2024. Berkat penampilan impresif tersebut, Kane mampu membawa Die Roten memastikan satu tiket ke babak 16 besar.

Tambahan 4 gol membuat Kane kini mengoleksi 25 gol di Liga Champions. Ketajaman Kane memang sudah terlihat ketika ia masih berseragam Tottenham Hotspur. Bersama The Lily Whites, Kane mampu mencetak 21 gol. Musim 2017/2018 menjadi musim terbaiknya bersama Tottenham Hotspur dengan koleksi 7 gol.

Ia bahkan membawa Tottenham Hotspur melangkah ke final Liga Champions 2019, tetapi harus mengakui keunggulan Liverpool. Kini, bersama Bayern Munich, peluang untuk menjadi juara Liga Champions semakin besar. Namun, impian tersebut tak akan mudah karena banyak tim kuat yang siap menghentikan langkah mereka.

4. Raheem Sterling punya koleksi 27 gol di Liga Champions

5 Pemain Inggris dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsRaheem Sterling (mancity.com)

Raheem Sterling musim ini harus absen dari Liga Champions karena performa buruk Chelsea musim lalu. Hal itu membuat Sterling tak mampu menambah pundi-pundi gol miliknya yang kini mencapai angka 27 gol. Musim 2022/2023, Sterling mampu mendulang 3 gol bagi Chelsea di Liga Champions.

Namun, performa terbaik Sterling datang ketika ia masih berkostum Manchester City. Saat itu, Sterling mampu mencetak 24 gol di Liga Champions. Ia bahkan pernah membuat hattrick ketika Manchester City bersua Atalanta pada musim 2019/2020. Sterling juga pernah tampil di Liga Champions bersama Liverpool, tetapi gagal menyarangkan satu gol pun.

5. Wayne Rooney menjadi pemain Inggris dengan gol terbanyak di Liga Champions

5 Pemain Inggris dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsWayne Rooney (manutd.com)

Dengan koleksi 30 gol, Wayne Rooney saat ini merupakan pemain Inggris dengan jumlah gol terbanyak di Liga Champions. Semua gol tersebut ia ciptakan ketika berseragam Manchester United. Salah satu golnya dicetak di partai final 2011 ketika Manchester United mengakui kedigdayaan Barcelona dengan skor 1-3.

Meski begitu, Rooney juga pernah membawa Manchester United menjadi juara pada 2007/2008. Semusim berselang, ia kembali ke partai final, tetapi kalah dari Barcelona. Musim terbaik Rooney terjadi pada 2013/2014 ketika ia mampu menyarangkan 8 gol. Bahkan, ia mencetak 4 gol ketika Manchester United mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor telak 5-0. 

Harry Kane hanya berjarak lima gol saja dari rekor milik Wayne Rooney. Dengan performanya yang luar biasa bersama Bayern Munich, sepertinya tinggal menunggu waktu saja bagi Kane untuk menyalip torehan gol Rooney.

Baca Juga: 3 Rekor yang Harry Kane Ciptakan usai Hattrick di Der Klassiker

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya