4 Pemain FC Dallas yang Dipanggil di FIFA Matchday September 2024

Termasuk Maarten Paes

Kompetisi kasta kasta tertinggi sepak bola Amerika, Major League Soccer (MLS), memiliki kebijakan yang cukup unik. Saat liga-liga lain meliburkan diri karena memasuki FIFA Matchday September 2024, MLS justru tetap berjalan seperti biasa. Hal itu membuat mereka tak bisa diperkuat para pemain yang membela timnas masing-masing.

Salah satu tim yang terdampak akibat kebijakan itu adalah FC Dallas. Tim penghuni Wilayah Barat itu saat ini tak diperkuat empat pemain yang tengah bermain bagi timnas masing-masing. Salah satunya adalah Maarten Paes yang dipanggil Timnas Indonesia untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC.

Termasuk Maarten Paes, berikut empat pemain FC Dallas yang dipanggil timnas masing-masing di FIFA Matchday September 2024.

1. Carl Sainte membela Haiti di CONCACAF Nations League 2024/2025

4 Pemain FC Dallas yang Dipanggil di FIFA Matchday September 2024Carl Sainte (fcdallas.com)

Carl Sainte merupakan pemain baru milik FC Dallas. Ia mulai membela tim asal Texas itu pada Maret 2023. Sainte sebelumnya tampil bersama North Texas SC yang bermain di MLS Next Pro. Itu merupakan kompetisi kasta ketiga Amerika Serikat di bawah MLS dan USL Championship.

Sainte dipanggil Haiti untuk menghadapi Puerto Riko dan Sint Maarten di CONCACAF Nations League 2024/2025. Bagi Sainte, ini bukanlah kali pertama ia dipanggil membela Haiti. Ia sudah membela Haiti di kancah internasional sejak 2022. Sejak saat itu, Sainte telah mencatatkan 17 pertandingan.

Haiti tergabung di Grup C Liga B bersama Puerto Riko, Sint Maarten, dan Aruba. Mereka bisa promosi ke Liga A jika berhasil keluar sebagai juara grup. Tak hanya itu, menjadi juara grup juga memastikan satu tiket ke CONCACAF Gold Cup 2025.

2. Patrickson Delgado dipanggil Ekuador untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL

4 Pemain FC Dallas yang Dipanggil di FIFA Matchday September 2024Patrickson Delgado (fcdallas.com)

Patrickson Delgado merupakan pemain yang dipinjam dari Independiente del Valle, yang merupakan salah satu tim Serie A Ekuador. Ia dipinjam selama semusim sejak januari 2024. Sejak saat itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah memainkan 20 pertandingan dengan sumbangan 4 gol dan 3 assist.

Delgado mendapat panggilan untuk membela Ekuador menghadapi dua pertandingan di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL. Delgado tak dimainkan ketika Ekuador takluk dari Brasil dengan skor tipis 0-1. Selanjutnya, Ekuador akan menghadapi Peru pada Rabu (11/9/2024) dini hari WIB. 

Baca Juga: Maarten Paes Bangga Jalani Debut Gemilang Bersama Timnas Indonesia

3. Manuel Cafumana tampil bersama Angola di Kualifikasi Piala Afrika 2025

4 Pemain FC Dallas yang Dipanggil di FIFA Matchday September 2024Manuel Cafumana (fcdallas.com)

Manuel Luis da Silva Cafumana atau yang lebih dikenal sebagai Show merupakan gelandang milik FC Dallas. Sama seperti Delgado, Show saat ini berstatus pinjaman selama semusim. Ia didatangkan dari salah satu tim Liga Israel, Maccabi Haifa, pada Juli 2024.

Show merupakan gelandang andalan Angola sejak pertama kali dipanggil pada 2018. Ia akan membantu Angola menghadapi kualifikasi Piala Afrika 2025. Show tampil sejak menit pertama ketika Angola mengalahkan salah satu raksasa Afrika, Ghana, dengan skor 1-0. Selanjutnya, Angola akan bersiap melawan Sudan pada Selasa (10/9/2024) dini hari WIB.

4. Maarten Paes menjalani debut bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC

4 Pemain FC Dallas yang Dipanggil di FIFA Matchday September 2024Maarten Paes (fcdallas.com)

Maarten Paes sudah membela FC Dallas sejak didatangkan dari FC Utrecht pada 2022. Sejak saat itu, ia terpilih sebagai kiper utama berkat performanya yang cemerlang. Paes bahkan membawa tim yang bermarkas di Toyota Stadium tersebut menjuarai Copa Tejas 2024. Ia juga masuk ke dalam MLS All-Star 2024.

Paes menjalani debut bersama Timnas Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC menghadapi Arab Saudi. Paes tampil apik dengan melakukan beberapa penyelamatan, termasuk menahan tendangan penalti Salem Al Dawsari. Dirinya pun terpilih sebagai Man of the Match dalam pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 1-1 tersebut.

Paes selanjutnya akan bersiap untuk menghadapi Australia pada Selasa (10/9/2024). Laga itu terbilang spesial karena merupakan kali pertama Paes tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dukungan dari ribuan suporter Indonesia tentu akan memompa semangat Paes dalam menjaga gawangnya tak kebobolan.

Empat pemain FC Dallas di atas tengah membela timnas masing-masing dalam FIFA Matchday September 2024. Absennya empat pemain di atas tentu mengurangi kekuatan FC Dallas dalam menghadapi beberapa pertandingan MLS 2024.

Baca Juga: Erick Puji Paes: Kepingan Timnas Indonesia yang Hilang

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya