5 Pemain dengan Musim Terbanyak di Premier League

James Milner menjalani musim ke-23

Intinya Sih...

  • James Milner menjadi pemain dengan musim terbanyak sepanjang sejarah EPL, yakni 23 musim.
  • Milner memulai petualangannya di EPL pada usia 16 tahun bersama Leeds United pada 2002/2003.
  • Meski usianya sudah tak muda lagi, Milner menjadi sosok senior yang bisa membimbing para pemain muda Brighton.

James Milner merupakan salah satu pemain senior yang membela Brighton & Hove Albion di English Premier League (EPL) 2024/2025. Meski usianya sudah tak muda lagi, Milner menjadi sosok senior yang bisa membimbing para pemain muda Brighton. Milner bahkan menjadi starter ketika Brighton menang 3-0 atas Everton pada pekan pertama EPL.

Musim 2024/2025 merupakan musim ke-23 bagi Milner di Premier League. Hal itu membuatnya menjadi pemain dengan musim terbanyak sepanjang sejarah EPL. Ia melewati rekor yang sebelumnya dipegang Ryan Giggs. Berikut lima pemain yang jalani musim terbanyak di EPL.

1. Frank Lampard bermain selama 20 musim di EPL

5 Pemain dengan Musim Terbanyak di Premier LeagueFrank Lampard (x.com/premierleague)

Frank Lampard pertama kali bermain di Premier League bersama West Ham United pada 1995/1996. Bersama The Hammers, Lampard bermain selama 6 musim. Ia juga sempat mempersembahkan satu gelar juara Piala Intertoto.

Lampard kemudian mencapai puncak performanya ketika menerima pinangan Chelsea pada 2001. Bersama The Blues, Lampard dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Ia bertahan di Stamford Bridge hingga 2014 dengan meraih berbagai trofi bergengsi mulai dari Piala FA, EPL, hingga Liga Champions Eropa.

Setelah kisahnya bersama Chelsea berakhir, Lampard sempat bertahan di EPL bersama Manchester City pada 2014/2015. Meski tak lagi muda, ia masih mampu membukukan 32 penampilan degan sumbangan 6 gol. Pada 2015, Lampard hengkang ke Major League Soccer (MLS) bersama New York City FC usai melakoni 20 musim di EPL.

2. Rio Ferdinand meraih banyak trofi selama 20 musim tampil di Premier League

5 Pemain dengan Musim Terbanyak di Premier LeagueRio Ferdinand (manutd.com)

Rio Ferdinand dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik yang pernah bermain di Premier League. Sama seperti Lampard, Ferdinand memulai kisahnya di EPL bersama West Ham United pada 1995/1996. Ferdinand sempat berkostum Leeds United sebelum akhirnya berlabuh ke Manchester United pada 2001.

Keputusannya untuk datang ke Old Trafford membuahkan banyak trofi bagi Ferdinand. Ia mampu mengoleksi 6 gelar juara EPL, 4 Piala FA, 2 Piala Liga Inggris, dan 1 Liga Champions sebelum hengkang pada 2014. Ferdinand memainkan musim ke-20 di EPL pada 2014/2015 bersama Queens Park Rangers.

Baca Juga: 3 Pemain Cetak Rekor pada Pekan Perdana Premier League 2024/2025

3. Gareth Barry yang menjalani 21 musim di EPL merupakan pemegang rekor penampilan terbanyak

5 Pemain dengan Musim Terbanyak di Premier LeagueGareth Barry (mancity.com)

Gareth Barry bermain sebanyak 21 musim di EPL bersama 4 tim berbeda, yakni Aston Villa, Manchester City, Everton, dan West Bromwich Albion. Tak heran pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu saat ini merupakan pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak di EPL dengan 653 pertandingan. Barry terakhir kali tampil di EPL bersama West Bromwich Albion pada 2017/2018.

Meski cukup lama bermain di EPL, Barry tak banyak meraih trofi bergengsi. Trofi yang pernah dirasakan Barry adalah EPL dan Piala FA ketika membela Manchester City. Ia juga sempat membawa Aston Villa meraih Piala Intertoto pada 2001.

4. Ryan Giggs memainkan 22 musim di Premier League bersama Manchester United

5 Pemain dengan Musim Terbanyak di Premier LeagueRyan Giggs (x.com/ManUtd)

Ryan Giggs hanya pernah membela Manchester United selama 22 musim bermain di Premier League. Ia pertama kali diberi debut oleh Sir Alex Ferguson pada 1990/1991 ketika kasta teratas sepak bola Inggris masih bernama First Division. Giggs juga merupakan bagian dari Class of 92 bersama David Beckham, Paul Scholes, Phil Neville, Gary Neville, dan Nicky Butt.

Giggs merupakan pemilik gelar juara EPL terbanyak sepanjang masa dengan 13 trofi. Selain itu, Giggs juga membantu The Red Devils merengkuh 4 Piala FA, 4 Piala Liga Inggris, serta 2 Liga Champions. Giggs memutuskan gantung sepatu pada 2014 setelah membukukan 632 pertandingan di EPL.

5. James Milner memainkan musim ke-23 di EPL bersama Brighton & Hove Albion

5 Pemain dengan Musim Terbanyak di Premier LeagueJames Milner (x.com/JamesMilner)

James Milner resmi menggeser Ryan Giggs sebagai pemain dengan musim terbanyak di Premier League. Musim 2024/2025 merupakan musim ke-23 di EPL bagi pemain berusia 38 tahun itu. Ia bahkan bisa menyalip rekor penampilan terbanyak Gareth Barry jika diturunkan minimal 20 kali oleh Brighton & Hove Albion.

Milner memulai petualangannya di EPL pada usia 16 tahun bersama Leeds United pada 2002/2003. Setelah itu, Milner sempat membela Newcastle United, Aston Villa, Manchester City, dan Liverpool sebelum berlabuh ke Brighton pada 2023. Dari segi trofi, Milner telah mendapat semua trofi yang bisa diraih, mulai dari EPL hingga Liga Champions.

James Milner mencetak rekor sebagai pemain dengan musim terbanyak sepanjang sejarah EPL, yakni 23 musim. Sebuah rekor yang sepertinya cukup sulit untuk dipecahkan pemain lain. Namun, mungkinkah ia juga melewati rekor Barry?

Baca Juga: James Milner Menyamai Catatan Penampilan Ryan Giggs di EPL

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya