Kiprah 5 Pemain Baru Girona Rekrutan dari Klub Top Eropa 2023/2024

Salah satu kunci kesuksesan Girona

LaLiga Spanyol musim 2023/2024 terbilang cukup menarik disimak. Jika biasanya puncak klasemen didominasi oleh Real Madrid, Barcelona, atau Atletico Madrid, lain halnya dengan musim ini. Secara mengejutkan, Girona yang merupakan tim semenjana mampu menduduki puncak klasemen hingga pekan ke-13.

Mereka bahkan hanya sekali menderita kekalahan ketika bertemu Real Madrid pada pekan kedelapan. Tim asal Catalan tersebut juga sempat meraih hasil imbang kontra Real Sociedad pada laga perdana musim ini. Sisanya, mereka mampu tampil solid untuk mendulang poin penuh.

Salah satu kunci sukses Girona adalah performa apik dari para pemain baru, terutama yang didatangkan dari klub top Eropa. Peran mereka begitu penting dalam setiap posisi yang dijalani musim ini. Berikut kiprah empat pemain pinjaman Girona dari klub top Eropa pada 2023/2024.

1. Pablo Torre lebih sering turun dari bangku cadangan

Kiprah 5 Pemain Baru Girona Rekrutan dari Klub Top Eropa 2023/2024Pablo Torre (gironafc.cat)

Girona meminjam Pablo Torre dari Barcelona untuk musim 2023/2024. Musim sebelumnya, Torre hanya tampil dalam 13 pertandingan dengan koleksi 1 gol bersama Barcelona. Musim ini, Torre juga masih belum bisa mengamankan satu tempat di sektor gelandang.

Torre baru melakoni delapan pertandingan yang semuanya dari bangku cadangan. Bahkan, ia tidak diturunkan dalam tiga pertandingan terakhir. Torre kalah bersaing dari para gelandang Girona lainnya, seperti Aleix Garcia, Yangel Herrera, maupun Ivan Martin.

Baca Juga: 3 Eks Manchester City yang Menjadi Pilar Girona pada 2023/2024

2. Eric Garcia menjadi tembok kokoh di lini belakang

Kiprah 5 Pemain Baru Girona Rekrutan dari Klub Top Eropa 2023/2024Eric Garcia (twitter.com/GironaFC)

Selain Pablo Torre, Girona musim ini juga meminjam Eric Garcia dari Barcelona. Meski baru bergabung, Garcia terbukti mampu menjadi jangkar di lini pertahanan Girona. Ia selalu dipercaya untuk mengisi sektor tengah di lini belakang dalam skema tiga bek yang digunakan pelatih Girona, Michel.

Berkat penampilan solid Garcia, Girona musim ini baru kebobolan sebanyak 16 kali dari 13 pertandingan di LaLiga. Catatan tersebut hanya kalah dari Real Madrid, Las Palmas, Atletico Madrid, dan Barcelona. Musim ini bisa menjadi pembuktian bagi Garcia yang kalah bersaing dari para bek baru Barcelona.

3. Daley Blind menjadi sosok senior bagi Girona

Kiprah 5 Pemain Baru Girona Rekrutan dari Klub Top Eropa 2023/2024Daley Blind (gironafc.cat)

Jika Eric Garcia mengawal sektor tengah pertahanan Girona, Daley Blind bertanggung jawab di sisi kiri. Menjadi salah satu pemain senior di tim, ketenangan Blind mampu membuat Girona tampil lebih solid. Ia juga selalu bermain penuh dalam 13 pertandingan di LaLiga kecuali ketika menghadapi Villarreal.

Girona cukup beruntung bisa mendatangkannya secara gratis dari Bayern Munich. Girona seakan menjadi penyelamat karier bagi Blind yang musim lalu hampir tak terpakai di Bayern Munich. Sebelumnya, ia pernah membela Manchester United dan Ajax Amsterdam. Blind juga punya catatan 103 caps bersama Timnas Belanda.

4. Yangel Herrera cukup subur sebagai gelandang

Kiprah 5 Pemain Baru Girona Rekrutan dari Klub Top Eropa 2023/2024Yangel Herrera (twitter.com/GironaFC)

Yangel Herrera tak pernah mendapat kesempatan bermain selama membela Manchester City. Pemain asal Venezuela tersebut lebih sering dipinjamkan ke berbagai tim lain. Salah satu tim yang pernah meminjam jasa Herrera adalah Girona pada 2022/2023. Musim itu, ia tampil sebanyak 20 pertandingan di LaLiga dengan torehan 2 gol.

Terkesan dengan penampilan Herrera, Girona pun memermanenkannya musim ini. Keputusan tersebut ternyata tak salah karena Herrera mampu menjadi salah satu gelandang andalan Girona musim ini. Ia juga cukup tajam dengan membukukan empat gol masing-masing ke gawang Getafe, Sevilla, Mallorca, dan Celta Vigo.

5. Yan Couto cukup fleksibel di sisi kanan

Kiprah 5 Pemain Baru Girona Rekrutan dari Klub Top Eropa 2023/2024Yan Couto (twitter.com/GironaFC)

Yan Couto musim ini dipinjam dari Manchester City untuk mengarungi musim 2023/2024. Pemain asal Brasil tersebut terbilang cukup fleksibel ketika diturunkan. Memiliki posisi asli sebagai bek kanan, Couto juga sering dipasang sebagai gelandang sayap kanan seperti ketika Girona menghadapi Osasuna.

Bahkan, Couto sempat diplot sebagai penyerang kanan ketika Girona bertemu Celta Vigo. Sejauh ini, Couto telah menumbang 1 gol dan 3 assist di LaLiga. Musim ini merupakan kali kedua Girona meminjam Couto. Sebelumnya, mereka juga pernah meminjamnya pada 2020/2021 ketika tim asal Catalan tersebut masih tampil di Segunda Division.

Kelima pemain baru tersebut punya kontribusi positif bagi Girona musim ini. Lantas, mampukah mereka membawa Girona tetap kokoh di puncak klasemen LaLiga hingga akhir musim?

Baca Juga: 5 Pemain Girona dengan Harga Pasar Termahal pada 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya