4 Pemain Australia yang Menghiasi Premier League 2024/2025

Dua di antaranya bermain bagi Ipswich Town

Australia banyak mengirim pesepak bola mereka untuk bermain di kompetisi Eropa. Salah satu yang cukup sering menjadi pelabuhan para pemain Australia adalah English Premier League (EPL). Tak sedikit dari mereka yang mengecap kesuksesan, seperti Mark Schwarzer, Mark Viduka, hingga Harry Kewell. 

Terdapat empat pemain Australia yang merumput di EPL 2024/2025. Namun, mereka belum mendapat banyak kesempatan dalam tiga pertandingan awal musim. Berikut empat pemain Australia yang menghiasi EPL 2024/2025.

1. Joe Gauci menjadi pelapis Emiliano Martinez di Aston Villa

4 Pemain Australia yang Menghiasi Premier League 2024/2025Joe Gauci (avfc.co.uk)

Joe Gauci merupakan salah satu kiper yang dibawa Graham Arnold ketika Australia bertandang ke Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia zona AFC, Selasa (10/9/2024). Namun, Gauci saat itu tak dimainkan karena Arnold lebih memercayai Mathew Ryan di bawah mistar gawang. Gauci sendiri saat ini telah mengantoni empat caps bersama Socceroos.

Gauci bermain untuk Aston Villa sejak didatangkan dari Adelaide United pada Februari 2024. Namun, Gauci belum pernah sekali pun tampil di EPL. Performa solid dari Emiliano Martinez membuat Gauci sulit untuk menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Aston Villa.

2. Garang Kuol belum mendapat kesempatan turun bersama Newcastle United

4 Pemain Australia yang Menghiasi Premier League 2024/2025Garang Kuol (newcastleunited.com)

Garang Kuol mengawali karier sebagai pesepak bola bersama Central Coast Mariners. Ia kemudian ditawari kontrak oleh Newcastle United pada 2023. Usianya yang masih cukup muda membuat The Magpies meminjamkannya lebih dahulu kepada Heart of Midlothian dan Volendam. Kuol belum pernah diturunkan oleh Newcastle hingga pekan ketiga EPL 2024/2025.

Kuol yang saat ini berusia 19 tahun telah memainkan 5 pertandingan bersama Australia dengan koleksi 1 gol. Ia bahkan masuk skuad Socceroos di Piala Dunia 2022. Saat itu, Kuol tampil dari bangku cadangan ketika Australia bertemu Prancis pada fase grup dan Argentina pada babak 16 besar.

Baca Juga: 4 Pemain Uruguay di Tim Premier League 2024/2025

3. Cameron Burgess merupakan bek tengah milik Ipswich Town

4 Pemain Australia yang Menghiasi Premier League 2024/2025Cameron Burgess (itfc.co.uk)

Cameron Burgees menjadi salah satu tembok pertahanan Australia dalam pertandingan menghadapi Indonesia di kualifikasi Piala Dunia zona AFC. Duetnya dengan Harry Souttar benar-benar membuat para pemain Indonesia kesulitan. Alhasil, Indonesia tak mampu mencetak satu pun gol hingga pertandingan berakhir.

Solidnya penampilan Burgess tak lepas karena ia cukup lama bermain di Inggris. Ia sudah bermain di Inggris sejak 2014 bersama Fulham, tim di mana Burgees menimba ilmu sepak bola. Namun, karena kesulitan menembus tim utama, Burgess lebih sering dipinjamkan ke beberapa tim kasta bawah Liga Inggris.

Burgess baru merasakan atmosfer EPL pada 2024/2025 bersama Ipswich Town. Ia merupakan salah satu pemain yang setia bersama Ipswich Town sejak mereka bermain di League One. Meski begitu, Burgess belum sekali pun diturunkan hingga pekan ketiga EPL. Padahal, ia bermain sebanyak 40 kali bersama Ipswich Town pada 2023/2024.

4. Massimo Luongo sudah kenyang pengalaman di Liga Inggris

4 Pemain Australia yang Menghiasi Premier League 2024/2025Massimo Luongo (itfc.co.uk)

Massimo Luongo merupakan pemain Australia lainnya yang dimiliki Ipswich Town pada 2024/2025. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu sudah membela The Tracktor Boys sejak 2023 ketika masih bermain di League One. Ia menjadi satu-satunya pemain Australia yang sudah tampil di EPL 2024/2025 hingga pekan ketiga. Ia diturunkan ketika timnya takluk dari Liverpool dan Manchester City.

Pemain berusia 31 tahun itu memang sudah kenyang pengalaman di sepak bola Inggris. Ia pernah menimba ilmu di akademi Tottenham Hotspur. Ia kemudian naik ke tim senior pada 2011, tetapi tak mampu menembus skuad utama. Sejak saat itu, Luongo lebih sering menghabiskan kariernya di kasta yang lebih rendah, seperti Championship dan League One.

Luongo pernah mengantarkan Australia menjadi kampiun Piala Asia 2015. Ia mencetak satu gol ketika Australia menang 2-1 atas Korea Selatan pada partai final. Luongo juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen. Namun, ia tak akan lagi membela Socceroos karena telah menyatakan pensiun dari kancah internasional pada Desember 2023.

Empat pemain Australia di atas bermain di English Premier League 2024/2025. Namun, hanya Massimo Luongo yang sudah mencatatkan penampilan hingga pekan ketiga.

Baca Juga: 3 Transfer dari Ligue 1 ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya