3 Pemain Australia di Piala Asia 2019 yang Masih Dipanggil pada 2023

Semuanya pemain senior

Australia akan menjadi lawan Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023. Tim berjuluk The Socceroos tersebut jelas bukan lawan yang mudah untuk dihadapi. Pasalnya, Australia pernah menjadi juara pada 2015 dan merupakan langganan masuk Piala Dunia. Pada 2019, Australia harus puas terhenti pada babak perempat final setelah tunduk dari tuan rumah, Uni Emirat Arab.

Pelatih Australia, Graham Arnold, juga merupakan pelatih yang cukup berpengalaman. Ia sudah menjadi arsitek Australia sejak 2018 dan sudah tiga kali menukangi Australia di Piala Asia, termasuk pada 2019. Pada 2023, Arnold masih membawa tiga anak asuhnya yang tampil pada 2019. Pengalaman mereka dibutuhkan untuk membawa trofi Piala Asia kembali ke Australia.

1. Jackson Irvine mencetak gol kemenangan menghadapi Suriah

3 Pemain Australia di Piala Asia 2019 yang Masih Dipanggil pada 2023Jackson Irvine (twitter.com/jacksonirvine_)

Jackson Irvine merupakan pemain berusia 30 tahun yang berposisi sebagai gelandang. Saat ini Irvine bermain di kasta kedua Bundesliga Jerman bersama St Pauli. Sebelumnya, Irvine pernah membela beberapa tim di Liga Skotlandia dan Championship Inggris.

Meski cukup senior, Irvine masih dipercaya mengisi satu tempat di lini tengah Australia. Ia bahkan selalu tampil dalam tiga pertandingan fase grup menghadapi India, Suriah, dan Uzbekistan. Bahkan, Irvine mencetak gol kemenangan Australia ketika timnya menekuk Suriah.

Pengalaman Irvine menjadi salah satu alasan mengapa Arnold begitu memercayainya. Irvine sudah menjadi andalan Australia pada 2019. Ia juga dipanggil ketika Australia tampil di Piala Dunia 2018 dan 2022 yang juga diasuh Graham Arnold.

2. Azis Behich menjadi andalan di sektor bek kiri

3 Pemain Australia di Piala Asia 2019 yang Masih Dipanggil pada 2023Azis Behich (the-afc.com)

Azis Behich tak pernah dirotasi oleh Graham Arnold dalam tiga pertandingan fase grup Piala Asia 2023. Arnold begitu memercayai kemampuan Behich dalam mengawal sisi kiri Australia. Pengalamannya yang sudah membela Australia sejak 2012 membuatnya begitu tenang dalam berduel dengan pemain lawan.

Behich tak hanya masuk skuad pada 2019 dan 2023, ia juga merupakan penggawa Australia yang menjadi juara pada 2015. Meski pada saat itu, Behich hanya dimainkan dalam dua pertandingan fase grup. Behich kalah bersaing dengan bek kiri muda lainnya, Jason Davidson.

Behich baru mulai dipercaya mengisi posisi bek kiri pada 2019. Pemain Melbourne City tersebut juga selalu dimainkan ketika Australia tampil di Piala Dunia 2018 dan 2022. Bahkan, pada 2022, Behich berhasil meloloskan The Socceroos ke babak 16 besar sebelum dijegal sang juara, Argentina.

3. Mathew Ryan mengemban tanggung jawab sebagai kapten

3 Pemain Australia di Piala Asia 2019 yang Masih Dipanggil pada 2023Matt Ryan (the-afc.com)

Mathew Davis Ryan atau yang akrab disapa Matt Ryan merupakan penjaga gawang sekaligus kapten Australia. Ryan merupakan pemain senior karena sudah membela Australia sejak 2012. Sejak saat itu, pemain AZ Alkmaar tersebut sudah mengantongi 89 caps bersama Australia.

Sama seperti Behich, Ryan sudah masuk skuad Piala Asia sejak 2015 ketika Australia menjadi tuan rumah. Bahkan, ketika itu ia sudah menjadi penjaga gawang utama. Australia menjadi juara setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1.

Pada 2019, Ryan gagal membawa Australia mempertahankan gelar juara setelah kalah dari Uni Emirat Arab pada babak perempat final dengan skor tipis 0-1. Padahal, Ryan tampil apik dengan hanya kebobolan tiga gol. Ia juga merupakan pahlawan Australia dalam adu penalti menghadapi Uzbeksitan pada babak 16 besar.

Ketiga pemain di atas memiliki banyak pengalaman karena pernah memperkuat Australia pada Piala Asia 2019. Bahkan, Behich dan Ryan membawa Australia menjadi juara Piala Asia 2023. Tak heran Indonesia perlu mewaspadai ketiga pemain tersebut pada babak 16 besar nanti.

Baca Juga: Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar, Shin Tae Yong Penuhi Janjinya

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya