5 Pelatih yang Pernah Membawa Belanda ke Semifinal Euro

Ronald Koeman berpotensi cetak sejarah #EURO2024

Ronald Koeman berhasil membawa Belanda menembus semifinal Euro 2024. De Oranje meraih hasil apik tersebut usai membekuk Turki dengan skor 2-1. Selanjutnya, Belanda akan menantang Inggris demi memperebutkan satu tiket ke partai final.

De Oranje memiliki catatan yang tak terlalu baik ketika tampil pada semifinal. Dari lima penampilan sebelumnya, Belanda hanya sekali menembus partai final dan menjadi juara, yakni pada 1988 ketika dilatih Rinus Michels. Selebihnya, mereka dipaksa pulang lebih cepat oleh para lawannya.

Berikut lima pelatih yang pernah membawa Belanda menembus semifinal Euro.

1. George Knobel membawa Belanda debut di Euro pada 1976

5 Pelatih yang Pernah Membawa Belanda ke Semifinal EuroGeorge Knoble (paling kanan) (uefa.com)

George Knobel merupakan pelatih pertama yang membawa Belanda lolos ke putaran final Euro, tepatnya pada 1976. Euro 1976 juga merupakan satu-satunya turnamen besar yang dilakoni Knobel bersama Belanda. Ketika itu Belanda langsung tampil pada semifinal karena Euro 1976 hanya diikuti oleh empat tim. Selain Belanda, ketiga tim lainnya adalah Cekoslovakia, Jerman Barat, dan Yugoslavia.

Menghadapi Cekoslovakia, Belanda tertinggal lebih dahulu melalui aksi Anton Ondrus pada menit ke-19. Ondrus kembali mencetak gol pada menit ke-73, tetapi kali itu ke gawangnya sendiri yang membuat kedudukan kembali imbang 1-1. Pada perpanjangan waktu, Cekoslovakia berhasil menciptakan dua gol melalui Zdenek Nehoda dan Frantisek Vesely untuk membuat skor akhir menjadi 3-1, sekaligus mengubur impian Belanda tampil pada partai final. Beruntung, Belanda masih bisa pulang dengan sedikit tersenyum karena berhasil meraih peringkat ketiga dengan mengalahkan Yugoslavia. 

2. Rinus Michels merengkuh gelar juara pada 1988 dan semifinal pada 1992

5 Pelatih yang Pernah Membawa Belanda ke Semifinal EuroRinus Michels (uefa.com)

Rinus Michels merupakan pelatih legendaris yang pernah dimiliki Belanda. Michels merupakan pelatih yang membuat sepak bola Belanda dikenal dunia dengan berhasil menembus final Piala Dunia 1974. Sementara itu, ketika tampil di Euro, Michels berhasil membawa Belanda menjadi juara pada 1988 dan semifinalis pada 1992.

Pada 1988, Belanda yang memiliki generasi emas karena diisi banyak pemain hebat, macam Ronald Koeman, Frank Rijkaard, Ruud Gullit, hingga Marco van Basten tampil sebagai juara. Pada partai final, De Oranje berhasil menjinakkan Uni Soviet dengan skor 2-0 berkat gol dari Gullit dan Van Basten. Kemenangan itu juga membalaskan kekalahan Belanda atas Uni Soviet pada fase grup dengan skor 0-1.

Empat tahun berselang, Michels kembali ditunjuk untuk menukangi Belanda di Euro 1992. Sayang, keberhasilan menjadi juara gagal diulangi oleh Michels. Belanda terhenti pada semifinal usai takluk dari sang juara, Denmark, melalui drama adu penalti.

Baca Juga: 3 Pemain Belanda yang Mencetak 3 Gol dalam 2 Turnamen Mayor

3. Frank Rijkaard gagal membawa Belanda juara di kandang sendiri pada 2000

5 Pelatih yang Pernah Membawa Belanda ke Semifinal EuroFrank Rijkaard (twitter.com/EURO2024)

Belanda bersama dengan Belgia ditunjuk sebagai tuan rumah Euro 2000. Itu merupakan kali pertama Belanda berstatus sebagai tuan rumah Euro. Menariknya, Belanda menunjuk Frank Rijkaard sebagai pelatih yang ketika itu masih muda dan minim pengalaman. Bahkan, Belanda merupakan tim pertama yang ditangani Rijkaard sebagai pelatih.

Langkah Belanda awalnya berjalan mulus dengan menjadi pemuncak Grup D dan menumbangkan Yugoslavia dengan skor telak 6-1 pada perempat final. Sayang, langkah Belanda untuk menjadi juara di hadapan publik sendiri terhenti pada semifinal di tangan Italia. De Oranje takluk melalui drama adu penalti setelah sebelumnya kedua tim bermain imbang tanpa gol. 

Usai kegagalan tersebut, Rijkaard memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Belanda. Ia kemudian menerima tawaran dari Sparta Rotterdam sebelum akhirnya menukangi Barcelona. Bersama Blaugrana, Rijkaard cukup sukses dengan meraih 2 gelar juara LaLiga dan 1 Liga Champions.

4. Dick Advocaat tak mampu membawa Belanda ke final pada 2004

5 Pelatih yang Pernah Membawa Belanda ke Semifinal EuroDick Advocaat (uefa.com)

Dick Advocaat ditunjuk untuk menukangi Belanda di Euro 2004. Sayang, di bawah arahan Advocaat, De Oranje kembali terhenti pada semifinal. Ketika itu, Belanda harus mengakui keunggulan tuan rumah, Portugal, dengan skor tipis 1-2.

Selain Euro 2004, Advocaat tercatat menangani Belanda dalam dua periode lainnya. Periode pertama terjadi antara 1992--1994, di mana Advocaat membawa Belanda menembus perempat final Piala Dunia 1994. Kemudian Advocaat kembali ditunjuk untuk melatih Belanda pada 2017. Sayang, periode ketiganya berlangsung tragis karena De Oranje gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

5. Ronald Koeman bisa menjadi juara sebagai pemain dan pelatih

5 Pelatih yang Pernah Membawa Belanda ke Semifinal EuroRonald Koeman (uefa.com)

Ronald Koeman berpotensi membuat sejarah yang gagal diciptakan oleh Frank Rijkaard jika berhasil membawa Belanda menjuarai Euro 2024. Ia akan menjadi orang Belanda pertama yang menjadi juara sebagai pemain dan pelatih. Sebelumnya, Koeman merupakan bagian dari skuad Belanda di bawah arahan Rinus Michels yang sukses menjuarai Euro 1988.

Di bawah arahan Koeman, De Oranje tampil kurang meyakinkan pada fase grup. Mereka hanya menempati peringkat ketiga di bawah Austria dan Prancis. Namun, menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik justru menguntungkan Belanda pada fase gugur karena terhindar dari tim-tim kuat.

Pada 16 besar, Belanda dengan mudah menumbangkan Rumania dengan skor telak 3-0. Mereka kemudian menang atas Turki dengan skor 2-1, meski sempat tertinggal lebih dulu. Selanjutnya, Belanda akan menghadapi Inggris yang sebelumnya menekuk Swiss melalui drama adu penalti.

Rinus Michels masih menjadi satu-satunya pelatih yang mampu membawa Belanda menjadi juara Euro. Prestasi apik tersebut berpotensi diulang kembali oleh Ronald Koeman jika berhasil mengalahkan Inggris pada semifinal. Koeman juga akan menjadi orang Belanda pertama yang berhasil menjadi juara Euro sebagai pemain dan pelatih.

Baca Juga: Koeman: Pertandingan yang Emosional, Turki Sulitkan Belanda

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya