3 Mantan Kiper Arsenal yang Kini Menjadi Pilihan Utama Tim Lain

Dua di antaranya bermain di EPL

Penjaga gawang merupakan posisi dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi. Jika mampu tampil bagus, mereka akan diturunkan di setiap pertandingan. Sebaliknya, mereka akan menjadi penghangat bangku cadangan jika penampilan mereka dirasa kurang ataupun kalah bersaing dengan kiper utama.

Salah satu tim yang mempunyai beberapa kiper dengan kualitas bagus adalah Arsenal. The Gunners punya jajaran penjaga gawang jempolan, seperti David Seaman, Jens Lehmann, hingga Petr Cech. Hal itu membuat kiper pelapis mereka kesulitan mendapat menit bermain. Tak ingin karier mereka terhenti lebih cepat, beberapa memutuskan untuk hengkang ke klub lain hingga akhirnya mendapat peran sebagai kiper utama di klub barunya.

1. Wojciech Szczesny menjadi tembok kokoh di lini pertahanan Juventus

3 Mantan Kiper Arsenal yang Kini Menjadi Pilihan Utama Tim LainWojciech Szczensy (juventus.com)

Wojciech Szczesny merupakan penjaga gawang didikan akademi Arsenal yang mulai debut di tim utama pada 2009. Namun, penjaga gawang asal Polandia tersebut baru dipercaya oleh Arsene Wenger pada 2010/2011. Sejak saat itu, Szczesny tak pernah tergantikan di bawah mistar gawang Arsenal.

Posisi Szczesny mulai tidak nyaman ketika Arsenal mendatangkan kiper veteran dari Chelsea, Petr Cech pada 2015. Hal itu membuat Szczesny kemudian hengkang ke Serie A untuk bergabung bersama AS Roma. Dua musim bermain bagi AS Roma, Szczesny kemudian menerima pinangan Juventus.

Kedatangan Szczesny ke Turin sebagai pengganti sepadan Gianluigi Buffon yang mulai termakan usia. Bersama Si Nyonya Tua, Szczesny meraih 3 Scudetto serta 2 Coppa Italia. Szczesny juga masih dipercaya sebagai penjaga gawang utama Juventus pada musim 2023/2024 oleh Massimiliano Allegri.

Baca Juga: 4 Kiper di Atas 35 Tahun yang Jadi Kiper Utama Klub Liga Top Eropa

2. Lukasz Fabianski lebih sering dimainkan di Europa League bersama West Ham United

3 Mantan Kiper Arsenal yang Kini Menjadi Pilihan Utama Tim LainLukasz Fabianski (whufc.com)

Lukasz Fabianski merupakan penjaga gawang senior yang dimiliki West Ham United. Usia yang sudah memasuki 35 tahun membuat David Moyes saat ini lebih memercayai Alphonse Areola. Fabianski lebih sering dipasang ketika West Ham United bertanding di Piala FA maupun Europa League. Fabianski merupakan pilihan utama The Hammers dalam lima musim sebelumnya.

Cederanya Areola membuat Fabianski akhirnya dipasang di English Premier League ketika menghadapi Tottenham Hotspur dan Fulham. Fabianski berhasil meraih kemenangan ketika menghadapi Tottenham Hotspur dengan skor tipis 2-1. Sayang, ketika menghadapi Fulham, gawangnya diberondong sebanyak lima gol oleh tim lawan.

Sebelum bergabung dengan West Ham United, Fabianski juga pernah berseragam tim London lainnya, yakni Arsenal medio 2007--2014. Namun, Fabianski tak pernah mendapat kepercayaan penuh dari Arsene Wenger. Ia kalah bersaing dengan beberapa kiper lainnya, seperti Manuel Almunia dan Wojciech Szczesny. Hal itulah yang membuatnya hengkang ke Swansea City pada 2014 sebelum bergabung bersama West Ham United 4 musim berselang.

3. Emiliano Martinez membawa Aston Villa meramaikan papan atas EPL

3 Mantan Kiper Arsenal yang Kini Menjadi Pilihan Utama Tim LainEmiliano Martinez (avfc.co.uk)

Emiliano Martinez merupakan pahlawan Argentina ketika menjadi juara Piala Dunia 2022. Ia melakukan penyelamatan gemilang dari sepakan Randal Kolo Muani pada menit-menit akhir laga final. Martinez kemudian tampil heroik di babak adu penalti untuk membawa Argentina merengkuh gelar juara Piala Dunia.

Meski punya kualitas luar biasa, Martinez bisa dibilang sebagai penjaga gawang yang telat bersinar. Ia baru menunjukkan performa terbaiknya ketika berseragam Aston Villa. Martinez bahkan membawa tim berjuluk The Lions tersebut turut meramaikan papan atas pada musim 2023/2024. Ia juga membuat clean sheet ketika Aston Villa menang menghadapi tim kuat, seperti Manchester City dan Arsenal.

Bagi Martinez, kemenangan menghadapi Arsenal seperti membuktikan bahwa ia layak mendapat tempat utama. Martinez sempat menjadi penghangat bangku cadangan ketika berseragam The Gunners. Ia tak pernah benar-benar dipercaya dan lebih sering dipinjamkan ke berbagai tim. Total, Martinez hanya memainkan 15 pertandingan selama 9 musim berada di Emirates Stadium.

Ketiga penjaga gawang tersebut membuktikan kualitas mereka setelah meninggalkan Arsenal. Ketiganya bahkan tampil luar biasa bersama tim yang mereka bela saat ini.

Baca Juga: 5 Lawan Terakhir Arsenal di EPL pada Tahun 2023, Siap Menyulitkan!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya