6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga Inggris

Juergen Klopp bukan yang terbanyak

Liverpool berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris setelah mengalahkan Chelsea dengan skor tipis 1-0, Minggu (25/2/2024). Gol tunggal Virgil van Dijk pada perpanjangan waktu membawa Liverpool menjadi kampiun. Gelar juara ini juga merupakan yang pertama bagi Liverpool musim 2023/2024.

Kemenangan atas Chelsea semakin menasbihkan Liverpool sebagai penguasa Piala Liga Inggris. The Reds menjadi tim yang paling sering menjadi juara, yakni sebanyak sepuluh kali. Menariknya, dua gelar juara di antaranya berhasil dipersembahkan oleh Juergen Klopp.

Sebelum Klopp, ada lima manajer lain yang lebih dulu mempersembahkan gelar juara Piala Liga Inggris bagi Liverpool. Bahkan, ada yang memiliki jumlah trofi lebih banyak dari manajer asal Jerman tersebut. Berikut enam pelatih Liverpool yang pernah menjuarai Piala Liga Inggris.

1. Bob Paisley menjadi manajer Liverpool tersukses di Piala Liga Inggris

6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga InggrisBob Paisley (liverpoolfc.com)

Bob Paisley merupakan manajer Liverpool pertama yang menjuarai Piala Liga Inggris, tepatnya pada 1981. Pada saat itu, West Ham United menjadi lawan yang harus dihadapi Liverpool. The Reds menjadi kampiun setelah mengalahkan West Ham United dalam partai ulangan dengan skor 2-1. Pada pertandingan pertama, kedua tim bermain imbang 1-1.

Kegemilangan Paisley tak hanya berhenti sampai di situ saja. Ia kembali membawa Liverpool menjadi juara pada 1982 dan 1983 dengan mengalahkan Tottenham Hotspur dan Manchester United. Hasil itu membuat Liverpool menjadi tim pertama yang meraih hattrick juara Piala Liga Inggris. Paisley merupakan peraih gelar juara Piala Liga Inggris terbanyak bersama Liverpool dengan tiga gelar juara.

Baca Juga: Rekor Impresif Virgil van Dijk Usai Liverpool Juara Carabao Cup 2024

2. Joe Fagan sekali membawa Liverpool menjadi kampiun

6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga InggrisJoe Fagan (liverpoolfc.com)

Setelah Bob paisley meninggalkan kursi kepelatihan Liverpool pada 1983, Joe Fagan yang merupakan menjabat sebagai asisten kemudian ditunjuk sebagai manajer. Pada musim pertamanya, Fagan langsung membawa Liverpool mengangkat Piala Liga Inggris usai mengalahkan Everton pada partai final. Gelar juara itu merupakan yang keempat bagi Liverpool secara beruntun.

Kegemilangan Fagan pada musim pertamanya sebagai manajer tak hanya sampai di situ saja. Ia berhasil membawa Liverpool merengkuh gelar juara First Division dan Piala Champions. Karier Fagan sebagai manajer tak berlangsung lama karena pada 1985 ia memutuskan untuk pensiun.

3. Piala Liga Inggris menjadi satu-satunya trofi Roy Evans bersama Liverpool

6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga InggrisRoy Evans (liverpoolfc.com)

Karier Roy Evans sebagai manajer Liverpool bisa dibilang tak terlalu bergelimang trofi. Ia hanya sekali memberikan gelar juara bagi tim yang bermarkas di Anfield tersebut, yakni Piala Liga Inggris 1995. Kali itu, lawan yang mereka hadapi adalah tim kuda hitam, Bolton Wanderers.

Pada pertandingan tersebut, Steve McManaman tampil sebagai bintang kemenangan dengan lesakkan dua gol. Sementara itu, Bolton hanya mampu membalas sekali melalui sontekan Alan Thompson. Skor akhir 2-1 membuat Liverpool mengangkat trofi Piala Liga Inggris untuk kali kelima.

4. Gerard Houllier dua kali menjadi juara Piala Liga Inggris

6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga InggrisGerard Houllier (liverpoolfc.com)

Gerard Houllier memiliki momen tak terlupakan sebagai manajer Liverpool pada 2000/2001. Ketika itu, manajer asal Prancis tersebut mampu mempersembahkan treble winner dengan menjuarai Piala UEFA, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Pada final Piala Liga Inggris, Liverpool sukses mengalahkan Birmingham City melalui drama adu penalti setelah laga berakhir 1-1.

Houllier tak hanya sekali membawa Liverpool menjadi kampiun Piala Liga Inggris. Prestasi serupa berhasil ia torehkan pada 2003. Menghadapi Manchester United, Liverpool berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0. Kedua gol Liverpool masing-masing dicetak Steven Gerrard dan Michael Owen.

5. Sir Kenny Dalglish meraih gelar juara Piala Liga Inggris pada periode keduanya bersama Liverpool

6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga InggrisSir Kenny Dalglish (liverpoolfc.com)

Sir Kenny Dalglish merupakan legenda Liverpool, baik sebagai pemain maupun manajer. Pria asal Skotlandia tersebut tercatat menjadi manajer Liverpool dalam dua periode berbeda. Periode pertama Dalglish yang berlangsung pada 1985--1991 terbilang sukses karena mampu meraih 3 gelar juara First Divison dan 2 Piala FA.

Sementara itu, perode keduanya berlangsung cukup singkat, yakni pada 2011--2012. Meski terbilang singkat, Dalglish masih mampu membawa Liverpool meraih trofi Piala Liga Inggris. Pada partai final, Liverpool sempat mengalami kesulitan menghadapi Cardiff City yang merupakan kuda hitam.

Cardiff City mampu unggul terlebih dahulu melalui Joseph Mason sebelum disamakan Martin Skrtel. Pada perpanjangan waktu, The Reds yang mampu mencuri gol melalui sontekan Dirk Kuyt harus rela melakoni adu penalti setelah Ben Turner menyamakan kedudukan. Ketenangan Pepe Reina di bawah mistar membuat Liverpool keluar sebagai juara.

6. Juergen Klopp dua kali membawa Liverpool menjadi juara Piala Liga Inggris

6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga InggrisJuergen Klopp (liverpoolfc.com)

Liverpool berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris 2024 setelah mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0. Pertandingan final yang dihelat di Stadion Wembley tersebut sebenarnya bukan laga mudah bagi Liverpool. Badai cedera membuat banyak pemain inti tak bisa turun ke lapangan.

Klopp pun memasukkan banyak pemain muda, seperti Conor Bradley, Jayden Danns, Bobby Clark, hingga James McConnell. Meski bermain dengan pemain muda yang minim pengalaman, Liverpool berhasil keluar sebagai juara. Trofi Piala Liga Inggris ini menjadi kado spesial bagi Klopp yang akan meninggalkan Anfield pada akhir musim.

Di bawah asuhan Klopp, Liverpool sebelumnya juga pernah mengangkat trofi yang sama pada 2022. Sama seperti 2024, Chelsea menjadi lawan yang mereka hadapi pada partai final. Kala itu, Liverpool menang secara dramatis melalui drama adu penalti.

Juergen Klopp berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Liga Inggris untuk kali kedua bersama Liverpool. Torehan tersebut membuatnya menyamai prestasi Gerard Houllier dan hanya kalah dari Bob Paisley dalam hal jumlah trofi.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Kemenangan Liverpool di Piala Liga Inggris 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya