4 Kapten Tim Euro 2024 yang Bermain di Serie A Italia

Semuanya tergolong pemain senior #EURO2024

Intinya Sih...

  • 97 pemain Serie A Italia membela negaranya di Euro 2024
  • Empat kapten tim berstatus pemain senior, membawa pengalaman bagi timnya
  • Kuda hitam seperti Albania, Denmark, Austria, dan Turki dipimpin oleh kapten-kapten yang bermain di Serie A Italia

Terdapat 97 pemain Serie A Italia yang membela negaranya masing-masing pada Euro 2024. Dari sekian banyak nama, ada empat di antaranya dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai kapten tim. Mereka bertugas memimpin para rekannya untuk bisa melaju jauh di turnamen yang dihelat di Jerman tersebut.

Menariknya, keempat pemain tersebut semuanya berstatus pemain senior. Mereka memiliki segudang pengalaman yang bisa membantu para rekannya tampil lebih tenang ketika pertandingan. Berikut empat kapten tim Euro 2024 yang bermain di Serie A Italia.

1. Berat Djimsiti memimpin Albania di Euro 2024

4 Kapten Tim Euro 2024 yang Bermain di Serie A ItaliaBerat Djimsiti (fshf.org)

Berat Djimsiti tampil apik bersama Atalanta dengan menjadi juara Liga Europa 2023/2024. Sebagai salah satu pemain senior, Djimsiti dipercaya untuk memimpin Albania di Euro 2024. Bagi Albania, Euro 2024 merupakan penampilan kedua di putaran final setelah 2016. Ketika itu, langkah mereka terhenti pada fase grup.

Pada 2024, Albania tergabung di Grup B yang cukup berat bersama Kroasia, Spanyol, dan Italia. Pada partai pertama, Albania sempat mengejutkan Italia dengan mencetak gol cepat melalui Nedim Bajrami. Sayang, dua gol balasan dari Alessandro Bastoni dan Nicolo Barella membuat Albania takluk 1-2. Mereka harus meraih hasil bagus kontra Kroasia dan Spanyol jika ingin lolos dari fase grup.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Game HP Seru untuk Meriahkan Euro 2024

2. Simon Kjaer masih dipercaya sebagai kapten Denmark

4 Kapten Tim Euro 2024 yang Bermain di Serie A ItaliaSimon Kjaer (twitter.com/simonkjaer1989)

Simon Kjaer pertama kali dipercaya sebagai kapten Denmark pada 2016 menggantikan Daniel Agger yang pensiun dari kancah internasional. Euro 2024 merupakan kali keempat Kjaer memimpin Denmark di turnamen besar setelah Piala Dunia 2018 dan 2022 serta Euro 2020. Prestasi terbaik Kjaer bersama Denmark terjadi di Euro 2020 dengan menembus semifinal.

Pada 2024, Denmark tergabung bersama Inggris, Slovenia, dan Serbia di Grup C. Pada pertandingan pertama, Denmark harus puas berbagi angka dengan Slovenia setelah gol Christian Eriksen berhasil dibalas Erik Janza. Pada laga berikutnya, Denmark sudah ditunggu Inggris dan Serbia.

3. Marko Arnautovic merupakan kapten dan pemain paling senior Austria

4 Kapten Tim Euro 2024 yang Bermain di Serie A ItaliaMarko Arnautovic (stokecityfc.com)

Euro 2024 merupakan keikutsertaan keempat Austria di turnamen antar negara-negara Eropa tersebut. Dari tiga edisi sebelumnya, langkah terbaik Austria terjadi pada 2020 dengan menembus babak 16 besar. Sementara itu, pada 2008 dan 2016, Austria terhenti pada fase grup.

Pada 2024, Austria dipimpin oleh Marko Arnautovic yang saat ini berseragam Inter Milan. Ia merupakan pemain paling senior di tim dengan koleksi 112 caps dan 38 gol. Pada pertandingan pertama menghadapi Prancis, Arnautovic baru dimasukkan pada menit ke-59 ketika Austria tertinggal 0-1. Sayang, masuknya Arnautovic tak bisa membuat Austria menyamakan kedudukan. Selanjutnya, Austria harus mendapat hasil apik menghadapi Polandia dan Belanda jika ingin lolos ke fase gugur. 

4. Hakan Calhanoglu menjadi kapten sekaligus motor serangan Turki

4 Kapten Tim Euro 2024 yang Bermain di Serie A ItaliaHakan Calhanoglu (twitter.com/MilliTakimlar)

Turki merupakan salah satu kuda hitam yang patut diperhitungkan di Euro 2024. Di bawah arahan Vincenzo Montella, Turki diperkuat beberapa pemain yang merumput di tim besar Eropa, macam Kenan Yildiz yang membela Juventus, Salih Ozcan bersama Borussia Dortmund, Arda Guler yang berseragam Real Madrid, hingga Hakan Calhanoglu yang menjadi andalan Inter Milan. Nama terakhir dipercaya sebagai kapten sekaligus motor serangan Turki.

Termasuk 2024, Turki sudah enam kali lolos ke putaran final Euro. Prestasi terbaik mereka terjadi pada 2008 ketika berhasil menembus semifinal. Turki tentu ingin mengulang kejutan tersebut pada 2024. Namun, mereka harus lebih dulu melewati Portugal, Georgia, dan Repbulik Ceko pada fase grup.

Keempat pemain Serie A yang menjabat kapten tersebut membela tim kuda hitam di Euro 2024. Menarik menyaksikan sejauh mana langkah mereka di turnamen yang dihelat di Jerman kali ini.

Baca Juga: 5 Jenis Transportasi Umum di Jerman untuk Nonton Euro 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya