Daftar Peraih Gelar Individu Piala Dunia Perempuan 2023

Spanyol mengukir sejarah baru

Spanyol berhasil menjadi juara Piala Dunia Perempuan 2023 usai mengalahkan Inggris dengan skor tipis 1-0 pada Minggu (20/8/2023). Dengan hasil ini, Spanyol untuk pertama kalinya dalam sejarah menjuarai Piala Dunia Perempuan. Mereka mengikuti jejak Jerman yang mampu menjadi juara Piala Dunia, baik di kategori laki-laki maupun perempuan.

FIFA juga memberikan penghargaan individu kepada beberapa pemain dengan penampilan terbaik sepanjang turnamen. Sebagai juara dunia, Spanyol menjadi yang terbanyak dalam torehan gelar individu ini. Penasaran siapa saja peraih gelar individu Piala Dunia Perempuan 2023? Berikut daftarnya!

1. Salma Paralluelo menjadi pemain muda terbaik turnamen

Daftar Peraih Gelar Individu Piala Dunia Perempuan 2023Salma Paralluelo (fifa.com)

Salma Paralluelo dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia Perempuan 2023. Penampilan pemain berusia 19 tahun tersebut memang memukau sepanjang pertandingan. Ia menyumbang dua gol bagi Timnas Perempuan Spanyol.

Salah satunya merupakan gol kemenangan Spanyol ketika menghadapi Swedia pada babak semifinal. Satu gol lainnya ia buat pada babak perempat final ketika menghadapi Belanda. Gelar ini makin melengkapi trofi Paralluelo yang sebelumnya mengantar Spanyol menjuarai Piala Dunia Perempuan U-17 dan U-20.

2. Penampilan solid Mary Earps membuatnya dianugerahi Golden Glove

Daftar Peraih Gelar Individu Piala Dunia Perempuan 2023Mary Earps bertepuk tangan di lapangan. (twitter.com/FIFAWWC)

Lolosnya Inggris ke babak final tak lepas dari penampilan gemilang kiper mereka, Mary Earps. Penjaga gawang berusia 30 tahun tersebut tampil solid dengan hanya kebobolan empat gol sepanjang turnamen. Tak heran ia kemudian dinobatkan sebagai peraih gelar Golden Glove.

Salah satu penampilan terbaiknya terjadi pada babak final ketika mengeblok tendangan penalti Jennifer Hermoso. Sayang, Earps gagal mencegah Olga Carmona membobol gawangnya pada babak pertama. Hal itu membuat Inggris gagal meraih gelar juara Piala Dunia Perempuan 2023.

Baca Juga: Pemerintah Spanyol Kutuk Aksi Presiden RFEF di Piala Dunia Wanita 2023

3. Hinata Miyazawa tampil tajam untuk menjadi top skor turnamen

Daftar Peraih Gelar Individu Piala Dunia Perempuan 2023Hinata Miyazawa (twitter.com/FIFAWWC)

Hinata Miyazawa berhasil meraih gelar Golden Boot setelah mencetak lima gol sepanjang turnamen. Penyerang berusia 23 tahun tersebut mencetak brace ke gawang Zambia dan Spanyol pada fase grup. Satu gol lainnya ia buat ke gawang Norwegia pada babak 16 besar.

Sayang, Jepang gagal menjadi juara usai ditekuk Swedia pada babak perempat final. Gelar Silver Boot diraih pemain Prancis, Kadidiatou Diani, dengan torehan empat gol. Sementara itu, dengan jumlah gol yang sama, Alexandra Popp dari Jerman membawa pulang Bronze Boot.

4. Aitana Bonmati meraih Golden Ball

Daftar Peraih Gelar Individu Piala Dunia Perempuan 2023Aitana Bonmati (fifa.com)

Aitana Bonmati menjadi bintang Spanyol dalam meraih gelar juara Piala Dunia Perempuan 2023. Pemain berusia 25 tahun tersebut tampil apik dengan mencetak 3 gol dan 2 assist sepanjang turnamen. Bonmati juga selalu tampil dari menit pertama dalam tujuh pertandingan Spanyol.

Tak heran FIFA menobatkannya menjadi pemain terbaik Piala Dunia Perempuan 2023. Rekan setim Bonmati, Jennifer Hermoso, melengkapi prestasi Spanyol dengan meraih Silver Ball. Sementara itu, Amanda Illestedt membawa pulang Bronze Ball usai membawa Swedia menjadi tim peringkat tiga.

5. Timnas Jepang mendapat Fair Play Award

Daftar Peraih Gelar Individu Piala Dunia Perempuan 2023Timnas Perempuan Jepang pada Piala Dunia Perempuan 2023. (twitter.com/FIFAWWC)

Satu gelar lain yang diberikan FIFA pada Piala Dunia Perempuan 2023 adalah Fair Play Award. Gelar ini diberikan kepada tim dengan permainan paling adil dan sportif sepanjang turnamen. Untuk Piala Dunia Perempuan 2023, gelar tersebut jatuh kepada Timnas Perempuan Jepang.

Sayang, mereka gagal melangkah lebih jauh usai ditekuk Swedia pada babak perempat final. Padahal, Jepang sempat membantai sang juara dunia, Spanyol, dengan skor telak 4-0 pada babak grup. Mereka juga menjadi salah satu tim paling atraktif sepanjang turnamen.

Timnas Perempuan Spanyol sukses memborong dua gelar individu untuk melengkapi trofi juara dunia mereka. Semua pemain tersebut layak mendapat gelar individu berkat penampilan menawan sepanjang turnamen yang dihelat di Selandia Baru itu.

Baca Juga: Kisah Pilu Kapten Spanyol, Tahu Ayah Wafat Usai Piala Dunia Wanita

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya