6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester United

Banyak yang sukses

Intinya Sih...

  • Manchester United sukses mendatangkan bek muda Leny Yoro dari LOSC Lille, mengalahkan Liverpool, PSG, dan Real Madrid.
  • Sejarah bek tengah asal Prancis di Manchester United mencakup William Prunier, Mikael Silvestre, Laurent Blanc, dan Raphael Varane.
  • Willy Kambwala dilepas ke Villarreal musim panas 2024 setelah kurang mendapat kesempatan bermain di tim senior.

Manchester United terlihat cukup sibuk pada bursa transfer musim panas 2024. Setelah mendatangkan Joshua Zirkzee, The Red Devils juga telah merampungkan pembelian Leny Yoro dari tim Ligue 1 Prancis, LOSC Lille. Manchester United berhasil memenangi perburuan dengan Liverpool, Paris Saint-Germain, dan Real Madrid untuk mendatangkan bek berusia 18 tahun tersebut.

Manchester United memang tak asing dengan bek tengah asal Prancis. Musim lalu, mereka memiliki Raphael Varane dan Willy Kambwala. Namun, kedua pemain tersebut telah dilepas pada musim panas 2024 ini. Berikut enam bek tengah asal Prancis yang pernah berseragam Manchester United

1. William Prunier terbilang gagal di Manchester United

6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester UnitedWilliam Prunier (manutd.com)

William Prunier merupakan bek tengah asal Prancis pertama yang bermain untuk Manchester United. Ia juga menjadi pemain asal Prancis kedua yang didatangkan The Red Devils setelah Eric Cantona. Namun, performa Prunier selama berseragam Manchester United jauh dari kata memuaskan.

Prunier didatangkan dari Bordeaux dengan status pinjaman pada 1995. Selama semusim bermain di Old Trafford, Prunier hanya dua kali diturunkan di English Premier League (EPL). Pada akhir musim, Manchester United memilih untuk tak mempermanenkan Prunier.

2. Mikael Silvestre cukup lama bermain di Old Trafford

6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester UnitedMikael Silvestre (kiri) dan Wayne Rooney (twitter.com/IamMSilvestre)

Mikael Silvestre datang ke Manchester United dari Inter Milan pada 1999. Tak hanya bisa bermain sebagai bek tengah, Silvestre juga tak jarang ditempatkan sebagai bek kiri. Hal itulah yang membuat Sir Alex Ferguson menyukai pemain berkepala plontos tersebut.

Silvestre sempat dihantui cedera pada dua musim terakhirnya bersama Manchester United. Ia juga mulai kalah bersaing dengan Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand di pos bek tengah. Sementara itu, Silvestre tak lagi jadi pilihan di sektor bek kiri setelah kedatangan Patrice Evra. Silvestre kemudian meninggalkan Manchester United pada 2008 menuju Arsenal.

3. Manchester United menjadi pelabuhan terakhir Laurent Blanc

6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester UnitedLaurent Blanc (manutd.com)

Sebelum bergabung dengan Manchester United, Laurent Blanc merupakan bek tengah andalan Timnas Prancis. Ia membukukan 97 caps dengan koleksi 16 gol. Blanc juga merupakan bagian skuad Prancis yang menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.

Laurent Blanc telah berusia 35 tahun ketika datang ke Manchester United pada 2001. Ia diplot untuk menggantikan posisi Jaap Stam yang hengkang ke Lazio. Pada 2003, Blanc memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga: Raphael Varane Sepakat Gabung Klub Serie A Milik Konglomerat Indonesia

4. Raphael Varane dibeli dari Real Madrid

6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester UnitedRaphael Varane (manutd.com)

Raphael Varane merupakan bek tengah yang cukup solid selama membela Real Madrid. Hal itulah yang membuat Manchester United tak ragu untuk membelinya pada 2021. Di posisi bek tengah, Varane kerap dipasang untuk berduet dengan Harry Maguire atau Lisandro Martinez.

Sayang, karier Varane selama di Old Trafford cukup sering diganggu oleh cedera. Hal itulah yang membuatnya tak pernah bisa tampil penuh dalam semusim. Meski begitu, ia turut membantu Manchester United meraih trofi Piala Liga Inggris dan Piala FA. Pada musim panas 2024, Varane memutuskan untuk berpisah dengan The Red Devils.

5. Willy Kambwala tak terlalu banyak diberi menit bermain

6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester UnitedWilly Kambwala (manutd.com)

Willy Kambwala merupakan pemain didikan akademi Manchester United. Badai cedera yang menerpa Manchester United membuatnya diberi debut ke tim senior oleh Erik ten Hag pada 2023. Sayang, delapan penampilan yang dibuat Kambwala sepertinya tak menarik hati Ten Hag.

Pemain asal Republik Demokratik Kongo tersebut kembali menjadi cadangan ketika para bek utama telah pulih dari cedera. Ia akhirnya dilepas ke Villarreal pada bursa transfer musim panas 2024. Bersama The Yellow Submarine, Kambwala sepertinya bisa mendapat menit bermain lebih banyak.

6. Leny Yoro dibeli untuk memperkokoh lini pertahanan

6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester UnitedLeny Yoro (manutd.com)

Leny Yoro menjadi salah satu bek tengah yang banyak diperebutkan tim-tim top Eropa. Sebut saja Liverpool, Paris Saint-Germain, hingga Real Madrid mengajukan tawaran kepada pemain milik LOSC Lille tersebut. Namun, Yoro akhirnya memilih untuk menerima pinangan dari Manchester United.

Meski masih berusian 18 tahun, Yoro sudah menjadi andalan Lille di posisi bek tengah. Pada 2023/2024, ia total memainkan 32 pertandingan dengan koleksi 2 gol di Ligue 1 Prancis. Yoro bisa menjadi pengganti yang tepat setelah Manchester United ditinggal Raphael Varane.

Manchester United memiliki rekam jejak yang cukup apik ketika mendatangkan bek tengah asal Prancis. Lantas, mampukah Leny Yoro menjawab ekspektasi besar dari para penggemar Manchester United musim depan? Menarik untuk disaksikan!

Baca Juga: Dukungan Eks MU untuk Leny Yoro: Tunjukkan Kemampuanmu!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya