5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang ke Klub Non-Eropa

Sergio Busquets bakal reuni dengan Lionel Messi di MLS

Liga-liga Eropa dianggap sebagai kiblat sepak bola dunia. Mereka tidak hanya melahirkan banyak pemain berkelas bintang, tetapi juga bergelimang harta dan popularitas. Namun, liga-liga di luar Eropa kini mulai bergeliat, seperti MLS dan Saudi Pro League.

Mereka tidak segan menggelontorkan dana besar untuk menggoda pemain asal Eropa gabung ke klub mereka. Salah satu klub yang tidak asing melepas pemainnya ke liga non-Eropa adalah Barcelona. Dalam beberapa tahun terakhir, lima pemain Barcelona memutuskan petualangan baru di sana. Siapa saja mereka?

1. Sergio Busquets

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang ke Klub Non-EropaSergio Busquets (fcbarcelona.com)

Sergio Busquets adalah salah satu lulusan terbaik La Masia. Dia telah merasakan semua gelar di level klub selama 15 musim berkostum Barcelona. Namun, masa pengabdiannya harus berakhir pada musim panas 2023.

Sempat digoda klub Arab Saudi dengan gaji berlimpah, gelandang 34 tahun ini lebih memilih gabung Inter Miami di MLS dengan status free transfer.  Dia dilaporkan dikontrak dengan durasi 2,5 tahun. Di klub milik David Beckham tersebut, Busquets bakal bereuni dengan mantan rekannya di Barcelona, Lionel Messi.

2. Miralem Pjanic

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang ke Klub Non-EropaMiralem Pjanic (instagram./miralem_pjanic)

Transfer Miralem Pjanic ke Barcelona menjadi salah satu kisah transfer yang cukup aneh. Blaugrana menukar pemain 30 tahun tersebut dengan melepas pemain muda potensial kala itu Arthur Melo ke Juventus. Jika diuangkan transfer ini bernilai 60 juta euro atau Rp987 milyar. Meski didatangkan dengan harga selangit, sang pemain justru lebih sering dibangku cadangkan.

Pjanic hanya memainkan 30 laga tanpa mencetak satu pun gol dan assist. Dia sempat dipinjamkan ke Beskitas pada 2021. Namun, kariernya tak kunjung membarik. Pjanic dan Barcelona pun sepakat untuk putus kontrak pada musim panas 2022 dan dirinya hijrah ke klub Uni Emirat Arab Sharjah FC secara gratis. Dia sudah memainkan 27 laga dengan torehan 5 gol dan 5 assist untuk klub barunya tersebut.

Baca Juga: Dani Alves Sudah Dibui 6 Bulan, Menyesal dan Minta Maaf ke Istri 

3. Dani Alves

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang ke Klub Non-EropaDani Alves (instagram/danialves)

Dani Alves adalah bagian dari masa keemasan Barcelona pada kurun waktu 2008-2016. Dia telah meraih semua trofi di level klub. Sempat pindah ke Juventus, Paris Saint-Germain, dan Sao Paolo, sang pemain pulang ke Barcelona pada November 2021 atas permintaan Xavi. Dia memainkan 17 laga dengan catatan 1 gol dan 4 assist. 

Setelah kontraknya yang hanya 6 bulan selesai, Dani Alves hijrah ke klub Meksiko, UNAM Pumas. Sempat memainkan 13 laga, karier sang pemain berakhir tragis. Bek asal Brasil itu dipecat setelah tersandung kasus pelecehan seksual yang membuat dirinya mendekam di balik jeruji penjara.

4. Thomas Vermaelen

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang ke Klub Non-EropaThomas Vermaelen (instagram/thomasvermaelen)

Thomas Vermaelen dianggap sebagai salah satu transfer gagal Barcelona. Dia ditebus dari Arsenal dengan harga 19 juta euro atau Rp312 miliar pada 2014. Sayang, bek asal Belgia justru lebih banyak menghabiskan waktu di ruang perawatan. Selama lima musim di Camp Nou, dia hanya memainkan 53 laga.

Sempat dipinjamkan ke AS Roma pada 2016, dia meninggalkan Barcelona pada 2019 dengan status free agent. Eks pemain Ajax ini hijrah ke Jepang untuk gabung Vissel Kobe. Di sana, dia bereuni dengan mantan rekannya di Barcelona, Andres Iniesta. Karier Vermaelen tak kunjung membaik karena faktor cedera bawaan. Dia hanya memainkan 57sebelum memutuskan gantung sepatu pada Januari 2022.

5. Paulinho

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang ke Klub Non-EropaPaulinho (the-afc.com)

Tak seperti pemain lainnya, Paulinho bermain di luar Eropa di usia prima. Dia hijrah ke Liga Super China dari Tottenham Hotspur saat berusia 27 tahun. Dia sukses membawa Guangzhou Evergrande menjuarai AFC Champions League dan Liga Super China pada musim perdananya itu.

Tampil apik selama 2 musim di sana, dia diboyong Barcelona pada 2017 dengan harga 40 juta euro atau Rp656 milliar. Dia jadi andalan Ernesto Valverde di lini tengah Blaugrana. Dia memainkan 49 laga dengan torehan 9 gol dan 3 assist. Tak hanya  itu, dia juga persembahkan gelar LaLiga dan Coppa del Rey pada musim perdananya itu.

Namun, dia hanya bertahan semusim. Guanzhou Evergrande memulangkannya pada 2018 dengan status pinjaman sebelum dipermanenkan di akhir musim dengan total biaya. 47 juta euro atau Rp771 miliar. Sejak itu sang pemain kembali persembahkan dua gelar Liga Super China sebelum hijrah ke Al Ahli pada 2021 dan saat ini membela Corinthians di Liga Brasil.

 

Sepanjang berkostum Barcelona, para pemain di atas telah merasakan berbagai gelar elite di level klub. Hijrah ke liga-liga di luar Eropa menjadi pilihan penutup karier mereka. Dengan begitu, mereka tidak hanya merasakan petualangan baru, tetapi juga bisa memberikan dampak signifikan lewat pengalaman panjang mereka bermain di Eropa.

Baca Juga: 5 Transfer Mengejutkan yang Pernah Dilakukan Barcelona, Ada Paulinho!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya