Deretan Kekalahan Pep Guardiola dalam Pertandingan Final

Yang terbaru dikalahkan oleh Manchester United

Saat ini Pep Guardiola bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia. Sebagai seorang pelatih, Pep Guardiola telah melatih tiga klub besar, yaitu Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City. Pep telah memenangkan 33 trofi selama berkarier sejauh ini.

Di balik kesuksesan tersebut, Pep Guardiola juga memiliki catatan negatif saat melatih. Pep beberapa kali mengalami kekalahan dalam pertandingan final di seluruh kompetisi. Berikut ini lima kekalahan Pep Guardiola di pertandingan final sebagai pelatih sepanjang kariernya. 

1. Pep Guardiola Kalah dari Real Madrid pada pertandingan final Copa del Rey

Deretan Kekalahan Pep Guardiola dalam Pertandingan FinalPep Guardiola (twitter.com/FCBarcelona)

Pada musim 2008/2009, Pep Guardiola ditunjuk menjadi pelatih utama Barcelona menggantikan Frank Rijkaard. Satu tahun setelah menjabat sebagai pelatih, Pep langsung membawa Barcelona meraih sextuple atau meraih enam trofi bergengsi dalam satu musim. Selain itu, Barcelona selalu meraih gelar juara LaLiga selama tiga kali berturut-turut semenjak Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola.

Pada musim 2010/2011, Pep Guardiola berhasil meraih gelar LaLiga dan Liga Champions Eropa. Sayangnya, kesuksesan tersebut harus dinodai dengan kekalahan di final Copa del Rey. Barcelona harus mengakui kemenangan Real Madrid sekaligus memupus harapan Barcelona meraih treble winner. Hal tersebut menjadi kekalahan pertama Pep Guardiola di partai final.

2. Piala Super Jerman menjadi panggung yang menakutkan bagi Pep Guardiola

Deretan Kekalahan Pep Guardiola dalam Pertandingan FinalPep Guardiola (twitter.com/FCBayern)

Pada 2013, Pep Guardiola memutuskan untuk hengkang dari Barcelona dan bergabung dengan Bayern Munchen. Saat musim debutnya bersama The Bavarian, Pep langsung mengalami kekalahan di laga final Piala Super Jerman dengan skor 3-2 untuk kemenangan Borussia Dortmund. Setahun kemudian, Pep kembali bertemu Borussia Dortmund di partai final Piala Super Jerman. Namun, hasilnya Dortmund lagi-lagi menjadi penjegal langkah Bayern dengan memenangkan laga tersebut dengan skor 2-0 di Signal Iduna Park.

Pada tahun 2015, Pep kembali menelan kekalahan di panggung Piala Super Jerman. Pada laga final tersebut, The Bavarians menelan kekalahan usai drama adu penalti saat berhadapan dengan Wolfsburg di Volkswagen Arena. Namun, di balik tiga kegagalan Pep di partai final tersebut, Pep telah mempersembahkan tujuh trofi hanya dalam tiga tahun di Bayern Munchen.

3. Pep menelan kekalahan tiga kali berturut-turut pada final Community Shield edisi yang berbeda

Deretan Kekalahan Pep Guardiola dalam Pertandingan FinalPep Guardiola (twitter.com/EmiratesFACup)

Di bawah asuhan Pep Guardiola, Manchester City tumbuh menjadi klub besar di Inggris, bahkan Eropa. Sejak 2016, Manchester City telah menambah 15 trofi bersama Pep Guardiola. Namun, Pep juga memiliki catatan negatif di partai final saat menukangi The Citizens.

Pada 2021, Pep Guardiola berhasil membawa Manchester City hingga ke partai final Liga Champions Eropa. Hal tersebut berpeluang untuk menjadi trofi UCL pertama bagi City. Sayangnya, Chelsea memupuskan harapan tersebut setelah mengalahkan mereka dengan skor 1-0. Selain itu, Pep juga mengalami kekalahan pada tiga laga final Community Shield yang berbeda.

Kekalahan pertama, Manchester City harus mengakui keunggulan dari Leicester City pada final 2021. Setahun berikutnya, City kandas oleh Liverpool dengan skor 3-1. Satu tahun berikutnya, City kembali harus menelan kekalahan dari Arsenal melalui babak adu penalti. Baru-baru ini, Manchester City pun ditaklukkan oleh rival sekotanya, Manchester United, pada babak final FA Cup 2024 dengan skor 2-1.

Meskipun Pep Guardiola telah meraih banyak kesuksesan dan trofi di sepanjang karier kepelatihannya, ia juga menghadapi berbagai tantangan dan kekalahan di laga-laga final. Kekalahan-kekalahan ini menjadi bagian dalam perjalanan kariernya yang penuh warna. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahkan pelatih terbaik pun harus menghadapi kegagalan.

Baca Juga: 4 Calon Pengganti Pep Guardiola di Manchester City

Firmansyah 19cahyo Photo Verified Writer Firmansyah 19cahyo

Bacaan adalah tuntunan dalam kehidupan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya