3 Transfer Pemain Termahal di Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Harganya mencapai Rp1 triliun

Klub-klub liga top Eropa memanfaatkan bursa transfer musim panas 2024 dengan melakukan evaluasi kinerja para pemainnya selama 1 musim terakhir. Mereka kerap melepas pemain yang dinilai kurang maksimal dan menggantinya dengan pemain baru.

Untuk mampu tampil lebih baik dan meraih trofi pada musim berikutnya, beberapa klub bahkan rela mengeluarkan dana besar untuk merekrut pemain baru. Tiga pemain berikut berada dalam daftar pemain dengan nilai transfer termahal pada musim panas 2024. Dana besar yang dikeluarkan untuk mendapatkan mereka tentu tak terlepas dari performa impresif bersama klub lamanya.

Berikut tiga pemain dengan nilai transfer termahal di liga top Eropa pada musim panas 2024.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Dijual LOSC Lille sebelum Leny Yoro

3. Leny Yoro ditebus Manchester United dari Lille seharga Rp1,06 triliun

3 Transfer Pemain Termahal di Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Leny Yoro (instagram.com/lenyyoro)

Leny Yoro menjadi satu-satunya pemain U-20 dalam daftar ini. Pemain berusia 18 tahun itu ditebus Manchester United dari LOSC Lille seharga 62 juta euro atau Rp1,06 triliun. Oleh Setan Merah, pemain berpaspor Prancis itu juga diikat kontrak berdurasi 5 musim dengan opsi perpanjangan selama 1 tahun.

Ketertarikan Manchester United untuk memboyong Yoro tak terlepas dari performa apiknya di Lille. Meski masih sangat muda, ia telah menjadi pemain penting di jantung pertahanan Les Dogues pada 2023/2024. Dari 44 laga di berbagai ajang sepanjang musim lalu, ia juga mengemas 3 gol.

Sayangnya, debut Yoro untuk Setan Merah harus tertunda. Sebab, ia menderita cedera saat Manchester United bertemu Arsenal pada laga pramusim. Pemain kelahiran Saint-Maurice itu diperkirakan akan kembali merumput pada akhir Oktober.

2. Dominic Solanke dibeli Tottenham seharga Rp1,09 triliun untuk menjadi mesin gol

3 Transfer Pemain Termahal di Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Dominic Solanke (instagram.com/solanke)

Dominic Solanke mampu membuktikan diri sebagai salah satu bomber tajam pada 2023/2024. Meski hanya bermain untuk tim sekelas Bournemouth, ia berhasil mengemas 21 gol di berbagai ajang. Ia bahkan sempat mencetak hattrick saat membawa Bournemouth menang tipis 3-2 atas Nottingham Forest pada pekan ke-18 English Premier League.

Tottenham Hotspur yang mencari striker tajam seiring dengan kepergian Harry Kane akhirnya berhasil memboyong Solanke. Oleh The Lilywhites, ia ditebus seharga 64,3 juta euro atau Rp1,09 triliun. Sang pemain dan Tottenham juga sepakat untuk menandatangani kontrak berdurasi jangka panjang hingga 2030 mendatang.

Solanke memulai kiprahnya bersama Tottenham dengan kurang maksimal. Setelah sempat tampil selama 90 menit saat tandang ke markas Leicester City pada pekan pertama EPL, ia harus absen pada dua laga berikutnya karena cedera. Meski begitu, striker yang mengoleksi satu caps untuk Timnas Inggris tersebut diperkirakan akan kembali mampu bermain setelah jeda internasional.

1. Julián Alvarez meninggalkan Manchester City setelah ditebus Atletico Madrid seharga Rp1,2 triliun

3 Transfer Pemain Termahal di Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Julián Alvarez (instagram.com/juliaanalvarez)

Julián Alvarez berada di urutan teratas dalam daftar ini. Bomber berusia 24 tahun itu memilih untuk meninggalkan Manchester City dan bergabung dengan Atletico Madrid. Oleh Los Rojiblancos, ia ditebus dengan dana sebesar 75 juta euro atau Rp1,2 triliun dan diikat kontrak berdurasi 6 musim.

Pemain kelahiran Calchín itu angkat kaki dari Etihad Stadium setelah berhasil meraih sederet trofi bergengsi. Dari 7 trofi yang berhasil ia persembahkan untuk The Citizens, salah satunya ialah trofi Liga Champions Eropa 2022/2023. Selama 2 musim merumput di EPL, dirinya berhasil mengemas 20 gol dan 10 assist dari 67 penampilan. 

Alvarez  tak mampu menunjukkan ketajamannya dalam empat laga awal bersama Atletico Madrid. Ia tak mampu mencetak satu gol pun meski selalu diberi menit bermain hingga pekan keempat LaLiga Spanyol 2024/2025. Pemain yang membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 itu tampaknya butuh waktu lebih untuk beradaptasi.

Ketiga pemain di atas belum mampu memberi kontribusi maksimal untuk klub barunya. Padahal, klub-klub tersebut tentu berharap mereka mampu memberikan pengaruh instan terhadap performa tim. Dana besar yang telah digelontorkan Manchester United, Atletico Madrid, dan Tottenham Hotspur harus segera dibayar dengan performa apik di atas lapangan.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Manchester City, Julian Alvarez Pecahkan Rekor!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya