3 Rekrutan Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya dari Premier League

Pergerakan klub-klub Saudi Pro League pada bursa transfer mencuri perhatian dalam beberapa musim terakhir. Dengan dana besar yang dimiliki, mereka mampu merekrut pemain-pemain berlabel bintang. Hasilnya, kini banyak mantan pemain liga top Eropa yang menghiasi kasta teratas sepak bola Arab Saudi.

Saudi Pro League kembali kedatangan pemain top pada musim panas 2024. Beberapa di antaranya ditebus dengan dana besar dari klub lamanya hingga masuk daftar rekrutan termahal Saudi Pro League pada musim panas 2024.

Berikut tiga rekrutan termahal klub Saudi Pro League pada musim panas 2024.

1. Moussa Diaby ditebus seharga Rp1,02 triliun untuk mengangkat prestasi Al-Ittihad

3 Rekrutan Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Moussa Diaby (instagram.com/moussadiabyofficial)

Moussa Diaby menjadi pemain termahal yang direkrut klub Saudi Pro League pada musim panas 2024. Klub dengan koleksi sembilan trofi liga, Al-Ittihad, memboyongnya dari Aston Villa dengan dana sebesar 60 juta euro atau Rp1,02 triliun. Pemain berusia 25 tahun tersebut juga diikat kontrak berdurasi 5 musim.

Diaby merupakan pemain andalan Aston Villa pada 2023/2024. Meski baru diboyong dari Bayer Leverkusen pada awal musim, ia langsung mampu menunjukkan performa terbaiknya. Semusim bersama The Claret & Blue Army, ia tampil dalam 54 laga dan berkontribusi dalam 19 gol.

Kehadiran pemain berpaspor Prancis itu diharapkan mampu mengangkat prestasi Al-Ittihad. Pasalnya, klub yang bermarkas di  King Abdullah Sports City itu hanya finis di posisi kelima Saudi Pro League 2023/2024 meski berstatus sebagai juara bertahan. Diaby akan bekerja sama dengan Karim Benzema di lini depan.

Baca Juga: 8 Eks Brentford yang Meniti Karier di Asia, Ivan Toney Terbaru

2. Ivan Toney (Rp719 miliar) akan membuat lini depan Al-Ahli makin menakutkan

3 Rekrutan Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Ivan Toney (premierleague.com)

Masa depan Ivan Toney akhirnya menemui titik terang. Dirinya resmi angkat kaki dari English Premier League dan bergabung dengan Al-Ahli setelah ditebus seharga 42 juta euro atau Rp719 miliar. Padahal, pemain berusia 28 tahun itu sempat dikabarkan akan bergabung dengan Arsenal.

Selama 4 musim terakhir di Brentford, Toney menunjukkan performa yang gemilang. Ia berperan penting membawa klub tersebut meraih tiket untuk promosi ke Premier league pada 2020/2021. Tak hanya itu, dirinya juga sempat tampil tajam dengan mencetak 20 gol di EPL 2022/2023.

Kehadiran Toney akan membuat lini depan Al-Ahli makin menakutkan. Di posisi penyerang, klub yang finis di posisi ketiga Saudi Pro League 2023/2024 itu kini memiliki tiga mantan pemain top Eropa, yaitu Ivan Toney, Roberto Firmino, dan Riyad Mahrez. Selain itu, ada juga Franck Kessié di posisi gelandang dan Edouard Mendy sebagai benteng kokoh di bawah mistar gawang.

3. Marcos Leonardo (Rp685 miliar) harus bekerja keras untuk mendapat tempat utama di Al-Hilal

3 Rekrutan Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Marcos Leonardo (instagram.com/marcosleonardo09)

Al-Hilal menambah kekuatan di lini serang. Klub dengan koleksi 19 trofi liga itu mendatangkan seorang bomber muda berpaspor Brasil, Marcos Leonardo. Klub berjuluk The Blue Waves tersebut memboyongnya dari Benfica dengan dana sebesar 40 juta euro atau Rp685 miliar.

Leonardo baru bergabung dengan Benfica pada Januari 2024. Dalam waktu singkat, ia telah membuktikan diri sebagai pemain muda potensial. Di Liga Portugal 2023/2024, pemain berusia 21 tahun itu berhasil mengemas 7 gol dari 14 penampilan.

Meski direkrut dengan dana yang tidak murah, Leonardo harus bekerja keras untuk mendapat tempat utama di lini depan. Pasalnya, Al-Hilal telah memiliki Aleksandar Mitrović sebagai ujung tombak. Pemain berusia 29 tahun itu bahkan telah mencetak 4 gol di Saudi Pro League 2024/2025 meski baru tampil dalam 2 laga. 

Kehadiran para pemain di atas berpotensi menambah warna baru dalam peta persaingan juara Saudi Pro League 2024/2025. Mereka diharapkan mampu berkontribusi dengan maksimal setelah ditebus dengan harga mahal. Mampukah salah satu dari mereka membawa timnya meraih trofi juara pada akhir musim?

Baca Juga: Profil Roberto Mancini, Pelatih Arab Saudi yang Sukses di Eropa

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya