Pergerakan Agresif Manchester United pada Musim Panas 2024

Tak hanya mendatangkan pemain baru

Manchester United tengah banyak dibicarakan pada musim panas 2024 ini. Itu tak terlepas dari pergerakan agresif mereka dalam mendatangkan pemain baru. Padahal, bursa transfer baru berjalan beberapa minggu.

Setan Merah tampaknya benar-benar ingin tampil beda pada 2024/2025. Tak hanya mendatangkan pemain-pemain baru, klub yang bermarkas di Old Trafford itu juga melakukan banyak perubahan di struktur manajemen dan tim kepelatihan.

1. Tunjuk Dan Ashworth sebagai direktur olahraga dan Christopher Vivell sebagai direktur bakat global

Pergerakan Agresif Manchester United pada Musim Panas 2024Dan Ashworth (newcastleunited.com)

Manchester United melakukan perubahan krusial di struktur manajemen. Dan Ashworth akan berperan sebagai direktur olahraga mulai musim panas 2024. Selain itu, ada juga Christopher Vivell yang ditunjuk sebagai direktur bakat global.

Sebelum bergabung dengan Setan Merah, Dan Ashworth merupakan direktur olahraga klub English Premier Leagua lainnya, Newcastle United. Ia bekerja untuk The Magpies mulai pada Juni 2022. Sejak kedatangannya, Newcastle menjelma menjadi salah satu klub papan atas EPL dan sempat tampil di pentas Eropa.

Baca Juga: 3 Keuntungan Manchester United Merekrut Joshua Zikzee

2. Mendatangkan Ruud van Nistelrooy untuk menemani Erik ten Hag

Pergerakan Agresif Manchester United pada Musim Panas 2024Ruud van Nistelrooy (x.com/RvN1776)

Ruud van Nistelrooy, Rene Hake, dan Jelle ten Rouwelaar akan menemani Erik ten Hag di tim kepelatihan. Ruud van Nistelrooy dan Rene Hake bertugas sebagai asisten manajer hingga 2026 mendatang. Sedangkan, Ten Rouwelaar bertugas sebagai pelatih kiper.

Kehadiran Nistelrooy diharapkan mampu membuat lini depan Setan Merah makin menakutkan. Pengalamannya membela MU pada 2001—2006 sangat dibutuhkan oleh para penyerang Setan Merah musim depan. Selain itu, keberhasilannya membawa PSV Eindhoven finis sebagai runner-up Eredivisie Belanda 2022/2023 sebagai manajer juga diharapkan membawa dampak positif kepada Setan Merah.

Rene Hake sendiri merupakan sosok yang memiliki banyak pengalaman. Bertugas sebagai menajer Go Ahead Eagles pada 2023/2024, ia berhasil membawa klub tersebut finis di posisi sembilan Eredivisie. Capaian itu merupakan yang terbaik sejak 1970.

3. Mendatangkan Leny Yoro dan Joshua Zirkzee

Pergerakan Agresif Manchester United pada Musim Panas 2024Leny Yoro (x.com/ManUtd)

Dua pemain muda potensial telah didapatkan Setan Merah pada musim panas 2024 ini. Selain Joshua Zirkzee, ada juga seorang bek tengah berusia 18 tahun, Leny Yoro. Kedua pemain tersebut diikat kontrak jangka panjang hingga 2029 mendatang.

Keputusan Setan Merah mendatangkan Zirkzee tak terlepas dari performa apiknya bersama Bologna pada 2023/2024. Selama semusim itu, ia berhasil mencetak 12 gol dan 7 assist dari 37 penampilan di berbagai ajang. Berkat kontribusinya, Bologna finis di posisi kelima Serie A dan berhak tampil di Liga Champions Eropa 2024/2025.

Kegagalan Manchester United di EPL 2023/2024 tak terlepas dari rapuhnya lini pertahanan. Oleh karena itu, pihak klub rela mengeluarkan biaya sebesar 62 juta euro atau Rp1,09 triliun untuk menebus Leny Yoro dari LOSC Lille. Pada 2023/2024, Yoro tampil kokoh di pertahanan Lille dan mencatatkan 44 penampilan dengan torehan 2 gol di berbagai ajang.

Manchester United mendapatkan Yoro dan Zirkzee dengan tidak mudah. Setan Merah sempat bersaing dengan raksasa Spanyol, Real Madrid, dalam perebutan Yoro. Sedangkan, untuk Zirkzee, Setan Merah sempat bersaing dengan AC Milan untuk mendapatkannya.

Baca Juga: 5 Eks Manchester United yang Masih Berstatus Tanpa Klub

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya