5 Pembelian Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024

Tiga pemain datang dari klub Bundesliga

Intinya Sih...

  • Borussia Dortmund membeli 3 pemain baru dari Bundesliga untuk meningkatkan kualitas tim.
  • Pemain yang dibeli meliputi gelandang tengah Pascal Gross, penyerang tengah Serhou Guirassy, dan bek Waldemar Anton.
  • Penyerang tengah Maximilian Beier juga direkrut dengan harga tinggi serta kontrak jangka panjang.
  • Borussia Dortmund membeli 3 pemain baru dari Bundesliga untuk meningkatkan kualitas tim.
  • Pemain yang dibeli meliputi gelandang tengah Pascal Gross, penyerang tengah Serhou Guirassy, dan bek Waldemar Anton.
  • Penyerang tengah Maximilian Beier juga direkrut dengan harga tinggi serta kontrak jangka panjang.

Borussia Dortmund layak disebut sebagai salah satu klub top Jerman. Selain karena secara konsisten mampu bersaing di papan atas Bundesliga, mereka juga memiliki komposisi skuad yang berisi sederet pemain top. Apalagi, mereka saat ini berstatus sebagai runner-up Liga Champions Eropa.

Klub berjuluk Die Borussen tersebut siap kembali bersaing di kancah domestik dan Eropa pada 2024/2025. Klub asuhan Nuri Sahin itu telah melakukan beberapa cara pada musim panas 2024 ini untuk mampu meraih trofi. Salah satu hal yang telah mereka lakukan ialah membeli pemain baru untuk meningkatkan kualitas tim.

Lini depan tampak menjadi fokus utama Borussia Dortmund pada bursa transfer kali ini. Pasalnya, 2 dari 4 pemain yang telah dibeli berposisi sebagai penyerang tengah. Kehadiran mereka diharapkan mampu membuat lini serang Die Borussen semakin menakutkan.

1. Pascal Gross merupakan pemain andalan Brighton selama 7 musim terakhir

5 Pembelian Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024Pascal Gross saat membela Brighton. (bvb.de)

Pascal Gross merupakan seorang gelandang tengah berpaspor Jerman. Selama 7 musim terakhir, ia merupakan sosok penting di lini tengah klub English Premier League, Brighton & Hove Albion. Berkat kontribusinya, The Seagulls tampil impresif dan finis di posisi keenam EPL 2022/2023.

Performa apik Gross di Brighton menjadi salah satu alasan Dortmund memboyongnya dengan dana sebesar 7 juta euro atau Rp120 miliar. Kehadirannya diharapkan mampu membuat lini tengah Dortmund semakin solid. Apalagi, pemain yang mengoleksi delapan caps untuk tim nasional Jerman itu juga memiliki kemampuan bermain di beberapa posisi berbeda.

Baca Juga: 6 Bintang Brasil yang Pernah Membela Borussia Dortmund sebelum Couto

2. Serhou Guirassy merupakan pemain tersubur kedua di Bundesliga 2023/2024

5 Pembelian Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024Serhou Guirassy (bundesliga.com)

Serhou Guirassy menjadi salah satu pemain yang paling mengejutkan di Bundesliga 2023/2024. Menjalani musim kedua bersama VfB Stuttgart, ia berhasil mengemas 28 gol dari 28 penampilan. Torehan itu membuatnya menjadi pemain tersubur kedua, berjarak delapan gol dari Harry Kane yang berstatus sebagai top skor liga.

Ketajaman pemain asal Guinea itu diharapkan mampu berlanjut di Dortmund pada 2024/2025. Apalagi, Die Borussen baru saja ditinggal Niclas Füllkrug yang memilih hengkang ke West Ham United. Oleh Dortmund, Guirassy ditebus seharga 18 juta euro atau Rp310 miliar. 

3. Waldemar Anton akan membuat lini pertahanan Dortmund semakin sulit ditembus

5 Pembelian Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024Waldemar Anton (instagram.com/wowaanton31)

Selain Guirassy, Dortmund juga memboyong Waldemar Anton dari Stuttgart. Untuk mendapatkan jasa pemain berusia 27 tahun tersebut, Die Borussen mengeluarkan dana sebesar 22,5 juta euro atau Rp387 miliar. Pemain jebolan akademi Hannover itu diharapkan mampu menjadi benteng kokoh di pertahanan.

Selama 4 musim terakhir, Anton selalu menjadi pemain penting di lini belakang Stuttgart. Sejak direkrut dari Hannover pada 2020, ia mencatatkan 141 penampilan dengan torehan 4 gol dan 8 assist. Meski berposisi utama sebagai bek tengah, pemain kelahiran Almalyk, Uzbekistan, itu juga sempat tampil apik saat dimainkan di posisi bek kanan dan gelandang bertahan.

4. Maximilian Beier merupakan mesin gol Hoffenheim pada 2023/2024

5 Pembelian Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024Maximilian Beier (tsg-hoffenheim.de)

Selain Guirassy, penyerang tengah lain yang direkrut Dortmund pada musim panas 2024 ialah Maximilian Beier. Oleh Die Borussen, ia ditebus dari Hoffenheim seharga 28,5 juta euro atau Rp491 miliar. Pemain berusia 21 tahun itu juga diikat kontrak berdurasi 5 musim yang membuatnya berada di Signal Iduna Park hingga 2029 mendatang.

Beier berpotensi membuat lini serang Dortmund semakin ditakuti. Pasalnya, ketajamannya sebagai bomber potensial telah terbukti di Bundesliga 2023/2024. Dari 33 penampilan selama semusim itu, ia berhasil mengemas 16 gol sekaligus menjadi top skor klub.

Selain keempat pemain di atas, Dortmund juga meminjam seorang pemain pada musim panas 2024 ini. Ia adalah Yan Couto, bek kanan berusia 22 tahun yang membawa Girona bersaing di papan atas LaLiga Spanyol 2023/2024. Kemampuannya dalam bertahan dan menyerang menjadi keuntugan tersendiri bagi Dortmund. 

Baca Juga: 3 Pemain Senior yang Dilepas Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya