3 Pemain yang Pernah Direkrut Permanen FC Porto dari Atletico Madrid

Samu Omorodion terbaru

Teka-teki masa depan Samu Omorodion di Atletico Madrid terjawab sudah. Pemain yang mengantarkan Spanyol juara cabang olahraga sepak bola di Olimpiade 2024 itu resmi angkat kaki dari Civitas Metropolitano dan bergabung dengan raksasa Portugal, FC Porto. Oleh klub berjuluk Azuis e brancos tersebut, dirinya ditebus dengan dana sebesar 15 juta euro atau Rp258 miliar.

Sebelumnya, pemain berusia 20 tahun itu dikabarkan sepakat bergabung dengan Chelsea. Sayangnya, kepindahannya ke Stamford Bridge batal karena ada masalah dalam penyelesaian kontrak. Hal itu juga membuat kepindahan Conor Gallagher ke Atletico Madrid sempat tertunda.

Dengan bergabungnya Omorodion ke FC Porto, kini terdapat tiga pemain yang pernah hengkang dari Atletico Madrid dan bergabung dengan klub yang mengoleksi 30 trofi Primeira Liga Portugal tersebut. Sebelum melihat aksi Omorodion bersama FC Porto, ada baiknya menilik kiprah dua pemain yang sebelumnya direkrut secara permanen oleh FC Porto dari Atletico Madrid.

1. Adrián López tak mampu tampil maksimal di FC Porto karena cedera

3 Pemain yang Pernah Direkrut Permanen FC Porto dari Atletico MadridAdrián López (instagram.com/adrianlopezoficial)

Adrián López bergabung dengan Atletico Madrid secara gratis pada musim panas 2011. Ketertarikan Los Rojiblancos kepadanya tak terlepas dari performa apiknya bersama Deportivo de La Coruña. Di LaLiga pada 2010/2011, ia berhasil mengemas 8 gol dari 36 laga. 

Lopez mampu tampil tajam pada musim pertama di Atletico Madrid. Di berbagai ajang pada 2011/2012, dirinya berhasil mengemas 19 gol dan 10 assist dari 57 laga. Sayangnya, ketajamannya menurun drastis selama 2 musim berikutnya.

Untuk mampu kembali tampil tajam, pemain kelahiran San Martín de Teverga itu resmi berpisah dengan Atletico Madrid dan menerima tawaran FC Porto Pada musim panas 2014. Sayangnya, ia justru menderita cedera pada musim pertama. Oleh FC Porto, Lopez bahkan beberapa kali dipinjamkan kepada klub lain sebelum akhirnya dilepas secara gratis pada 2019.

Baca Juga: 5 Pemain FC Porto yang Dilepas kepada Klub Elite Italia sebelum Taremi

2. Óliver Torres membawa FC Porto juara Liga Portugal pada 2017/2018

3 Pemain yang Pernah Direkrut Permanen FC Porto dari Atletico MadridÓliver Torres (instagram.com/olitorres10)

Óliver Torres awalnya hanya bermain sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid untuk FC Porto. Menariknya, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu mampu tampil impresif dengan mencetak tujuh gol pada 2014/2015. Meski begitu, FC Porto tak membelinya secara permanen pada akhir masa peminjaman.

Torres akhirnya kembali bermain untuk Atletico Madrid pada 2015/2016. Namun, ia kesulitan mendapat menit bermain dan tak mampu berkontribusi dengan maksimal. Akhirnya pada 2016/2017, ia kembali dipinjamkan kepada FC Porto.

Berkat performa menjanjikan pada masa peminjaman kedua, FC Porto menebus Torres secara permanen pada musim panas 2017. Saat itu, Azuis e brancos mengeluarkan dana sebesar 20 juta euro atau Rp345 miliar. Berkat kontribusi Torres, FC Porto berhasil menjuarai liga pada 2017/2018.

3. Samu Omorodion menyeberang ke FC Porto setelah gagal bergabung dengan Chelsea

3 Pemain yang Pernah Direkrut Permanen FC Porto dari Atletico MadridSamu Omorodion (nomor 9) (instagram.com/samuomorodion)

Samu Omorodion sejatinya belum pernah tampil untuk Atletico Madrid di kompetisi resmi. Direkrut dari Granada pada musim panas 2023, ia langsung dipinjamkan kepada Alaves selama semusim. Menariknya, ia mampu tampil impresif dengan mengemas 8 gol dari 34 laga di LaLiga 2023/2024.

Performa impresif selama masa peminjaman di Alaves menjadi salah satu alasan utama Chelsea ingin merekrutnya. Sayangnya, Omorodion gagal merapat ke Stamford Bridge meski sebelumnya telah sepakat bergabung. Alasannya, ada masalah besar dalam penyelesaian kontrak pemain berusia 20 tahun tersebut.

Untungnya, penawaran dari FC Porto datang menghampiri. Azuis e brancos mau menebusnya dengan dana sebesar 15 juta euro atau Rp258 miliar dengan durasi kontrak hingga 2029 mendatang. Kehadiran Omorodion diharapkan mampu membuat lini depan FC Porto semakin tajam.

Sebelum Samu Omorodion, dua pemain mengalami nasib berbeda ketika hengkang dari Atletico Madrid dan bergabung dengan FC Porto. Adrián López gagal tampil maksimal karena cedera. Di sisi lain, Óliver Torres berperan penting membawa FC Porto juara Liga Portugal pada 2017/2018.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 9 Atletico Madrid sebelum Alexander Sorloth

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya