3 Pemain yang Bobol Gawang Spanyol di Euro 2024

Cole Palmer belum mampu bawa Inggris juara #EURO2024

Spanyol berhasil keluar sebagai juara Euro 2024. Mereka berhak atas trofi setelah tampil mengesankan di laga final. Bertanding melawan Inggris di Olympiastadion Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB, La Furia Roja berhasil mengakhiri laga dengan keunggulan 2-1.

Dengan capaian ini, Spanyol resmi menjadi negara dengan gelar juara Euro terbanyak dengan empat trofi. Mereka berhasil mengungguli Jerman dengan tiga trofi. Sebelum 2024, La Furia Roja berhasil menjadi juara pada 1964, 2008, dan 2012.

Di bawah asuhan Luis de la Fuente, Spanyol menunjukkan performa yang konsisten sejak fase grup Euro 2024. Selain memiliki sederet penyerang yang mampu membuktikan ketajamannya, mereka juga memiliki sejumlah pemain bertahan yang mampu membangun benteng kokoh sepanjang turnamen.  

Berkat performa apik yang ditunjukkan para pemain di lini belakang, La Furia Roja hanya kebobolan 4 gol dari total 7 pertandingan. Satu dari empat gol tersebut merupakan gol bunuh diri dari pemain Spanyol sendiri. Artinya, hanya ada tiga pemain lawan yang mampu membobol gawang Spanyol di Euro 2024. Siapa saja pemain tersebut?

1. Florian Wirtz membobol gawang Spanyol di perempat final

3 Pemain yang Bobol Gawang Spanyol di Euro 2024Florian Wirtz (bayer04.de)

Florian Wirtz menjadi pemain pertama yang mampu membobol gawang Spanyol di Euro 2024. Itu terjadi pada perempat final yang berlangsung di MHPArena Stuttgart, Jumat (5/7/2024). Pemain berusia 21 tahun mencetak gol penyama kedudukan pada menit 89 setelah Jerman sempat tertinggal oleh gol Dani Olmo pada menit 51. Spanyol kemudian mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1 berkat sebiji gol tambahan dari Mikel Merino pada menit 119.

Satu gol Wirtz pada laga itu tak terlepas dari peran Joshua Kimmich. Pemain Bayern Munich itu memberi assist kepada Wirtz yang berdiri cukup bebas di sisi tengah. Dengan gol tersebut, Wirtz berhasil mengoleksi 2 gol dari 5 laga di Euro 2024.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Gemilang di Final Euro 2024

2. Randal Kolo Muani mencetak gol cepat ke gawang Spanyol di semifinal

3 Pemain yang Bobol Gawang Spanyol di Euro 2024Randal Kolo Muani (instagram.com/r_kolomuani)

Randal Kolo Muani hanya mencetak satu gol di Euro 2024. Menariknya, satu gol tersebut tercipta ke gawang sang juara, Spanyol, di semifinal. Ia mencetak gol cepat pada menit 8 sebelum akhirnya Spanyol bangkit dan membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol lewat aksi dari Lamine Yamal pada menit 21 dan Dani Olmo pada menit 25.

Kapten Prancis, Kylian Mbappe, berperan penting atas gol yang dicetak Kolo Muani. Setelah menerima umpan dari Ousmane Dembélé, pemain yang sempat menderita cedera patah hidung itu memberikan umpan silang matang ke Kolo Muani. Unai Simon yang berada di bawah mistar gawang pun cukup terkejut dengan sundulan Kolo Muani yang mengarah ke sisi kiri gawangnya.

3. Cole Palmer bobol gawang Spanyol dengan tendangan dari luar kotak penalti

3 Pemain yang Bobol Gawang Spanyol di Euro 2024Cole Palmer (instagram.com/colepalmer10)

Cole Palmer tampil sebagai pemecah kebuntuan saat Inggris menghadapi Spanyol di partai final. Pemain Chelsea itu hanya butuh waktu tiga menit di atas lapangan untuk mencatatkan namanya di papan skor. Masuk menggantikan Kobbie Mainoo pada menit 70, dirinya mencetak gol penyama kedudukan pada menit 73. 

Gol yang dicetak Palmer ke gawang Simon pada laga itu tak terlepas dari peran Bukayo Saka dan Jude Bellingham. Saka yang dikawal dua pemain Spanyol berhasil melepaskan umpan ke Bellingham. Meski dijaga ketat Martín Zubimendi, Bellingham mampu memberi umpan matang ke Palmer yang berada di luar kotak penalti. Palmer kemudian merespons umpan itu dengan tendangan terukur ke ujung kanan gawang Spanyol.

Meski mendapat menit bermain yang minim, Palmer berhasil membuktikan kualitasnya di laga final. Satu golnya ke gawang Unai Simon membuktikan ia sejatinya layak menjadi pilihan utama di lini serang sejak fase grup. Sayangnya, Gareth Southgate lebih memilih untuk lebih mengandalkan pemain lain.

Baca Juga: 8 Pemain Spanyol yang Pernah Meraih Gelar Individu di Euro

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya