4 Pemain U-20 Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2024

Endrick mencetak gol pada laga debutnya

Bursa transfer musim panas 2024 berlangsung seru. Sederet nama pemain top cukup sering diperbincangkan karena hengkang dari klub lama dan berlabuh ke klub baru. Salah satu yang menyita perhatian tentu saja Kylian Mbappe yang akhirnya berpisah dengan Paris Saint-Germain untuk bergabung dengan klub yang ia idolakan sejak kecil, Real Madrid.

Kepindahan beberapa pemain muda U-20 juga cukup menyita perhatian. Pasalnya, beberapa klub rela mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan mereka. Klub-klub tersebut tampaknya cukup percaya dengan potensi yang mereka miliki.

Berikut empat pemain U-20 dengan biaya transfer termahal pada musim panas 2024.

1. Leny Yoro bergabung dengan Manchester United setelah ditebus dari Lille seharga Rp1,06 triliun

4 Pemain U-20 Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2024Leny Yoro (x.com/ManUtd)

Leny Yoro tampil impresif bersama LOSC Lille pada 2023/2024. Meski baru berusia 18 tahun, ia telah mendapat tempat utama di lini pertahanan. Berposisi utama sebagai bek tengah, dirinya tampil dalam 44 laga dengan torehan 2 gol di berbagai ajang.

Pemain kelahiran Saint-Maurice itu resmi bergabung dengan Manchester United meski sempat dikaitkan dengan Real Madrid. The Red Devils memboyongnya ke Old Trafford dengan dana sebesar 62 juta euro atau Rp1,06 triliun. Sayangnya, debutnya bersama The Red Devils harus tertunda karena cedera yang ia dapat pada laga pramusim.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao Neves

2. Joao Neves (Rp1,02 triliun) mencatatkan 4 assist dari 3 laga pertama bersama PSG

4 Pemain U-20 Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2024João Neves (psg.fr)

Paris Saint-Germain kembali menggelontorkan dana besar untuk merekrut pemain muda pada musim panas 2024. Les Parisiens berhasil merekrut pemain potensial dari Benfica, Joao Neves. Pemain berusia 19 tahun itu ditebus dengan dana sebesar 59,9 juta euro atau Rp1,02 triliun dan diikat kontrak berdurasi 5 musim.

Kedatangan Neves memberi pengaruh positif di lini tengah PSG. Dirinya selalu tampil dalam tiga laga pertama Les Parisiens di Ligue 1 Prancis 2024/2025. Tak hanya itu, ia juga telah mengoleksi empat assist sejauh ini.

3. Désiré Doué diboyong PSG seharga Rp858 miliar usai tampil apik bersama Stade Rennais

4 Pemain U-20 Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2024Désiré Doué (psg.fr)

Tak hanya Neves, PSG juga mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan Désiré Doué. Pemain berusia 19 tahun itu direkrut dari Stade Rennais seharga 50 juta euro atau Rp858 miliar. Sang pemain dan pihak klub sepakat menandatangani kontrak berdurasi 5 musim.

Pemain berpaspor Prancis itu menunjukkan progres yang cukup signifikan bersama Stade Rennais. Sejak promosi ke tim senior pada 2022, ia telah menjadi pilihan utama di lini serang. Bersama klub berjuluk Les Rouges et Noirs, ia tampil dalam 76 laga dengan torehan 8 gol dan 7 assist.

4. Endrick (Rp815 miliar) mencetak gol pada laga debutnya bersama Real Madrid

4 Pemain U-20 Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2024Endrick (instagram.com/endrick)

Endrick akhirnya merapat ke Real Madrid pada musim panas 2024 meski telah menerima kesepakatan pada 2022. Oleh Los Blancos, pemain yang baru berusia 18 tahun pada Juli 2024 itu ditebus dari Palmeiras seharga 47,5 juta euro atau Rp815 miliar. Pemain kelahiran Taguatinga itu juga diikat kontrak berdurasi jangka panjang hingga 2030 mendatang.

Menariknya, pemain tim nasional Brasil itu langsung mampu mencetak gol pada laga pertamanya bersama Real Madrid. Meski hanya tampil selama 4 menit, ia mencetak 1 gol ke gawang Real Valladolid pada pekan kedua LaLiga Spanyol 2024/2025. Satu gol tersebut melengkapi kemenangan Los Blancos dengan skor 3-0.

Endrick, Désiré Doué, dan Joao Neves langsung mampu mencuri perhatian pada beberapa laga pertama bersama timnya. Di sisi lain, Leny Yoro harus menunda debutnya bersama Manchester United karena masih dalam masa pemulihan akibat cedera yang ia dapat dalam laga pramusim melawan Arsenal. Mampukah Yoro menunjukkan performa maksimal ketika sudah sembuh dari cedera?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda yang Mencetak Gol di LaLiga, Ada Endrick!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya