8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024

Alvaro Morata ke AC Milan

Intinya Sih...

  • Delapan pemain Spanyol di Euro 2024 pindah klub pada musim panas 2024, termasuk Alvaro Morata yang kembali ke Serie A untuk bergabung dengan AC Milan.
  • Mikel Merino diboyong Arsenal dari Real Sociedad, Dani Olmo direkrut Barcelona dari RB Leipzig, dan Robin Le Normand diikat kontrak jangka panjang oleh Atletico Madrid.
  • Nacho Fernandez pindah ke klub promosi Saudi Pro League, Joselu bergabung dengan klub asal Qatar, dan Ayoze Perez rekrut Villarreal setelah tampil impresif di Real Betis.

Keberhasilan Tim Nasional Spanyol menjuarai Euro 2024 Jerman berhasil mengangkat pamor para pemain mereka. Beberapa nama bahkan cukup ramai diperbincangkan karena menjadi buruan tim-tim liga top Eropa. Alhasil, 8 dari 26 pemain Spanyol di Euro 2024 berpindah klub pada musim panas 2024.

Álvaro Morata salah satunya. Pada musim panas 2024 ini, ia resmi berpisah dengan klub yang telah dibela sejak 2020, Atletico Madrid. Kapten La Furia Roja tersebut memutuskan untuk kembali ke Serie A Italia dengan sepakat bergabung bersama AC Milan.

Termasuk Morata, berikut delapan pemain Spanyol yang pindah klub usai juara Euro 2024.

1. Mikel Merino bergabung dengan Arsenal

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024Mikel Merino (instagram.com/mikelmerino)

Mikel Merino selalu tampil dalam tiap laga Spanyol di Euro 2024. Meski bukan pilihan utama, ia mampu tampil apik saat diberi kesempatan bermain. Performanya sebagai gelandang tengah berhasil menarik minat Arsenal. The Gunners berhasil memboyongnya dari Real Sociedad. Sayangnya, debut pemain berusia 28 tahun tersebut bersama The Gunners harus tertunda karena menderita cedera pada sesi latihan.

2. Dani Olmo dipulangkan Barcelona

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024Dani Olmo (instagram.com/daniolmo)

Dani Olmo tampil begitu memukau di Euro sebagai motor serangan La Furia Roja. Tak hanya itu, dirinya juga menjadi pemain Spanyol tertajam dengan torehan tiga gol. Tak heran, Barcelona yang merupakan tempat ia mengasah kemampuan ketika junior begitu serius ingin memulangkannya. Pada 9 Agustus 2024, Blaugrana secara resmi mengumumkan mereka telah mendapatkan Dani Olmo dengan menebusnya dari RB Leipzig seharga 55 juta euro atau Rp939 miliar.

3. Robin Le Normand direkrut Atletico Madrid dan diikat kontrak berdurasi jangka panjang

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Robin Le Normand menjadi pilihan utama di lini belakang Spanyol di Euro 2024. Bersama Aymeric Laporte, ia menjadi benteng kokoh di lini pertahanan. Atletico Madrid yang cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2024 ini memutuskan untuk memboyongnya dari Real Sociedad. Oleh Los Rojiblancos, ia ditebus seharga 34,5 juta euro atau Rp589 miliar dan diikat kontrak berdurasi jangka panjang hingga 2029 mendatang.

4. Álvaro Morata diharapkan mampu menggantikan peran Olivier Giroud di AC Milan

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024Álvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Sebagai seorang striker, Álvaro Morata memang tak tampil tajam di Euro 2024. Meski begitu, kemampuannya membuka ruang dan memimpin di atas lapangan patut diapresiasi. Faktor tersebut membuat AC Milan tak ragu untuk memboyongnya dari Atletico Madrid pada musim panas 2024 ini. Pemain berusia 31 tahun tersebut diharapkan mampu menjadi pengganti yang tepat bagi Olivier Giroud yang memilih angkat kaki dari San Siro.

Baca Juga: 4 Pemain AC Milan yang Pernah Bermain untuk Chelsea, Morata Terbaru!

5. Nacho Fernández hengkang ke Saudi Pro League

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024Nacho Fernández (kiri) (instagram.com/nachofdez90)

Nacho Fernández mendapat menit bermain yang minim di Euro 2024. Meski begitu, ia memberi pengaruh penting di luar lapangan sebagai pemain senior. Pengalamannya bersama Real Madrid dan La Furia Roja membuat klub promosi Saudi Pro League, Al-Qadsiah, bergerak cepat untuk memboyongnya. Pemain berusia 34 tahun tersebut sepakat menerima tawaran Al-Qadsiah dengan ikatan kontrak berdurasi 2 musim hingga 2026 mendatang.

6. Joselu berlabuh ke klub asal Qatar, Al-Gharafa SC

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024Joselu (instagram.com/algharafaclub)

Tahun 2024 tampaknya menjadi tahun terbaik sepanjang karier Joselu. Selain menjuarai Liga Champions Eropa, ia juga berhasil membawa Spanyol juara Euro 2024. Namun, 2023/2024 tampaknya menjadi musim terakhir pemain berusia 34 tahun itu berkarier di Eropa. Pasalnya, pada musim panas 2024 ini, ia memutuskan untuk bergabung dengan klub asal Qatar, Al-Gharafa SC.

7. David Raya dipermanenkan Arsenal

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024David Raya (instagram.com/d.raya1)

David Raya dibawa Spanyol ke Euro berkat perfroma mengesankan sebagai pemain pinjaman di Arsenal. Ketika Euro berlangsung, tepatnya pada 4 Juli 2024, The Gunners mengumumkan pembelian Raya secara permanen dari Brentford seharga 31,9 juta euro atau Rp547 miliar. Sayangnya, di Euro 2024, pemain kelahiran Barcelona itu hanya tampil dalam satu laga.

8. Ayoze Pérez diboyong Villarreal dari Real Betis

8 Pemain Spanyol yang Pindah Klub Usai Juara Euro 2024Ayoze Pérez (villarrealcf.es)

Ayoze Pérez hanya tampil selama 12 menit di Euro 2024. Momen itu terjadi saat Spanyol mengalahkan Italia pada fase grup. Hal itu berbanding terbalik dengan menit bermainnya di Real Betis pada 2023/2024. Ia tampil moncer dengan mencetak sebelas gol di berbagai ajang. Torehan itu menjadi salah satu alasan yang membuat Villarreal merekrutnya pada musim panas 2024 ini. Mereka mengikatnya dengan kontrak berdurasi 4 musim.

Selain delapan nama di atas, beberapa nama lain juga sempat meramaikan bursa transfer musim panas 2024. Salah satunya ialah Nico Williams. Winger yang mencetak dua gol di Euro 2024 itu sempat diincar Barcelona. Sayangnya, kepindahannya ke Camp Nou batal terjadi karena ia memilih untuk bertahan di Athletic Bilbao.

Baca Juga: 3 Kelebihan Mikel Merino yang Bikin Permainan Arsenal Makin Dahsyat!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya