5 Pemain Non-Eropa di Skuad VfB Stuttgart, Serhou Guirassy Subur!

Terdapat tiga pemain Asia

Penampilan VfB Stuttgart di awal Bundesliga 2023/2024 cukup mencuri perhatian. Hal itu tak terlepas dari performa apik mereka di beberapa laga awal. Hingga pekan keenam, klub asuhan Sebastian Hoeneß mampu bertengger di posisi kedua klasemen. Mereka telah mengumpulkan 15 poin dari hasil 5 kali menang dan 1 kali kalah.

Dari sederet pemain di skuad VfB Stuttgart, nama Serhou Guirassy patut mendapat perhatian lebih. Striker asal Guinea itu menjadi top skor sementara kompetisi dan telah mencetak sepuluh gol. Ia berhasil mengungguli nama-nama top, termasuk Harry Kane dengan delapan golnya.

Selain Guirassy, terdapat pemain non-Eropa lain yang berkontribusi atas hasil apik VfB Stuttgart pada beberapa pertandingan awal mereka di Bundesliga 2023/2024. Secara total, terdapat lima pemain non-Eropa yang menghuni skuad berjuluk Die Schwaben pada musim ini. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya sejauh ini? Berikut ulasannya.

1. Hiroki Ito selalu diandalkan sebagai bek kiri

5 Pemain Non-Eropa di Skuad VfB Stuttgart, Serhou Guirassy Subur!Hiroki Ito (instagram.com/hiroki_ito38)

Yang pertama, ada pemain yang telah mengoleksi 12 caps bersama Timnas Jepang. Hiroki Ito merupakan seorang pemain bertahan yang dipermanenkan oleh VfB Stuttgart pada musim panas 2022. Selama semusim sebelumnya, ia berstatus sebagai pinjaman dari klub di negaranya, Júbilo Iwata, dan mampu menjadi andalan di lini belakang.

Dari 6 pertandingan yang telah dijalani VfB Stuttgart di Bundesliga 2023/2024, Ito tak pernah absen dalam satu pertandingan pun. Pemain berusia 24 tahun itu selalu diandalkan sebagai bek kiri. Selain itu, ia juga telah mengoleksi dua assist.

2. Genki Haraguchi hanya menjadi pelapis sebagai seorang gelandang

5 Pemain Non-Eropa di Skuad VfB Stuttgart, Serhou Guirassy Subur!Genki Haraguchi (vfb.de)

Selain Hiroki Ito, ada juga Genki Haraguchi yang berasal dari Jepang. Pemilik 74 caps bersama tim nasional itu bergabung dengan VfB Stuttgart pada musim dingin 2023. Saat itu, ia diboyong dari sesama klub Bundesliga, Union Berlin.

Nasib pemain berposisi gelandang itu bersama Die Schwaben pada awal 2023/2024 tak sebagus Hiroki Ito. Pemain berusia 32 tahun itu lebih sering duduk di bangku cadangan dan baru tampil dalam satu pertandingan. Satu-satunya pertandingan itu ialah ketika VfB Stuttgart dibantai 5-1 oleh RB Leipzig di pekan kedua Bundesliga.

Baca Juga: 10 Potret Serhou Guirassy, Ujung Tombak Baru VfB Stuttgart

3. Woo-yeong Jeong sempat diandalkan sebelum absen dalam beberapa pertandingan lantaran dipanggil ke tim nasional

5 Pemain Non-Eropa di Skuad VfB Stuttgart, Serhou Guirassy Subur!Woo-yeong Jeong (vfb.de)

Woo-yeong Jeong menjadi satu-satunya pemain asal Korea Selatan di skuad VfB Stuttgart 2023/2024. Ia baru didatangkan ke MHPArena pada musim panas 2023 dari SC Freiburg. Oleh Die Schwaben, pemilik dua gol bersama tim nasional itu diikat kontrak hingga 2026.

Jeong sejatinya menjadi andalan VfB Stuttgart pada beberapa laga awal Bundesliga 2023/2024. Meski begitu, ia baru tampil dalam 3 pertandingan dan absen dalam 3 pertandingan lainnya. Hal itu terjadi lantaran ia sempat dipanggil untuk membela tim nasional.

4. Silas selalu diandalkan di lini serang dan telah mencetak 2 gol

5 Pemain Non-Eropa di Skuad VfB Stuttgart, Serhou Guirassy Subur!Silas (vfb.de)

Selanjutnya ada pemain asal Kongo yang berposisi sebagai penyerang sayap. Musim 2023/2024 merupakan musim kelima Silas berseragam VfB Stuttgart. Pada musim panas 2019, ia yang saat itu berusia 20 tahun diboyong dari Paris FC dengan biaya sebesar 8 juta euro atau 131 miliar rupiah.

Silas selalu tampil dalam enam pertandingan awal VfB Stuttgart di Bundesliga 2023/2024. Biasa bermain sebagai penyerang sayap kanan, ia telah mencetak dua gol. Keduanya berhasil ia cetak ke gawang VfL Bochum pada pekan pertama.

5. Serhou Guirassy mampu bawa VfB Stuttgart bersaing di papan atas Bundesliga 2023/2024

5 Pemain Non-Eropa di Skuad VfB Stuttgart, Serhou Guirassy Subur!Serhou Guirassy (vfb.de)

Keputusan VfB Stuttgart untuk mempermanenkan Serhou Guirassy dari Stade Rennais pada musim panas 2023 berujung manis. Dibeli dengan biaya sebesar 9 juta euro atau 147 miliar rupiah, ia menjelma salah satu penyerang paling menakutkan di Bundesliga 2023/2024. Sepuluh golnya mampu membawa VfB Stuttgart bersaing di papan atas.

Penampilannya ketika melawan FSV Mainz 05 menjadi salah satu yang terbaik. Bertanding di hadapan pendukung lawan, ia tampil mengesankan dan mencetak hattrick. Seluruh golnya di pertandingan itu tercipta pada babak kedua.

Persaingan di papan atas Bundesliga 2023/2024 pada beberapa laga awal begitu ketat. Anak asuh Sebastian Hoeneß dituntut untuk tampil konsisten jika ingin tetap bersaing memperebutkan trofi. Mampukah Die Schwaben merealisasikannya?

Baca Juga: 6 Pemain Non-Eropa yang Jadi Top Skor Bundesliga, Guirassy Menyusul?

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya