5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada Bellingham

Wayne Rooney cukup mentereng #EURO2024

Intinya Sih...

  • Jude Bellingham menjadi pahlawan kemenangan Inggris dengan gol semata wayang saat mengalahkan Serbia di Euro 2024.
  • Teddy Sheringham dan Michael Owen, pemain nomor 10 Inggris lainnya, juga mencetak gol di edisi Euro sebelumnya.
  • Wayne Rooney, pemain dengan caps terbanyak bersama Timnas Inggris, juga berhasil mencetak gol di tiga edisi Euro yang berbeda.

Tim nasional Inggris memulai kiprah mereka di Euro 2024 dengan hasil positif. Meski diraih dengan susah payah, anak asuh Gareth Southgate berhasil menang tipis 1-0 atas Serbia di Stadion Veltins-Arena, Jerman. Jude Bellingham, bintang muda milik Real Madrid, yang memakai nomor punggung 10 pada laga itu menjadi pahlawan kemenangan lewat gol semata wayang pada menit 13.

Menariknya, Bellingham mengikuti langkah beberapa pemain nomor 10 Inggris yang berhasil mencetak gol di Euro. Dalam daftar tersebut, ia sejajar dengan sederet legenda The Tree Lions.

Termasuk Bellingham, berikut lima pemain nomor 10 Inggris yang mencetak gol di Euro.

1. Teddy Sheringham mencetak dua gol di Euro 1996

5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada BellinghamTeddy Sheringham (nomor 10) (thefa.com)

Teddy Sheringham merupakan salah satu penyerang tajam yang pernah dimiliki Inggris. Sepanjang kariernya, ia mencatatkan 51 caps dengan torehan 11 gol bersama The Tree Lions, termasuk 2 gol di Euro 1996 saat ia memakai nomor punggung 10. Dua gol tersebut tercipta ke gawang Belanda pada babak grup dan membawa The Tree Lions menang 4-1.

Sayangnya, Sheringham gagal membawa Inggris juara di ajang tersebut. Di bawah asuhan Terry Venables, The Tree Lions terhenti pada babak semifinal oleh Jerman. Der Panzer kemudian keluar sebagai juara setelah menang 2-1 atas Republik Ceko pada babak final.

Baca Juga: 3 Tim Menang via Comeback Matchday 1 Fase Grup Euro 2024

2. Tampil dalam dua edisi Euro berbeda, Michael Owen mencetak 2 gol dari 7 penampilan

5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada BellinghamMichael Owen (instagram.com/themichaelowen)

Michael Owen termasuk dalam sepuluh pemain dengan gol terbanyak bersama timnas Inggris. Sepanjang kariernya, ia mencatatkan 89 caps dengan torehan 40 gol dan 12 assist. Di antara 40 gol tersebut, 2 di antaranya tercipta di Euro.

Owen mencetak 1 gol dari 3 penampilan di Euro 2000 ketika Inggris tak mampu lolos dari babak grup. Empat tahun berselang, ia kembali membela The Tree Lions dan mencetak 1 gol dari 4 penampilan di Euro 2004. Satu-satunya gol tersebut tercipta pada babak perempat final saat langkah Inggris dihentikan oleh Portugal lantaran kalah lewat adu penalti. Dalam dua edisi tersebut, Owen selalu memakai nomor punggung 10.

3. Wayne Rooney mengemas 6 gol dari 10 penampilan di Euro 2004, 2012, dan 2016

5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada BellinghamWayne Rooney (mlssoccer.com)

Wayne Rooney hingga kini masih menjadi pemain dengan caps terbanyak bersama Timnas Inggris. Sepanjang kariernya, ia telah tampil dalam 120 laga bersama The Tree Lions. Selain itu, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak kedua dengan 53 gol, berjarak 10 gol dari Harry Kane di posisi teratas.

Mantan bintang Manchester United itu tampil dalam tiga edisi berbeda di Euro. Berposisi sebagai penyerang tengah, ia berhasil mengemas 6 gol dari 10 penampilan di Euro 2004, 2012, dan 2016. Rooney memulai kiprah di Euro pada 2004 dengan memakai nomor punggung 9. Ia kemudian memakai nomor punggung 10 pada 2012 dan 2016.

4. Raheem Sterling mencetak tiga gol di Euro 2020 dan membawa Inggris ke final

5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada BellinghamRaheem Sterling (thefa.com)

Raheem Sterling tampil membela Inggris di Euro dalam 2 edisi berbeda. Setelah tak mampu mencetak satu gol pun di Euro 2016, dirinya berhasil mencetak 3 gol dari 7 laga di Euro 2020 dengan memakau nomor punggung 10. Berkat tiga gol tersebut, The Tree Lions berhasil melaju hingga babak final.

Sepanjang kariernya, Sterling mencatatkan 82 caps dengan torehan 20 gol dan 27 assist bersama Inggris. Performa yang menurun di level klub membuatnya absen di Euro 2024. Selain itu, kehadiran beberapa pemain muda tajam juga membuat peluangnya membela The Tree Lions semakin kecil.

5. Jude Bellingham menjadi pahlawan kemenangan Inggris atas Serbia pada laga pertama Euro 2024

5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada BellinghamJude Bellingham merayakan golnya ke gawang Serbia bersama Trent Alexander-Arnold. (uefa.com)

Jude Bellingham melanjutkan magisnya sebagai pemain nomor punggung 10 di timnas Inggris. Gol semata wayangnya berhasil membawa Inggris menang atas Serbia pada laga pertama Euro 2024. Dengan hasil positif tersebut, peluang The Tree Lions untuk lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar.

Sebelumnya, pemain berusia 20 tahun itu sempat memakai beberapa nomor punggung berbeda ketika bermain untuk The Tree Lions. Dirinya sempat memakai nomor punggung 8 saat tampil di UEFA Nations League. Dengan penampilan apik di klub dan timnas, Bellingham berpeluang untuk terus memakai nomor punggung 10 bersama The Tree Lions di ajang-ajang selanjutnya.

Sepanjang sejarahnya, nomor punggung 10 di timnas Inggris sering kali dipakai oleh nama-nama top. Meski begitu, tak banyak yang mampu memenuhi ekspektasi dan tampil apik. Dengan performa meyakinkan pada laga pertama Euro 2024, mampukah Bellingham membawa The Tree Lions meraih trofi Euro untuk pertama kalinya?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Hamburg, Kota Penyelenggara Euro 2024!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya