4 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Slovenia di Euro 2024

Benjamin Sesko tumpuan di lini depan #EURO2024

Slovenia menjadi salah satu negara yang tak diunggulkan di Euro 2024. Selain karena memiliki pengalaman yang minim di kompetisi tersebut, anak asuh Matjaz Kek juga harus menghadapi lawan-lawan tangguh sejak babak grup. Berada di Grup C, mereka tergabung dengan Serbia, Denmark, dan negara yang digadang-gadang akan keluar sebagai juara, Inggris.

Meski begitu, peluang Slovenia untuk mampu lolos dari babak grup dan meraih hasil maksimal di ajang ini tetap terbuka. Apalagi, mereka diperkuat empat pemain yang berkarier di liga top Eropa pada 2023/2024. Siapa saja pemain tersebut?

1. Jan Oblak masih menjadi kiper utama Atletico Madrid

4 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Slovenia di Euro 2024Jan Oblak (twitter.com/oblakjan)

Jan Oblak masih tak tergantikan di bawah mistar gawang Atletico Madrid pada 2023/2024. Sepanjang musim ini, dirinya tampil dalam 54 pertandingan dengan 16 di antaranya tanpa kebobolan. Di Euro 2024 nanti, pemain berusia 31 tahun itu nampaknya akan menjadi kapten sekaligus kiper utama Slovenia.

Jan Oblak menjadi salah satu pemain paling berpengalaman di skuad Slovenia yang akan bertarung di Euro 2024. Sejak debut pada 11 September 2012, dirinya telah mencatatkan 65 caps. Pengalaman menghadapi para penyerang top di LaLiga tentu saja diharapkan mampu membawa dampak positif ke dalam skuad Slovenia.

2. Jaka Bijol tampil kurang maksimal bersama Udinese karena cedera

4 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Slovenia di Euro 2024Jaka Bijol (instagram.com/jakabijol)

Sebagai salah satu pemain paling berpengalaman, kehadiran Jaka Bijol di lini pertahanan Slovenia tentu sangat dibutuhkan. Pasalnya, pemain berusia 25 itu telah menjadi andalan di lini belakang Slovenia selama beberapa tahun terakhir. Sejak debut pada 13 Oktober 2018, dirinya telah mencatatkan 49 caps dengan torehan 1 gol yang tercipta ke gawang Kroasia pada laga persahabatan, Sabtu (26/3/2022).

Sayangnya, Bijol sedang menjalani musim yang tak cukup baik bersama Udinese pada musim ini. Meski sejatinya menjadi andalan, dirinya sempat menepi selama beberapa pekan karena cedera. Di berbagai ajang bersama Udinese, ia mencatatkan 25 penampilan pada musim ini.

Baca Juga: 7 Klub LaLiga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024

3. Sandi Lovric absen membela Udinese dalam 7 laga terakhir Serie A karena cedera

4 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Slovenia di Euro 2024Sandi Lovric (udinese.it)

Sama seperti Bijol, Sandi Lovric merupakan pemain yang membela Udinese pada 2023/2024. Kiprahnya sepanjang musim ini pun tak jauh beda dengan rekan senegaranya tersebut. Meski menjadi pemain andalan di lini tengah, dirinya harus melewatkan beberapa laga karena diganggu cedera.

Meski absen membela Udinese dalam 7 laga terakhir Serie A, pemain berusia 26 tahun itu kini telah sembuh dan siap bertarung di Euro 2024. Pengalamannya berlaga di salah satu liga top Eropa tentu akan dibutuhkan di lini tengah Slovenia. Bersama Slovenia, pemain yang sempat membela Austria di beberapa kelompok umur itu telah mencatatkan 35 caps dengan torehan 4 gol.

4. Benjamin Sesko tampil ganas bersama RB Leipzig dengan mencetak 18 gol di berbagai ajang

4 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Slovenia di Euro 2024Benjamin Sesko (instagram.com/benjaminsesko)

Benjamin Sesko menjadi salah satu penyerang tengah yang patut dinantikan aksinya di Euro 2024. Pasalnya, ia tampil ganas bersama RB Leipzig dengan torehan 18 gol di berbagai ajang. Padahal, ia baru bergabung pada musim panas 2023 setelah ditebus dengan biaya sebesar 24 juta euro atau Rp424 miliar dari klub Austria, RB Salzburg.

Dengan performa gemilang di level klub, Slovenia tentu berharap banyak kepadanya di Euro 2024. Performa apiknya pada babak kualifikasi diharapkan berlanjut di Jerman nanti. Sejak debut bersama tim senior Slovenia pada 1 Juni 2021, dirinya telah mencatatkan 29 caps dengan torehan 11 gol.

Empat pemain tersebut berpeluang besar untuk menjadi andalan Slovenia di Euro nanti. Dengan kehadiran mereka, mampukah skuad asuhan Matjaz Kek lolos dari babak grup?

Baca Juga: 10 Top Skor Liga Eropa yang Berlaga di Euro 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya