6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024

Semuanya masih mampu tampil impresif musim lalu

Intinya Sih...

  • Klub-klub Asia merekrut pemain top Eropa
  • Enam pemain bergabung dengan Qatar Stars League
  • Pemain seperti Joselu dan Luis Alberto meninggalkan klub top Eropa

Klub-klub asal Asia mencuri perhatian dalam beberapa musim terakhir. Pasalnya, mereka mengambil langkah positif dengan merekrut pemain-pemain dari liga top Eropa. Qatar Stars League menjadi salah satu liga sepak bola di Asia yang mendatangkan sederet mantan pemain liga top Eropa pada beberapa musim terakhir.

Pada bursa transfer musim panas 2024 ini, terdapat enam pemain yang direkrut oleh klub Qatar Stars League dari liga top Eropa. Joselu salah satunya. Striker Spanyol di Euro 2024 itu memutuskan untuk menerima pingangan Al-Gharafa SC setelah menjalani musim yang gemilang bersama Real Madrid.

Termasuk Joselu, berikut enam pemain liga top Eropa yang hijrah ke Qatar Stars League pada musim panas 2024.

1. Aïssa Laïdouni Direkrut oleh Al-Wakrah dari Union Berlin

6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024Aïssa Laïdouni (instagram.com/laids_93)

Aïssa Laïdouni merupakan seorang gelandang tengah berpaspor Tunisia. Pada musim panas 2024 ini, ia memutuskan untuk meninggalkan klub yang ia bela sejak Januari 2023, Union Berlin. Dirinya sepakat bergabung dengan klub yang mengoleksi dua trofi Liga Qatar, Al-Wakrah SC. Di sana ia diikat kontrak berdurasi 4 musim.

Pemain berusia 27 tahun tersebut sejatinya masih mampu tampil impresif di Bundesliga Jerman 2023/2024. Ia menjadi pemain penting di lini tengah Union Berlin dan tampil dalam 23 laga dengan torehan 3 assist. Selain itu, dirinya juga memiliki kemampuan yang tidak dimiliki semua pemain, yaitu bermain di beberapa posisi berbeda.

Baca Juga: 5 Tim EPL Terboros pada Bursa Transfer Musim Panas 2024

2. Mohamed Camara diikat kontrak jangka panjang oleh Al-Sadd

6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024Mohamed Camara (instagram.com/camara_mohamed6)

Mohamed Camara menyudahi kebersamaannya dengan AS Monaco yang telah berlangsung selama 2 musim. Dirinya memutuskan hengkang dari Prancis dan menerima pinangan Al-Sadd. Oleh klub yang mengoleksi 17 trofi Liga Qatar tersebut, ia ditebus dengan dana sebesar 16,5 juta euro atau Rp283 miliar dan diikat kontrak jangka panjang hingga 2029 mendatang.

Pemain berpaspor Mali itu merupakan andalan AS Monaco selama 2 musim terakhir. Sejak direkrut dari RB Salzburg pada 2022, ia mencatatkan 57 penampilan dengan torehan 1 gol dan 5 assist. Satu-satunya gol tersebut tercipta ke gawang FC Nantes pada pekan terakhir Ligue 1 2023/2024.

3. David García meninggalkan klub masa kecilnya dan bergabung dengan Al-Rayyan

6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024David García (instagram.com/David.Garcia.Z)

David García memutuskan untuk meninggalkan klub yang telah ia bela sejak junior, Osasuna. Pemain yang mengoleksi tiga caps bersama tim nasional Spanyol itu memilih untuk mencari petualangan baru di Qatar. Klub yang mengoleksi delapan trofi liga, Al-Rayyan, menebusnya seharga 8,75 juta euro atau Rp150 miliar.

Sejak promosi ke tim utama Osasuna pada 2015, Garcia selalu menjadi pilihan utama di lini pertahanan sebagai bek tengah. Bersama klub berjuluk Los Rojillos tersebut, ia mencatatkan 305 penampilan dengan torehan 15 gol dan 3 assist. Salah satu momen terbaiknya di Osasuna ialah ketika berhasil membawa klub tersebut promosi ke LaLiga dengan menjuarai LaLiga2 pada 2018/2019.

4. Joselu direkrut Al-Gharafa usai membawa Real Madrid raih trofi bergengsi

6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024Joselu (instagram.com/algharafaclub)

Joselu mengahiri petualangannya di Eropa setelah sempat membela lebih dari sepuluh klub berbeda. ia akan menjalani babak baru dalam kariernya dengan menerima pinangan Al-Gharafa. Klub yang mengoleksi tujuh trofi liga tersebut menebusnya dari Real Madrid seharga 1,5 juta euro atau Rp25 miliar.

Menariknya, pemain berusia 34 tahun tersebut menjalani musim terakhir di Eropa dengan meraih trofi bergengsi. Dirinya berperan penting membawa Real Madrid juara Liga Champions Eropa dan LaLiga. Selain itu, pemain jebolan akademi Celta Vigo itu juga menjadi bagian dari timnas Spanyol saat menjuarai Euro 2024.

5. Luis Alberto bergabung dengan Al-Duhail

6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024Luis Alberto (instagram.com/10_luisalberto)

Luis Alberto merupakan pemain penting di skuad Lazio dalam 7 musim terakhir. Berposisi utama sebagai gelandang serang, ia juga selalu mampu mencetak lima gol atau lebih tiap musimnya. Sejak direkrut pada 2016, ia tampil dalam 307 laga dengan torehan 52 gol dan 79 assist.

Pemain berusia 31 tahun itu memutuskan untuk angkat kaki dari Stadio Olimpico meski kontraknya belum berakhir. Keputusan itu diambil lantaran ada masalah yang terjadi antara sang pemain dengan petinggi klub. Pemain yang mengoleksi satu caps bersama timnas Spanyol itu kemudian menerim tawaran Al-Duhail dan ditebus dari Lazio seharga 10,5 juta euro atau Rp180 miliar.

6. Benjamin Bourigeaud menerima tawaran Al-Duhail pada masa-masa akhir bursa transfer

6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024Benjamin Bourigeaud (staderennais.com)

Benjamin Bourigeaud resmi berpisah dengan Stade Rennais pada masa-masa akhir bursa transfer musim panas 2024. Ia menerima tawaran Al-Duhail setelah ditebus seharga 10 juta euro atau Rp171 miliar. Di sana ia diikat kontrak berdurasi 3 musim.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu sejatinya masih mampu tampil apik di Stade Rennais. Bahkan, pada 2023/2024, ia berhasil mengemas 15 gol di tiga ajang berbeda. Selama 7 musim bersama Stade Rennais, ia berhasil mengoleksi 66 gol dan 66 assist dari 311 laga.

Para pemain di atas memutuskan untuk angkat kaki dari Eropa meski masih mampu tampil impresif di kasta teratas. Maka dari itu, kehadiran mereka tentu membuat persaingan juara Qatar Stars League 2024/2025 makin menarik. Mampukah salah satu dari mereka membawa timnya meraih trofi pada akhir musim?

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Tim English Premier League Musim Panas 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya