5 Pemain LaLiga yang Gabung Klub Asia pada Musim Panas 2024

Ada yang bergabung dengan klub Malaysia

Intinya Sih...

  • Lima pemain LaLiga Spanyol bergabung dengan klub Asia pada bursa transfer musim panas 2024.
  • Joselu Mato gabung Al-Gharafa SC di Qatar, Nacho Fernández ke Al-Qadsiah di Arab Saudi, David García ke Al-Rayyan, dan Predrag Rajkovic ke Al-Ittihad.
  • Klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim merekrut Iker Undabarrena yang membawa Leganes finis sebagai juara kasta kedua Spanyol pada 2023/2024.

Liga-liga sepak bola di Asia makin diperhitungkan dalam beberapa musim terakhir. Sederet pemain top bahkan tak segan angkat kaki dari Eropa untuk melanjutkan karier di Benua Kuning. Tak hanya klub-klub Saudi Pro League yang memang cukup gencar merekrut pemain asal liga Eropa, liga-liga di negara Asia lain juga banyak merekrut pemain asal Eropa demi mampu meningkatkan daya saing. 

Pada bursa transfer musim panas 2024, terdapat lima pemain LaLiga Spanyol yang bergabung dengan klub Asia. Menariknya, salah satu dari mereka direkrut klub raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Berikut lima pemain LaLiga yang gabung klub Asia pada musim panas 2024.

1. Joselu melanjutkan karier di Qatar Stars League

5 Pemain LaLiga yang Gabung Klub Asia pada Musim Panas 2024Joselu (instagram.com/algharafaclub)

Joselu memilih untuk meninggalkan Real Madrid meski baru saja dipermanenkan dari Espanyol. Persaingan ketat di lini depan Los Blancos yang dipenuhi pemain bintang menjadi salah satu alasannya. Pemain berusia 34 tahun itu kemudian sepakat bergabung dengan Al-Gharafa SC yang berlaga di Qatar Stars League.

Pemain yang sempat membela Real Madrid Castilla pada 2009—2012 itu menjalani musim yang luar biasa bersama Los Blancos pada 2023/2024. Meski sempat diremehkan, ia tampil luar biasa dan membawa Real Madrid juara LaLiga dan Liga Champions Eropa. Ia merupakan sosok penting yang memgawa Los Blancos melaju ke final UCL dengan mencetak dua gol ke gawang Bayern Munich pada semifinal.

2. Nacho Fernández hengkang ke klub promosi Saudi Pro League

5 Pemain LaLiga yang Gabung Klub Asia pada Musim Panas 2024Nacho Fernández (x.com/nachofi1990)

Kebersamaan Nacho Fernández dengan Real Madrid selama lebih dari 20 tahun resmi berakhir pada musim panas 2024. Pemain berusia 34 tahun tersebut akan memulai petualangan baru setelah sepakat bergabung dengan klub promosi Saudi Pro League, Al-Qadsiah. Di klub tersebut, ia akan dilatih sesama mantan pemain Real Madrid, Míchel.

Pencapaian Nacho Fernández bersama tim utama Los Blancos tak bisa dibilang biasa saja. Selama 12 musim,  ia meraih 26 trofi, termasuk 6 trofi UCL. Berposisi sebagai bek tengah, dirinya juga berhasil mengemas 12 gol dan 7 assist dari 242 penampilan di LaLiga.

Baca Juga: 3 Mantan Pemain FC Andorra yang Sekarang Bermain di LaLiga

3. David García tinggalkan Osasuna dan bergabung dengan klub Qatar

5 Pemain LaLiga yang Gabung Klub Asia pada Musim Panas 2024David García (instagram.com/David.Garcia.Z)

David García memutuskan untuk meninggalkan klub yang ia bela sejak junior, Osasuna. Dirinya akan melanjutkan karier di Qatar usai ditebus oleh Al-Rayyan seharga 8,7 juta euro atau Rp151 miliar. Selain itu, klub yang mengoleksi tiga trofi liga tersebut mengikatnya kontrak berdurasi 3 musim hingga 2027 mendatang.

Garcia layak disebut sebagai salah satu legenda Osasuna. Ia berada di urutan keenam dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak bersama klub berjuluk Los Rojillos tersebut. Berposisi utama sebagai bek tengah, ia mencatatkan 305 penampilan dengan torehan 15 gol dan 3 assist.

4. Predrag Rajkovic direkrut Al-Ittihad

5 Pemain LaLiga yang Gabung Klub Asia pada Musim Panas 2024Predrag Rajkovic (kiri) (instagram.com/rajkovicpredrag)

Predrag Rajkovic menjadi satu-satunya penjaga gawang dalam daftar ini. Usai 2 musim bersama RCD Mallorca, ia diboyong raksasa Arab Saudi, Al-Ittihad, pada musim panas 2024 ini. Di klub yang menyabet gelar juara liga pada 2022/2023 tersebut, ia akan bekerja sama dengan Karim Benzema.

Kiper asal Serbia itu direkrut Mallorca pada musim panas 2022 dari klub Prancis, Stade Reims. Sejak datang ke Campo de fútbol de Son Moix, ia selalu menjadi andalan di bawah mistar gawang. Dari 72 penampilan di berbagai ajang, dirinya mencatatkan 21 clean sheet.

5. Iker Undabarrena direkrut Johor Darul Ta'zim

5 Pemain LaLiga yang Gabung Klub Asia pada Musim Panas 2024Iker Undabarrena (instagram.com/ikerundabarrena)

Klub raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim, membuat kejutan pada musim panas 2024. Mereka merekrut pemain penting yang membawa Leganes finis sebagai juara kasta kedua Spanyol pada 2023/2024, LaLiga 2, yang bernama Iker Undabarrena. Lebih spesial lagi, JDT mendapatkan tanda tangannya secara gratis.

Pemain berpaspor Spanyol itu memang tak pernah tampil di kasta teratas Spanyol. Meski begitu, dirinya mencatatkan 170 di LaLiga 2. Selain itu, ia juga tampil dalam 1 laga di Liga Europa dan  7 laga di Copa del Rey.

Kehadiran para pemain tersebut berpotensi mengangkat pamor klub barunya. Meski begitu, performa di atas lapangan tentu menjadi yang utama. Pengalaman mereka bersaing di liga Eropa diharapkan mampu membawa dampak positif di klub barunya.

Baca Juga: 4 Pemain Pinjaman Espanyol untuk Mengarungi LaLiga 2024/2025

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya