4 Pemain Keturunan Indonesia yang Tak Dibawa Belanda ke Euro 2024

Mees Hilgers jadi andalan di klubnya #EURO2024

Tim nasional Belanda memulai kiprah mereka di Euro 2024 dengan hasil positif. Menghadapi Polandia di Volksparkstadion, Virgil van Dijk dan kolega berhasil menang dengan skor 2-1. Dua gol De Oranje pada laga itu dicetak oleh Cody Gakpo dan Wout Weghorst.

Demi mampu meraih hasil maksimal di kompetisi terbesar antarnegara Eropa tersebut, Ronald Koeman selaku juru taktik membawa sederet pemain bintang. Persaingan sengit untuk menembus skuad De Oranje yang bertarung di Euro 2024 bahkan membuat empat pemain keturunan Indonesia harus menunda mimpinya untuk tampil di Euro 2024. 

Berikut empat pemain keturunan Indonesia yang tak dibawa timnas Belanda ke Euro 2024.

1. Mees Hilgers merupakan pemain andalan Twente FC

4 Pemain Keturunan Indonesia yang Tak Dibawa Belanda ke Euro 2024Mees Hilgers (instagram.com/meeshilgerss)

Mees Hilgers merupakan pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Eredivisie Belanda bersama Twente FC pada 2023/2024. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu memiliki darah Indonesia dari Ibunya. Ibu pemain berusia 23 tahun itu diketahui berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Hilgers menunjukkan performa yang cukup meyakinkan di kasta teratas sepak bola Belanda pada 2023/2024. Dirinya menjadi pemain andalan Twente FC dan tampil dalam 33 laga di berbagai ajang. Sayangnya, pemain yang sempat membela Belanda U21 itu belum mendapat kesempatan untuk membela tim senior. Hal itu tak terlepas dari ketatnya persaingan bek tengah De Oranje yang kini diisi oleh sederet pemain top, seperti Matthijs de Ligt, Micky van de Ven, dan sang kapten, Van Dijk. 

2. Jairo Riedewald mendapat menit bermain yang minim bersama Crystal Palace

4 Pemain Keturunan Indonesia yang Tak Dibawa Belanda ke Euro 2024Jairo Riedewald (cpfc.co.uk)

Jairo Riedewald menjalani musim yang kurang memuaskan bersama Crystal Palace pada 2023/2024. Sepanjang musim, dirinya hanya tampil dalam 12 laga di berbagai ajang. Dengan performa yang kurang apik itu, cukup sulit baginya untuk menembus skuad De Oranje.

Pemain yang biasa bermain sebagai gelandang bertahan itu diketahui memiliki darah Indonesia. Ibunya merupakan keturunan Belanda-Indonesia karena neneknya merupakan orang Ambon. Sedangkan ayahnya merupakan warga negara Suriname yang juga memiliki kedekatan sejarah dengan Indonesia. 

Baca Juga: 5 Pemain Belakang dengan Nilai Pasar Tertinggi di Euro 2024

3. Kevin Diks tak dilirik Ronald Koeman meski membawa FC Copenhagen lolos ke 16 besar UCL

4 Pemain Keturunan Indonesia yang Tak Dibawa Belanda ke Euro 2024Kevin Diks (fck.dk)

Kevin Diks tampil memukau bersama FC Copenhagen. Sepanjang musim ini, dirinya tampil dalam 51 laga dengan torehan 4 gol dan 2 assist di berbagai ajang dan berhasil membawa klubnya melaju ke babak 16 besar Liga Champions Eropa. Sayangnya, performa apik yang ditunjukkan oleh bek tengah berusia 27 tahun itu belum mampu menarik perhatian Koeman.

Pemain yang memiliki nama lengkap Kevin Diks Bakarbessy itu memiliki garis keturunan Indonesia. Ibunya diketahui berasal dari Maluku. Nama belakangnya, Bakarbessy, merupakan salah satu nama marga di Ambon.

4. Ole Romeny menjalani musim debutnya bersama FC Utrecht dengan mencetak satu gol

4 Pemain Keturunan Indonesia yang Tak Dibawa Belanda ke Euro 2024Ole Romeny (instagram.com/oleromeny)

Ole Romeny merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk FC Utrecht di Eredivisie Belanda. Pemain kelahiran 20 Juni 2000 itu diketahui memiliki darah Indonesia dari garis keturunan ibunya. Neneknya berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Pemain yang memiliki nama lengkap Ole ter Haar Romeny itu baru bergabung dengan FC Utrecht pada musim panas 2023. Pada musim pertamanya, pemain yang biasa bermain sebagai penyerang tengah itu berhasil mengemas 1 gol dari 18 penampilan. Dengan statistik tersebut, dirinya belum mampu mencuri perhatian Koeman.

Berbeda dengan para pemain di atas, dua pemain keturunan Indonesia berhasil menembus skuad De Oranje dan turut berlaga di Euro 2024. Mereka adalah Ian Maatsen, pemain keturunan Jawa yang membawa Borussia Dortmund ke final UCL, dan Tijjani Reijnders, gelandang AC Milan yang tampil memukau pada laga pembuka Belanda di Euro 2024.

Baca Juga: 3 Pemain Everton yang Berpartisi di Euro 2024, Ada Pickford!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya