5 Pemain Jerman yang Tak Dimainkan pada Fase Grup Euro 2024

Salah satunya Marc-André ter Stegen #EURO2024

Intinya Sih...

  • Jerman lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai tuan rumah dengan 7 poin dari 2 kemenangan dan 1 seri
  • Robin Koch, Benjamin Henrichs, dan Waldemar Anton belum mendapat kesempatan bermain di Euro 2024 karena persaingan ketat
  • Marc-André ter Stegen hanya menjadi penghuni bangku cadangan Jerman di Euro 2024, meski telah lama menjadi kiper nomor satu di Barcelona

Tim Nasional Jerman tampil meyakinkan pada fase grup Euro 2024. Berstatus sebagai tuan rumah, Der Panzer menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar. Dari tiga laga yang telah dijalani, anak asuh Julian Nagelsmann berhasil meraih 7 poin dari hasil 2 kemenangan dan 1 seri.

Di ajang ini, Jerman tampaknya memiliki ambisi besar untuk menjadi juara. Untuk memenuhi target tersebut, Nagelsmann membawa sederet pemain bintang ke dalam skuadnya, termasuk Toni Kroos yang sejatinya telah pensiun dari timnas. Ketatnya persaingan di tiap lini bahkan membuat lima pemain berikut tak mendapat menit bermain sedetik pun pada fase grup Euro 2024.

1. Robin Koch kalah bersaing sebagai bek tengah

5 Pemain Jerman yang Tak Dimainkan pada Fase Grup Euro 2024Robin Koch (twitter.com/RobinKoch25)

Robin Koch hanya duduk di bangku cadangan dan menyaksikan rekan-rekan senegaranya bertanding pada fase grup Euro 2024. Dari tiga laga yang sudah dijalani Der Panzer, pemain berusia 27 tahun itu tak mendapat menit bermain sedetik pun. Hal itu lantaran ia kalah bersaing dengan dua bek tengah yang memang menampilkan performa yang konsisten sejauh ini, yaitu Antonio Rüdiger dan Jonathan Tah.

Keputusan Julian Nagelsmann membawa Koch ke Euro 2024 tak terlepas dari performa apiknya di klub. Meski sempat diganggu cedera, dirinya tampil kokoh di barisan pertahanan Eintracht Frankfurt. Berkat kontribusinya, klub berjuluk Die Adler itu finis di posisi keenam Bundesliga Jerman 2023/2024.

2. Performa konsisten Kimmich membuat Benjamin Henrichs belum mendapat menit bermain

5 Pemain Jerman yang Tak Dimainkan pada Fase Grup Euro 2024Benjamin Henrichs (instagram.com/bennyhenrichs)

Benjamin Henrichs belum diberi kesempatan untuk mencatatkan menit pertamanya di Euro. Berposisi utama sebagai bek kanan, dirinya kalah bersaing dengan Joshua Kimmich. Pemain Bayern Munich itu selalu tampil penuh di sisi kanan pertahanan dalam tiga laga fase grup Euro 2024. 

Sejak debut bersama Der Panzer pada 11 November 2016, Henrichs memang tak mendapat banyak kesempatan bermain. Dirinya bahkan beberapa kali absen di turnamen mayor karena persaingan yang cukup sengit. Meski begitu, kebehasilan Jerman lolos ke babak 16 besar membuat peluangnya untuk tampil di Euro 2024 tetap terbuka.

Baca Juga: 3 Pemain Norwich City Masuk Timnas Skotlandia di Euro 2024

3. Peluang Waldemar Anton untuk mendapat menit bermain cukup kecil

5 Pemain Jerman yang Tak Dimainkan pada Fase Grup Euro 2024Waldemar Anton (instagram.com/wowaanton31)

Nasib Waldemar Anton di Euro 2024 tak jauh berbeda dengan Robin Koch. Sama-sama berposisi sebagai bek tengah, dirinya belum mendapat kesempatan bermain sedetik pun. Pemain kelahiran Almalyk, Uzbekistan, itu hanya duduk di bangku cadangan dalam tiga laga yang dijalani Jerman pada fase grup Euro 2024.

Kiprah Anton di timnas jauh berbeda jika dibandingkan dengan ketika ia bermain di klubnya. Bersama VfB Stuttgart, dirinya tampil apik di lini pertahanan dan membawa klubnya finis di posisi kedua Bundesliga 2023/2024, mengungguli Bayern Munich di posisi ketiga. Jiwa kepemimpinan yang dimiliki juga membuat permain berusia 27 tahun itu menjadi kapten di klubnya.

4. Marc-André ter Stegen belum mampu menggeser posisi Manuel Neuer

5 Pemain Jerman yang Tak Dimainkan pada Fase Grup Euro 2024Marc-André ter Stegen (twitter.com/mterstegen1)

Marc-André ter Stegen telah cukup lama menjadi kiper nomor satu di Barcelona. Sederet trofi bergengsi juga telah ia persembahkan untuk Blaugrana. Sayangnya, penampilan apiknya di klub belum mampu menggeser posisi Manuel Neuer sebagai kiper nomor satu timnas Jerman

Ter Stegen lagi-lagi hanya menjadi penghuni bangku cadangan Jerman di turnamen mayor. Dirinya hanya menjadi penonton saat rekan-rekannya menghadapi tiga lawan berbeda pada fase grup Euro 2024. Padahal, kiper berusia 32 tahun itu sempat menjadi andalan Der Panzer saat Neuer cedera dalam beberapa laga persahabatan pada 2023—2024.

5. Oliver Baumann tak kunjung mencatatkan debut bersama Der Panzer

5 Pemain Jerman yang Tak Dimainkan pada Fase Grup Euro 2024Oliver Baumann (instagram.com/olibaumann90)

Kesempatan Oliver Baumann untuk mencatatkan debut bersama Timnas Jerman tak kunjung datang. Padahal, ia telah mampu menembus tim utama sejak 2020. Hal itu tak terlepas dari banyaknya kiper hebat yang dimiliki Der Panzer.

Di Euro 2024, peluangnya untuk mendapat menit bermain terbilang kecil. Selain harus bersaing dengan Neuer yang selalu tampil dalam tiga laga pada fase grup, ia juga harus bersaing dengan Ter Stegen. Apalagi, Nagelsmann tentu akan memainkan para pemain terbaiknya pada fase gugur. 

Keberhasilan Der Panzer lolos ke babak 16 besar membuat peluang lima pemain tersebut untuk tampil di Euro 2024 terbuka. Meski begitu, mereka harus bekerja lebih keras demi mampu mendapat kepercayaan dari Nagelsmann.

Baca Juga: 6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya