3 Pemain Inggris yang Juara di Klub Bundesliga dalam Sedekade Terakhir

Harry Kane berpeluang menyusul

Hengkang dari Tottenham hotspur dan bergabung dengan Bayern Munich tampaknya pilihan yang tepat bagi Harry Kane. Ia langsung tampil gemilang bersama klub raksasa Jerman tersebut. Dari 7 pertandingan yang telah dijalani, ia mampu mencetak 8 gol dan 4 assist di berbagai ajang.

Sebelum resmi bergabung dengan Die Roten, kapten Timnas Inggris itu sempat dikabarkan punya kaitan dengan beberapa klub top Eropa. Selain Manchester United dan Paris Saint-Germain, Real Madrid juga ingin memboyongnya untuk menggantikan Karim Benzema yang hengkang ke Arab Saudi. Oleh Bayern Munich, ia sendiri diboyong dengan biaya sebesar 100 juta euro atau 1,6 triliun rupiah.

Keputusan Kane hengkang dari Tottenham Hotspur tentunya untuk meraih trofi. Bagaimana tidak, sejak memulai karier profesional pada 2011, pemain berusia 30 tahun itu tak mampu meraih satu pun trofi. Di sisi lain, ia tercatat andal mencetak gol sehingga menjadi top skor English Premier League (EPL) dalam 3 musim berbeda.

Dalam kurun waktu sedekade terakhir, tercatat ada tiga pemain asal Inggris yang pernah meraih trofi bersama klub Bundesliga Jerman. Dengan bermain untuk Die Roten, peluang Kane untuk menjadi pemain Inggris selanjutnya yang meraih trofi bersama klub Bundesliga terbuka lebar. Siapa saja tiga pemain Inggris yang telah meraih trofi bersama klub Jerman sedekade terakhir?

1. Jadon Sancho meraih 2 trofi selama 4 musim membela Borussia Dortmund

3 Pemain Inggris yang Juara di Klub Bundesliga dalam Sedekade TerakhirJadon Sancho (bundesliga.com)

Sebelum membela Manchester United, Jadon Sancho merupakan pemain Borussia Dortmund. Kebersamaannya dengan Die Borussen bermula ketika direkrut dari Manchester City U-18 pada musim panas 2017. Saat itu, ia yang masih berusia 17 tahun diboyong dengan harga sebesar 20,5 juta euro atau 337 miliar rupiah.

Penampilan pemain kelahiran London bersama Borussia Dortmund itu berkembang pesat. Sempat kurang mendapat kesempatan bermain pada musim pertama, ia kemudian menjelma menjadi salah satu pemain penting di lini serang Die Borussen. Selama 4 musim berkarier di Jerman bersama tim utama Dortmund, ia mencatatkan 137 penampilan dan mencetak 50 gol dan 64 assist di berbagai ajang. Ia berhasil memenangi trofi DFB Pokal dan DFL Supercup.

2. Omar Richards menjuarai Bundesliga 2021/2022 bersama Bayern Munich

3 Pemain Inggris yang Juara di Klub Bundesliga dalam Sedekade TerakhirOmar Richards (fcbayern.com)

Omar Richards merupakan seorang bek kiri yang pernah berkarier di Jerman selama semusim. Pada musim panas 2021, ia bergabung dengan Bayern Munich secara gratis. Die Roten saat itu memboyongnya dari klub yang saat ini berlaga di kasta ketiga Inggris, Reading FC.

Kiprah Richards bersama Bayern Munich tak terlalu mentereng. Selama semusim, ia hanya turun dalam 17 pertandingan. Berposisi utama sebagai bek kiri, ia juga mengoleksi 1 assist. Meski begitu, ia turut memenangi dua trofi. Selain trofi Bundesliga 2021/2022, trofi DFL Supercup juga berhasil ia dapatkan bersama Die Roten.

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Dibela Harry Kane, Tidak Hanya Tottenham Hotspur!

3. Jude Bellingham menangi DFB Pokal pada 2020/2021 dan hampir menjuarai Bundesliga

3 Pemain Inggris yang Juara di Klub Bundesliga dalam Sedekade TerakhirJude Bellingham (instagram.com/judebellingham)

Selain jadon Sancho, Jude Bellingham juga mampu berkembang dengan baik selama bermain untuk Borussia Dortmund. Tak butuh waktu yang lama baginya untuk menjadi pemain penting di skuad Die Borussen. Biaya sebesar 30,1 juta euro atau 493 miliar rupiah yang dikeluarkan untuk mendatangkannya dari Birmingham pada musim panas 2020 pun tak sia-sia.

Selama 3 musim berkarier di Jerman, Bellingham mencatatkan 132 pertandingan dan mencetak 24 gol dan 25 assist di berbagai ajang. Performa apiknya turut mengantarkan Die Borussen memenangi trofi DFB Pokal pada 2020/2021. Selain itu, tepat sebelum hengkang ke Real Madrid, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Bundesliga 2022/2023 setelah hampir membawa Borussia Dortmund menjadi juara.

4. Harry Kane berpeluang menyusul ketiga pemain

3 Pemain Inggris yang Juara di Klub Bundesliga dalam Sedekade TerakhirHarry Kane (bundesliga.com)

Harry Kane sejatinya memiliki peluang besar untuk memenangi trofi pertamanya pada pertandingan pertama bersama Bayern Munich. Itu terjadi ketika ia masuk menggantikan Mathys Tel pada menit ke-64 di final DFL Supercup yang dilaksanakan pada 12 Agustus 2023. Hasil akhir 0-3 untuk RB Leipzig membuat Kane harus menunda mimpinya.

Meski begitu, Kane tak perlu berkecil hati. Sebagai salah satu klub raksasa jerman dan Eropa, Bayern Munich tak pernah absen untuk memenangi trofi setidaknya dalam kurun waktu sedekade terakhir. Salah satu yang paling membanggakan ialah ketika mereka menjuarai Liga Champions Eropa 2019/2020.

Raihan trofi Bayern Munich tampaknya menjadi motivasi tersendiri untuk Harry Kane. Sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia, sudah selayaknya ia merasakan trofi juara bersama klub. Patut dinantikan berapa trofi yang mampu ia raih di musim pertamanya bersama Bayern Munich.

Baca Juga: Tottenham Hotspur dan Harry Kane Sudah Saling Move On

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya