4 Pemain yang Dilepas Gratis Athletic Bilbao pada Musim Panas 2024

Termasuk sang kapten

Capaian Athletic Bilbao di LaLiga Spanyol terus mengalami peningkatan selama 5 musim terakhir. Sempat terseok-seok dan finis di posisi ke-11 pada 2019/2020, mereka mampu bangkit dan menembus posisi 10 besar pada 3 musim berikutnya. Puncaknya, klub berjuluk Los Leones tersebut mengakhiri LaLiga 2023/2024 dengan berada di posisi kelima klasemen.

Dengan progres yang cukup signifikan tersebut, target untuk finis di posisi tiga besar pada 2024/2025 tentu masuk akal. Apalagi, klub dengan koleksi delapan trofi liga tersebut telah melakukan evaluasi pada musim panas 2024 untuk tampil lebih maksimal.

Ernesto Valverde yang akan menjalani musim ketiga sebagai juru taktik Los Leones melakukan pembenahan di beberapa lini. Alhasil, ada 12 pemain yang angkat kaki dari San Mames pada musim panas 2024. Empat pemain di antaranya dilepas secara gratis oleh Athletic Bilbao. Siapa saja pemain tersebut?

1. Dani García hengkang setelah menjadi pemain penting di Athletic Bilbao selama 6 musim

4 Pemain yang Dilepas Gratis Athletic Bilbao pada Musim Panas 2024Dani García (instagram.com/dani14garcia)

Dani García untuk pertama kalinya akan berkarier di luar Spanyol. Pemain berusia 34 tahun tersebut sepakat bergabung dengan klub Yunani, Olympiacos Piraeus. Oleh klub yang mengoleksi 47 trofi liga tersebut, ia diikat kontrak berdurasi 1 musim.

Garcia menjadi pemain andalan Athletic Bilbao sejak pertama kali bergabung pada 2018. Dari total 195 penampilan, ia mengemas 1 gol dan 7 assist. Pemain jebolan akademi Real Sociedad itu juga berhasil mempersembahkan dua trofi untuk Los Leones.

2. Iker Muniain berpisah dengan Athletic Bilbao setelah 15 tahun bersama

4 Pemain yang Dilepas Gratis Athletic Bilbao pada Musim Panas 2024Iker Muniain (instagram.com/ikermuniain10)

Iker Muniain sangat layak disebut sebagai legenda Athletic Bilbao. Dengan 560 laga dengan torehan 76 gol dan 70 assist sejak promosi ke tim senior pada 2009, dirinya kini berstatus sebagai pemain dengan penampilan terbanyak untuk Los Leones. Selain itu, dirinya juga berhasil memenangi 1 trofi Copa del Rey dan 2 trofi Piala Super Spanyol.

Pemain yang kini berusia 31 tahun itu memutuskan untuk berpisah dengan Los Leones pada musim panas 2024. Menit bermain yang semakin berkurang menjadi salah satu alasan terkuatnya. Selanjutnya, ia akan melanjutkan kariernya di  Argentina dengan bermain untuk San Lorenzo. Sang pemain dan pihak klub sepakat menandatangani kontrak berdurasi hingga Desember 2025.

Baca Juga: 3 Pemain Athletic Bilbao di Skuad Spanyol untuk Euro 2024

3. Jon Morcillo melanjutkan kariernya di kasta kedua Spanyol

4 Pemain yang Dilepas Gratis Athletic Bilbao pada Musim Panas 2024Jon Morcillo (instagram.com/morciiiii)

Jon Morcillo dipromosikan ke tim senior Athletic Bilbao pada 2020 setelah 2 tahun mengasah kemampuan di akademi. Setelah sempat menjadi pemain inti pada musim pertama di tim utama, ia gagal mempertahankan performanya dan lebih sering dipinjamkan kepada klub lain. Bersama Los Leones, ia total tampil dalam 53 laga dengan torehan 2 gol dan 3 assist.

Pemain yang berposisi sebagai winger itu akan melanjutkan kariernya di LaLiga2 pada 2024/2025. Dirinya sepakat bergabung dengan Albacete dengan kesepakatan kontrak berdurasi 2 musim. Pengalaman yang dimiliki oleh Morcillo diharapkan mampu membawa Albacete meraih tiket promosi ke kasta teratas.

4. Juan Artola hengkang setelah kesulitan mendapat menit bermain

4 Pemain yang Dilepas Gratis Athletic Bilbao pada Musim Panas 2024Juan Artola (athletic-club.eus)

Yang terakhir, ada pemain jebolan akademi Athletic Bilbao yang kini masih berusia 24 tahun. Juan Artola, seorang penyerang sayap berpaspor Spanyol, memutuskan untuk hengkang dari klub masa kecilnya dan sepakat bergabung dengan klub kasta ketiga. Klub asal kota Leon, CyD Leonesa, merekrutnya untuk membuat lini serang semakin tajam.

Keputusan Artola untuk meninggalkan Los Leones tak terlepas dari ketatnya persaingan di sektor penyerang. Sejak menembus tim senior pada 2022, ia bahkan hanya tampil dalam satu laga. Momen itu terjadi saat Athletic Bilbao bertemu Mancha Real di Copa del Rey 2021/2022.

Performa yang semakin menurun menjadi salah satu alasan Athletic Bilbao rela melepas para pemain di atas secara gratis. Dengan bermain untuk klub lain, mereka diharapkan mampu menunjukkan performa terbaiknya. Pertanyaannya, mampukah mereka beradaptasi dan tampil apik bersama klub barunya?

Baca Juga: 3 Pemain Termuda Athletic Bilbao yang Mencetak 25 Gol di LaLiga

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya