4 Pemain Borussia Dortmund 2024 yang Telah Capai 50 Penampilan UCL

Termasuk Emre Can

Borussia Dortmund mampu menunjukkan penampilan gemilang di Liga Champions Eropa 2023/2024. Di bawah asuhan Edin Terzic, mereka berhasil melaju hingga ke babak final. Pada partai puncak nanti, mereka akan menghadapi raksasa Spanyol, Real Madrid.

Kemenangan 1-0 atas Paris Saint-Germain pada leg kedua babak semifinal tak hanya membuat Die Borussen lolos ke babak final. Laga yang dihelat di markas PSG, Parc des Princes, itu juga menjadi penampilan yang ke-50 bagi Emre Can di UCL sepanjang kariernya. Dalam pertandingan tersebut, Can tampil sebagai kapten tim dan bermain selama 90 menit.

Dengan capaian itu, kini ada empat pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang telah mencapai 50 penampilan di UCL. Kontribusi mereka tentunya sangat dibutuhkan pada partai final nanti demi mampu membawa pulang trofi UCL atau yang biasa disebut Si Kuping Besar dari Wembley ke Signal Iduna Park.

Berikut empat pemain Borussia Dortmund 2024 yang telah mencapai 50 penampilan di UCL.

1. Mats Hummels telah tampil dalam 89 laga di UCL

4 Pemain Borussia Dortmund 2024 yang Telah Capai 50 Penampilan UCLMats Hummels (twitter.com/MatsHummels)

Mats Hummels menjadi salah satu pemain paling berpengalaman di skuad Dortmund 2023/2024. Sepanjang kariernya, ia telah tampil dalam 89 laga di UCL dengan torehan 5 gol dan 4 assist. Debutnya di UCL terjadi saat Dortmund bermain imbang 1-1 dengan Arsenal pada babak grup musim 2011/2012.

Meski telah berusia 35 tahun, Hummels masih mampu membuktikan kualitasnya. Dia menjadi salah satu aktor penting di balik keberhasilan Dortmund menembus babak final UCL 2023/2024. Juara Piala Dunia 2014 itu mencetak gol kemenangan Dortmund atas PSG pada leg kedua babak semifinal.

2. Julian Brandt telah mencatatkan 59 penampilan

4 Pemain Borussia Dortmund 2024 yang Telah Capai 50 Penampilan UCLJulian Brandt (bvb.de)

Julian Brandt tampil begitu baik untuk Dortmund di UCL musim ini. Berposisi utama sebagai gelandang serang, dirinya telah tampil dalam 11 laga dengan torehan 2 gol dan 3 assist. Gol Hummels pada leg kedua babak semifinal tercipta berkat salah satu assist-nya.

Sepanjang kariernya, pemain yang direkrut Dortmund dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2019 itu telah tampil dalam 59 laga di UCL. Lolos ke babak final UCL musim ini adalah capaian terbaiknya sejak berseragam Dortmund. Sedangkan, ketika masih membela Bayer Leverkusen, capaian terbaiknya adalah melaju hingga ke babak 16 besar. 

Baca Juga: Perjalanan Terakhir Marco Reus Bersama Borussia Dortmund  

3. Marco Reus telah mencetak 24 gol dari 71 penampilan di UCL

4 Pemain Borussia Dortmund 2024 yang Telah Capai 50 Penampilan UCLMarco Reus (uefa.com)

Memenangi trofi UCL musim ini akan menjadi akhir yang manis bagi kebersamaan Marco Reus dengan Dortmund. Itu lantaran ia dipastikan akan meninggalkan Signal Iduna Park pada musim panas 2024. Hal ini sekaligus menandai berakhirnya kerja sama antara keduanya yang telah berlangsung sejak 2012.

Pemain berusia 34 tahun itu telah mencatatkan 71 penampilan dengan torehan 24 gol dan 20 assist. Dirinya berperan penting membawa Dortmund ke babak final UCL 2012/2013. Ia tampil tajam di ajang itu dengan mengemas 4 gol dan 4 assist.

4. Emre Can bermain sebagai kapten tim pada laga ke-50 di UCL

4 Pemain Borussia Dortmund 2024 yang Telah Capai 50 Penampilan UCLEmre Can (instagram.com/emrecan23)

Laga ke-50 Emre Can di UCL terasa begitu spesial. Selain karena tampil sebagai kapten tim dan bermain selama 90 menit, dirinya juga berhasil membawa Dortmund ke babak final. Dengan performa konsistennya sejauh ini, Die Borussen tampaknya tetap akan mengandalkannya sebagai gelandang bertahan pada laga final nanti.

Kebersamaan Can dengan Dortmund bermula ketika ia dipinjam dari Juventus pada tengah musim 2019/2020. Performa apiknya membuat Die Borussen memutuskan untuk mempermanenkannya pada akhir musim. Oleh Dortmund, dirinya masih terikat kontrak hingga 2026 mendatang.

Emre Can menjadi satu-satunya pemain yang pernah mememenangi trofi UCL dalam daftar ini. Trofi itu ia raih saat masih menjadi bagian dari Bayern Muenchen pada 2012/2013.

Baca Juga: Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen Lambungkan Nama Jerman di Eropa

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya